Motor Bebek: Penyakit Utamanya Gampang Lecet

 

Artikel ini EYD tulis terkait penemuan kemarin sore dimana spatbor depan MX EYD lecet. Anehnya saya sendiri lupa itu lecet karena apa :D hm..padahal jauh-jauh hari dari awal beli baru bener-bener dijaga supaya hati-hati jangan sampai lecet apalagi jatuh.

Sudah cukuplah 2 motor bebek terdahulu yang gak terjaga untuk masalah lecet body ini. New Jupiter MX yang baru EYD miliki ini pengen jadi motor jangka panjang, so bener-bener harus dijaga dan dirawat sebaik mungkin. Kalau bisa kalau semua perawatan bagian luar selain mesin bisa EYD tangani sendiri seterusnya :)

Balik ke topik, EYD punya gambaran sepertinya motor bebek ini memang relatif lebih gampang rusak/lecet casingnya ketimbang motor batangan. Tanya kenapa, lah masuk akal juga sebagian besar motor bebek adalah motor harian dan dipakai buat bawa barang-barang bawaan. Nah udah pasti yang namanya tebeng, fairing bahkan jok kalau lecet-lecet dikit itu mah wajar. Tapi ini gak berlaku buat motor MX EYD, EYD berprinsip dan bertekad untuk bisa jaga bener-bener tuh body jangan sampe lecet apalagi jatuh. Karena ini adalah motor kesayangan, yang setia selalu menemani EYD touring kemanapun saya mau :)

Nah EYD mo berbagi tips gimana agar motor bebek kesayangan kita tidak gampang lecet. Beberapa tips ini sudah EYD rasakan manfaatnya hingga pemakaian 6 bulan MX EYD body/casing boleh dibilang masih kinclong seperti baru, hanya ujung spakbor depan aja lecet kecil.

Resep pertama, tebeng atau dek motor dipasangi bagasi buat cantolan atau angkut-angkut barang. Walau ada sebagian motor bebek sudah ada tempat pengait untuk bawaan tapi memiliki kelemahan karena barang-barang bawaan bisa bergesekan ke body alias bikin lecet

Resep kedua, jika ada kelebihan rezeki saya menyarankan penggunaan box motor, jadi fungsi tebeng depan bisa diganti oleh kebedaraan box ini. EYD cukup merasakan banyak manfaatnya dengan memasang box motor. Tapi ada syaratnya, apapun tipe boxnya pastikan braketnya harus dipilih bahan dan cara pemasangannya yang kokoh. Biasanya masalah utama dari box motor kebanyakan ada di sisi braketnya yang kurang kuat.

Resep ketiga, jangan parkir standar miring kalau ditempat parkiran umum. Biasakan parkir dengan standar tengah dan cari lokasi parkiran yang tidak sempit di lahan parkiran yang ada. Jika standar miring, selain memakan lahan, motor juga bisa mudah kesenggol motor lain  yang ingin keluar masuk.

Resep terakhir lebih ke pengendalian riding kita saat di jalan khususnya saat macet. Kalau memang terjebak macet biasakan konsisten dalam memilih jalur, kiri ya kiri, kalau mo kanan terus usahakan tetap kanan. Berpindah jalur hanya lakukan saat ada celah cukup lapang untuk motor bisa berbelok dan aman dari kendaraan belakang yang sedang melaju. Perhatikan juga kendaraan di depan kalau tiba-tiba mengerem mendadak.

Sekian dulu tips menjaga motor bebek kita aman dari lecet :) sebenernya masih banyak lagi tips-tips yang bisa dilakukan, tapi keliatannya artikel ini sudah cukup panjang :D

Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

This entry was posted in Dunia Motor and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Motor Bebek: Penyakit Utamanya Gampang Lecet

  1. dody says:

    Setuju..! Dijaga and dirawat biar ga cepat lecet..

    Numpang lewat—–>http://dodyarmando.blogspot.com/2011/08/bangun-pabrik-di-indonesia-bajaj-kok.html

  2. ongkisuhendar says:

    http://ongkisuhendar.blogspot.com/search/label/Sensor%20sentuh

    postnya bermanfaat mas bro…
    salam kenal salam sukses gan :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *