Tips Ramadhan: Hobi Dulu Baru Memaknai dan Mengamalkan Al-Quran

Hati ini tersentuh dengan ceramah Ramadhan kemarin ba’da Zuhur di Mushola gedung Cyber. Saya gak ikuti dari awal karena tiba di jamaah Mushola tepat setengah satu siang. Tapi walau cukup singkat mengikuti ceramah siang itu, tapi saya dapat mengambil satu intisari ceramah dari Pa Ustadz, satu jawaban dari pertanyaan jamaah tentang “Kenapa di dalam bulan Ramadhan kita diminta untuk memperbanyak khatam Al-Quran, kenapa tidak dengan mengartikan atau memaknai kandungan ayatnya?”

 

 

Well, pertanyaan jamaah tersebut sama persis dengan apa yang ada dalam pikiran EYD selama ini, kenapa kita dianjurkan untuk mengkhatamkan Quran sebanyak mungkin,  apakah tidak lebih baik mengaji dengan mengartikan ayat-ayat dan memaknainya agar lebih meresapi? Pa Ustadz pun menjawab: Tuntunan dibalik memperbanyak khatam Al-Quran selama bulan Ramadhan tak lain adalah untuk melatih diri kita untuk lebih menyukai dan hobi membaca ayat-ayat Al-Quran. Sebagaimana kita ketahui bulan Ramadhan adalah bulan bagi kita untuk berlatih ibadah, mengkhatam Al-Quran sebanyak mungkin dapat menimbulkan suatu kebiasaan, kegemaran yang akhirnya akan membawa kita ke level jenjang selanjutnya dalam memahami Al-Quran.

Mendengarkan ayat-ayat Al-Quran saja sudah dihitung pahalanya, apalagi membacanya. Sebagai gambaran umat muslim di Arab yang notabene tau sebagian besar arti ayat Al-Quran saja sering mengkhatam Quran berkali-kali. Bagaimana kita muslim di Indonesia yang belum tau artinya. Gimana mau mengamalkan kalau artinya saja belum tau. Nah disinilah makna dari kita berlatih untuk bisa khatam sebanyak mungkin selama bulan Ramadhan agar kita bisa mencintai dulu, lalu menimbulkan kegemaran. Di bulan-bulan lainnya kita hobi membaca bacaan lain, tapi di bulan Ramadhan ini kita maksimalkan untuk berlatih mencintai dan gemar membaca Al-Quran. Setelah kita terbiasa dan gemar membaca Al-Quran, insyaallah next Allah SWT akan menaikkan derajat kita untuk bisa naik ke level selanjutnya mampu menghafalkan Al-Quran.

Last, jika sudah bisa menghafalkan ayat-ayat Quran beserta artinya, langkah untuk ke level berikutnya yakni mengamalkan apa yang ada dalam isi Al-Quran itu menjadi lebih mudah. Namun jika kita belum mampu untuk mencapai target tersebut, cukuplah perbanyak dan hobi membaca Al-Quran, karena membaca Al-Quran saja sudah mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah.

Silahkan dikomentari.

This entry was posted in Artikel Religi, Mengaji and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *