Angka Keramat Kecepatan Sepeda Motor


Pembaca sekalian, kalau membahas tentang penggila top speed atau speedfreak memang gak ada habisnya, akan selalu seru. Mungkin bagi yang penggemar top speed sering menyentuh atau mendengar istilah angka keramat. Apa sih maksud angka keramat di motor itu? Tak lain tak bukan adalah angka speed yang dilaju oleh motor dimana pada saat menyentuh angka tersebut bakal ada 2 kemungkinan terjadi :D

OK langsung aja ke topik, saya coba segmenkan semua sepeda motor ke 2 segment tanpa membedakan segment-segment yang lain.

Pertama adalah untuk segment bebek, sudah rahasia umum untuk kelas bebek entah itu 110cc maupun 125cc jika bisa meraih top speed 120kph itu adalah suatu kebanggaan tersendiri :D Namun harus disadari dibalik kebanggan itu, disaat memacu motor dengan kecepatan puncak tersebut, bakal ada 2 kemungkinan yang dapat terjadi. Jika kondisi emosi saat itu sedang terkendali ya masih ada potensi selamet, tapi sebaliknya jika kondisi emosi lagi seruntulan bin lengah bawa motornya, wallahualam alamat celaka si pengendara tersebut. Kenapa EYD berpendapat demikian? Kita sama-sama tau batas kestabilan motor-motor bebek rata-rata, banyak motor bebek yang kurang stabil saat dipacu di atas kecepatan 100kph. Nah jika bisa atau sampai menyentuh angka 120kph, diyakini itu adalah sudah diluar kestabilan dari motor, sehingga jika dipaksakan dan tidak konsentrasi bisa menimbulkan kecelakaan yang fatal.

Lalu bagaimana dengan motor batangan? Berapa kecepatan puncak yang dianggap angka keramat? Untuk segmen analisa kali ini adalah untuk kelas 150cc atau 200cc tidak termasuk motor sport berfairing yang pasti memiliki kestabilan lebih tinggi dalam kecepatan tinggi. Di motor batangan dengan kestabilan yang lebih dari motor bebek, kecepatan motor dianggap sudah angka keramat saat dipacu pada kecepatan 140kph. Hampir sama kondisinya, kebanyakan motor batangan non fairing mulai kurang stabil saat dipacu 120kph ke atas. Maka saat dipaksakan melaju hingga 140kph itu sebenarnya sudah diluar kemampuan motor dalam hal kestabilan mengemudi.

Last gimana dong bagi yang memang speedfreak kalau ada istilah angka keramat didalam kecepatan motor. Ya hampir samalah kalau kita sedang lewat ditempat yang keramat, kita kudu berjalan sopan, tidak berisik dan tidak merusak tempat yang kita lewati :)

Silahkan dikomentari..

This entry was posted in Dunia Motor, Safety Riding and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Angka Keramat Kecepatan Sepeda Motor

  1. Yammy says:

    mantaaappp.. alon2 ae mas bro..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *