Tips WordPress: Kenali Pola Spam pada Komentar

Pembaca sekalian, pagi ini saat EYD memantengi halaman comments pada wp-admin WordPress, muncul mood untuk menulis catatan kecil untuk sharing masalah penanganan Spam di comments blog wordpress. Artikel ini tidak membahas secara panjang berbagai trik dan tips penanganan masalah Spam, tapi sebatas apa-apa yang sudah EYD lakukan selama ini dan berhasil meminimalisir spam.

 

Bagi sebagian besar blogger, masalah spam dapat menjadi masalah terbesar dalam mengelola warung/blognya setiap hari. Semakin besar sebuah blog maka permasalahan spam juga ikut semakin ramai mampir di warung. Sehingga pemilik blog mau gak mau harus ada concern khusus untuk punya strategi dan cara dalam menangani spam di blognya masing-masing.

Syukurnya WordPress memiliki plugin handal bernama Akismet yang bisa EYD nilai sebuah benteng pertama yang cukup tangguh menangkal spam pada komentar. Jika mas bro menggunakan wordpress di wordpress.com plugin ini sudah otomatis tersedia dan aktif. Tapi buat mas bro yang menggunakan wordpress di hosting, plugin ini secara defaultnya belum diaktifkan. Adapun urutan langkah praktis mengaktifkan Akismet WordPress di hosting adalah sebagai berikut

  1. dari admin dashboard, pilih Plugins > klik Activate pada Akismet
  2. setelah Activate diklik, maka akan muncul halaman meminta anda untuk memasukkan API Key, jika belum ada bisa klik link http://akismet.com/get/?return=true untuk mendapatkan API Key
  3. pilih plan ‘Personal’ jika ingin mendapatkan yang free
  4. pastikan pada bagian ‘Yearly contribution’ anda geser slider ke $0
  5. setelah mendapatkan API Key, masukkan di kolom yang diminta di halaman sebelumnya, lalu klik Acivate

Setelah Akismet diaktifkan, insyallah mulai dari sekarang tidak akan mudah sebuah komentar spam langsung brojol di kolom komentar blog anda. Jika ada, Ia akan tertangkap dulu di Akismet spam. Nah perhatikan juga kadang karena alogitma Akismet yang unik, komentar beneran bisa masuk ke Akismet spam. Tapi jangan khawatir anda bisa tandai Ia sebagai ‘Not Spam’. Perlakuan ini kadang harus dilakukan 2-3 kali agar Akismet dapat mengerti pola dan mencatat di database komunitas mereka.

Lalu ada hal penting yang perlu diperhatikan dalam menangani sebuah komentar yang tertangkap di Akismet Spam seperti pada gambar, coba perhatikan:

Nah dari ketiga contoh komentar pada gambar, mana yang spam, mana yang bukan :D Untuk pengguna blogger pemula biasanya akan menilai komentar di atas sebagai komentar ‘beneran’ :D Baik, EYD sedikit ingin menjelaskan pola di atas. Pola-pola seperti komentar pada gambar itu murni adalah Spam! Ciri khas yang paling gampang untuk menandakan itu Spam umumnya isi komentar berupa pujian, like terhadap artikel kita, bookmark your blog, dan masih banyak lagi intinya seolah seperti memberikan pujian dan penghargaan terhadap tulisan dan blog yang kita buat.

Mungkin ada yang berpendapat, lah kan bagus Bang kalau pesan komentar seperti kita approve dan dibiarkan tetap tampil di kolom komentar blog kita? Hehehe..jangan terkecoh dulu, perhatikan di wp-admin dashboard WordPress pada bagian Settings > Discussion (Discussion Settings) secara default di bagian ‘Before a comment appears’ menyatakan:

“Comment author must have a previously approved comment”

Artinya? Jika komen di atas kita approve maka itu akan tercatat/terkirim ke database komunitas Akismet. Maksudnya? Ya siap-siap aja besok atau lusa si Spambot akan kembali mengunjungi blog anda dan menjalankan misi utamanya untuk memposting komentar-komentar sampah, jualan viagra atau posting gambar-gambar tidak senonoh :D Jadi komentar pertama yang Ia kirim itu adalah sebagai umpan.

Last makin sering kita berkutat dan mengurusin spam di blog kita, maka skill dan pengalaman-pengalaman berharga akan kita dapatkan untuk mengenali trik-trik spamming. Buat pemula tidak perlu approve komentar-komentar yang kurang relevan dengan isi artikel kita walau itu bersifat pujian. Well, artikel ini sudah cukup panjang, EYD berharap mas bro bisa mengambil intisari dari tulisan ini.

Silahkan dikomentari dan semoga berguna :)

Referensi lain: http://codex.wordpress.org/Combating_Comment_Spam

This entry was posted in Hosting Stuff, Internet Networking and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Tips WordPress: Kenali Pola Spam pada Komentar

  1. shevas says:

    aq sih bingung piye kui aksimet gan?

  2. Nuno says:

    Komentar spam itu ciri cirinya apa saja?

  3. Pingback: Identify The Spam In Your Comments | ITechGraph.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *