Sisi Lain Makna Sholat Tarawih

Memasuki bulan Ramadhan kali ini kembali kita menjalankan ibadah puasa. Sepanjang bulan puasa kita diminta untuk menghidupkan malam Ramadhan dengan berbagai macam ibadah untuk bisa lebih dekat dengan Allah SWT. Salah satu ibadah yang kita jalani adalah melaksanakan sholat tarawih di malam harinya.

Sholat tarawih jika kita perhatikan dengan seksama memiliki makna lain, yakni sebagai sarana olahraga yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan. Bisa dilihat dari gerakan-gerakan sholat yang dilakukan tertib secara berjamaah, ini bisa dijadikan stimulasi buat fisik untuk kembali fit setelah sehari penuh menjalankan puasa tidak minum dan makan.

Kenapa EYD anggap sebagai sarana olahraga? Coba lihat durasi pelaksanaan sholat tarawih yang terdiri dari 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir ini tentu mempunyai manfaat tersendiri untuk melatih kelenturan tubuh. Perhatikan gerakan-gerakan yang kita lakukan saat sholat tarawih sepanjang 23 rakaat itu, tubuh dilatih seperti melakukan olahraga, saat rukuk, sujud, duduk diantara dua sujud dan keringatpun dapat keluar dari aktivitas gerakan-gerakan sholat itu. Artinya apa, ya dengan tubuh kita dibuat bergerak dan berkeringat sudah pasti tubuh menjadi enteng. Ini EYD rasakan selama menjalankan sholat tarawih di bulan puasa ini.

Ada beberapa tips agar kita bisa melaksanakan sholat tarawih dengan nyaman tanpa diganggu dengan godaan kantuk. Pertama biasakan berbuka secukupnya hanya dengan menu-menu makanan ringan seperti kolak, gorengan, dll. Usahakan jangan langsung menyantap nasi dan menu utama. Minum juga secukupnya jangan sampai kembung karena asyik menyantap minuman es. Lalu sebelum sholat tarawih biasakan menyikat gigi terlebih dahulu. Ketiga kebiasaan ini sering EYD lakukan dan alhamdulillah saat menjalankan sholat tarawih jarang mengantuk.

Silahkan dikomentari bro, semoga berguna.

This entry was posted in Artikel Religi, Mengaji and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *