Perbedaan Rasa Nyemplak NJMX dengan Jupiter MX lawas

Artikel ini saya tulis untuk sharing pengalaman mengendarai sepeda motor Jupiter MX series. Mungkin berguna buat yang tertarik atau sedang pengen membeli New Jupiter MX. Sebelumnya EYD sudah pernah menggunakan Jupiter MX CW dari 2006  hingga 2010 kurang lebih 4 tahun setengah dan kini di 2011 EYD menggunakan  seri update dari New Jupiter MX.

Ok langsung aja ke topik, ada perbedaan rasa yang EYD rasakan dari kedua seri Jupiter MX lama dan yang baru. Overall bagi EYD memang All New Jupiter MX menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada Jupiter MX lawas baik dari segi ‘rasa’ maupun ‘fitur’, kali ini yang ingin EYD bahas adalah masalah ‘rasa’ saja.

Pertama dari sisi perpindahan gigi (untuk yang tipe kopling manual), Jupiter MX CW lama kalau pagi atau masih dingin jika masuk gigi pertama ada bunyi pletak dan gigi masuk agak kasar. Solusinya adalah kalau pagi, untuk masuk ke gigi 1, tahan lama dulu handle kopling untuk beberapa detik lalu masukkan gigi 1 maka suara pletak gak akan terasa. Nah di New Jupiter MX yang baru, masalah ini gak pernah EYD rasakan lagi, masuk gigi 1 di pagi hari langsung masuk secara normal dan halus gak ada bunyi bletak lagi. Dugaan saya penyebabnya mungkin ada di sistem peredaran oli di bak transmisi/kopling MX lawas.

Kedua untuk nafas setiap gigi, di MX lawas yang EYD punya dulu gigi 2 dan 3 nafasnya panjang-panjang, malah gigi 3 bisa mentok sampe 110kph (sadis untuk motor ukuran motor standar) :D Nah di New Jupiter MX yang sekarang untuk nafas setiap giginya EYD rasakan pendek-pendek. Mungkin karena sistem transmisinya 5 speed, jadi karakternya jadi halus gitu. Nafas yang panjang saya rasakan jika mulai di gigi 4 dan 5, kalau gigi 1-3 halah rasanya pengen cepet-cepet ganti gigi.

Ketiga, dulu saat EYD hobi seruntulan :D dengan MX lawas, ada yang lucu. Kalau lagi digeber kenceng trus turun gas bersamaan gabel kopling ditarik, mesin bisa mati sendiri (gaswat) :D tapi langsung hidup begitu kabel kopling dilepas, apakah ada rider lain yang merasakan sama di MX lamanya? Nah di New Jupiter MX yang sekarang gak ketemu lagi gejala seperti itu.

Yang keempat, tuas engkol. Di MX lawas kalau nyela motor tuh tuas balik alias ngeperr. Tapi ini gak EYD temukan di New Jupiter MX, kalau abis nyela tuas engkol, batang tuas tetep di bawah gak balik ke atas. Menurut EYD ini sih memang lebih safety karena meminimalkan kaki kehantam batang engkol, tapi mesti ribet dikit balikin tuas engkolnya ke posisinya (biasanya EYD pake tangan balikinnya) :D

Ini aja yang EYD tau perbedaan rasa menyemplak kedua seri MX terdahulu dan sekarang, mungkin bro ada yang mo nambahin?

Silahkan dikomentari.

106 thoughts on “Perbedaan Rasa Nyemplak NJMX dengan Jupiter MX lawas

  1. gan ane pengguna NJMX 2011 gan dari awal beli dan sampai sekarang tu Mx sering tiap 2 bulan sekali ane pake mudik dengan jarak sekitar 170km gan, dari awal beli walaupun ane betot gas ampe full di jalan lurus yg panjang kok ane gk pernah ya dapet speed 120kpj paling banter 105-110kpj tu aja jarang2,kenapa ya gan, berasa kurang nih tenaga Mx ane klo belum sampe 120kpj kondisi masih standard gan, ane pake BBM premium gan kantong mahasiswa gak cukup buat ngasi minum tu Mx pertamax,.
    ne pemakaian gear n sppednya tiap hari gan

    gigi 1 > 0- 20kpj
    gigi 2 > 20- 40kpj
    gigi 3 >40- 60kpj
    gigi 4 > 60-80 kpj
    gigi 5> 80-100kpj

    dan juga tu Mx rajin ane ganti olinya gan biasanya gak sampe 2000 KM udah ane ganti oli gan, mohon bantuannya klo agan2 disini ada yang tau mungkin ada settingan Mx ane yang kurang,.

    Like

    • ya kalo diminumin premium sih wajar gan..
      apalagi udah lama,pake premium, udah numpuk kali karbon2 kecilnya :D

      kan kompresi mx tergolong tinggi, nah premium ber oktan rendah, gampang kebakar kalo dengan tekanan (kompresi), makanya kalo pake premium, ada sebagian pembakaran terjadi karena kompresi bukan karena percikan busi, sehingga sblm seher berada pada TMA, campuran bahan bakar sudah terbakar lebih dulu dengan kompresi, jadi tenaga yg disalurkan mesin kurang..

      mungkin begitu pendabat nubi..

      Like

      • iya tuh gan~ cobain pake Pertamax, MX saya Taun 2009 CW ga pernah saya isi Premium/Pertamax, pakenya PertamaxPlus, hehe~ tapi klo menurut ane emang ga beda jauh sama pake Premium/Pertamax, cuma saya lebih tenang aja kalo ngebut pake bengsin oktan tinggi~ hehe

        Like

    • Hm…saya pengguna MX lama CW [Non Kopling], engga juga sih, kayanya tergantung, klo kmren saya coba sama NJMX malah beti, tpi NJMX kayanya tenaganya lebih gede~ padahal saya udah ganti CDI, Knalpot Racing, Bensin PertamaxPlus, dan klo perkiraan saya tu NJMX nya masih standar,, hasilnya malah sejajar -__-’ ini saya coba di jalan lurus banget di Bandung. hehe~

      Like

  2. gan aku mx thn 2007… rasanya motor larinya berat banget… tangan pegel motor gak lari2.. stress ama h**nda r*vo aja di sikat… sakit ati gan..
    gimana gan biar bisa kenceng lagi…

    Like

  3. Sepuluh tahun pake RX king, setelah rx kingnya di pensiunin sekarang pake new jupiter mx, dulu sering buka kopling setengah plintir gas maka rx king bisa lari kenceng secara mendadak, plintir gas dengan main setengah kopling ini juga bisa di pakai untuk nambah kecepatan disaat sedang lari kencang..sekarang pake njmx kebiasaan itu masih gak bisa ilang dari tangan, cuma pengaruh agak beda di njmx, kira2 bisa merusak mesin gak yah kalo kebiasaan itu dipakai di njmx..?

    Like

  4. Bos motor gw mx 2007 waktu itu gw pulkam pake mx jadul di pantura pas jalan kosong bisa tembus 140(±) waktu cc nya masih 135 tp ya rada serem terus ga lama kemudian mesin gw jebol se ada2nya parah padahal itu motor standar abis ga di utak-atik dan keadan motor baru 8bln pake kesel dan dapet info dr temen di kampung suruh pake vixion buat dapur pacu nya dan sampe sekarang ga ad masalah berarti dan pertanyannya kenapa mesin mx lama kuat ya apa gw nya terlalu napsu bejek gas nya mohon pemberitahuannya. Sebelumnya terima kasih.

    Like

  5. Bapake , saya pake jupiter mx th 2010 . kok top speed cuma 70kpj ?
    saya belinya bekas , bukan dari baru . kira2 part yg perlu diganti apa aja ya? kata temen2 seher nya bermasalah .

    Like

  6. enak dan nyaman, pake njmx at cw mas..tinggal ngacirrr,ga ribet harus pijit2 koplingan,palagi klo bermacet2 ria, stress sendiri dah tuh.menurut saya motor koplingan itu banyak penyakitnya mas..sudah ada tehnologi automanual kenapa masih pilih yg manual..

    Like

  7. Originally Posted By yudhasBapake , saya pake jupiter mx th 2010 . kok top speed cuma 70kpj ?
    saya belinya bekas , bukan dari baru . kira2 part yg perlu diganti apa aja ya? kata temen2 seher nya bermasalah .

    tak ada old jmx yang hanya topspeed dibawah 100km/jam,kalo stelan topnya pas,apalagi motor anda 2nd hand,takutnya TMA tu jmx kudu salah set,old jmx ku pernah mengalami masalah yang sama akibat mekanik yang tak paham dengan jupiter mx,

    Like

  8. Originally Posted By oswal

    Originally Posted By yudhasBapake , saya pake jupiter mx th 2010 . kok top speed cuma 70kpj ?
    saya belinya bekas , bukan dari baru . kira2 part yg perlu diganti apa aja ya? kata temen2 seher nya bermasalah .

    tak ada old jmx yang hanya topspeed dibawah 100km/jam,kalo stelan topnya pas,apalagi motor anda 2nd hand,takutnya TMA tu jmx kudu salah set,old jmx ku pernah mengalami masalah yang sama akibat mekanik yang tak paham dengan jupiter mx,

    dan kalo mau tau,manatau dapat mekanik yang ga ngarti kemauan si jupie,ne ane pandu,coba 1buka ke dua tutup bok magnet sebelah kiri perhatikan ada 3 garis di sisi magnet itu,2.buka pompa radiator sebelah kiri juga,maka nampak temeng, 3.buka busi ,lalu ukur ketinggian piston.Nah,prosedurnya,pastikan garis yang paling tengah magnet berada tepat pada patokan yang meruncing di area lobang t,dan sesuaikan dengan garis yang terdapat di gigi temeng tepat lewat satu mata gigi diatas patokan yang ada disisi deksel t,dan ukur ketinggian piston apakak pada puncak tertinggi atau tidak,jika salah satu salah,itulah yang akan terjadi,si jmx loyo.maaf bahasa otomotif saya ga bagus,sukses

    Like

  9. Tergantung perawatan mas bro, saya pengguna mx 2010, baru beli udah banyak kna musibah tali gasnya susah dibejek, apalagi pas servis pertama makin payah performanya, ternyata setelah saya cek kondisi mesin ok ga ada masalah, intinya di setelan karburator yang ternyata pada saat servis pertama saya tanyakan pada si mekniknya masih kurang jam terbangnya dan pada saat mengisi oli mesin yang seharusnya diisi 800 ml, malah diisi 1 liter, haduhhhhh….terpaksa saya malah ngajarin si mekanik ( ternyata masih baru kaya dulu saya baru lulus sekolah ) gapapahbagi bagi pengalaman
    Terpaksa saya pulang harus sevis sendiri lagi, dan tetnyata saya stel ulang carbutator plus isi ulang oli mesin kembali lsg tembus 125 km/jam, sampe saat ini performa tetep sama n blum pernah stel klep, cma ganti oli rutin sama bersihin karbu n saringan udara ga di pake biar lega nafasnya, tali gas di ganti baru tapi cma yang atasnya aja jdi enteng. 3 tahun km udah lebih dari 60000 km masih tetep jos, naik turun gunung yg kondisinya parah juga masih aman.
    Motivasi dikit gue pilih motor mx lawas karna bintang ikln valentino rossy motor laen mane ad

    Like

  10. Njmx vs mx lama saya pilih mx lama. Njmx meskipun 5speed saya test sama yg punya saya jupiter mx2006 sama2 standar ko njmx kalah sama yg .mx lama…,sanguan :)

    Like

  11. coba cek stelan karbu handle gas sama setelan kopling plus pemakean oli nya, MX 2010 saya kadang tembus 130 km/jam pernah dapet 135 km/jam kondisi cuaca sore, setiap sebulan skali abis ganti oli dites masih jos sampe sekarang kondisi masih standar bgt KM ud 62000 lebih

    Like

  12. Mas saya pernah makai mx tahun 2006 pada pagi hari saya panas kan mesin nya setelah panas mesin nya saya gunakan sepeda nya pas saya tahan kopling nya selama 5 detik terus saya injak gigi 1 tapi gak bisa masuk tetapi saya lepas lagi kopling nya terus saya pegang lagi kopling nya saya masuk kan gigi 1 itu bisa masuk gimana solusinya mas

    Like

  13. gw pake njmx gua gas habis tuh mesin jebol kisaran 140 km/jam serious. gk percaya coba aj. tapi intinya jgn takut klw jiwa lu pembalap coba aja gas kontan sampai habis gas. rx king putus gw buat apalagi old mx jadul ketinggalan jauh…………
    mau coba dgn kecepatan tinggi lo jgn takut2. pake jiwa laki!!

    Like

  14. salam…. di blok sebelah katanya masalah konsumsi bbm pakai pertamax 47 km/l,,, nah kalau pakai bensi kira2 dapat berapa ya… ini rencana mau ngambil njmx 5 speed… ingin pakai harian yang nice looking tapi gak beratin di minumnya… thank…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s