Mendaftar Sertifikat SSL Gratis di InstantSSL by Comodo

Pembaca sekalian, melanjutkan artikel yang terdahulu untuk pembuatan sertifikat SSL, artikel ini menerangkan langkah selanjutnya yakni mendaftarkan CSR yang telah kita buat sebelumnya ke salah satu CA free SSL, EYD coba memilih Instantssl.com sebagai rujukan pertama.

Kenapa EYD merekomendasikan InstantSSL Comodo? Ya selain masa validnya paling lama 90 hari, proses pendaftarannya juga sangat mudah tidak membutuhkan proses phone authencation yang ribet.

Langsung aja ke step by step prosesi mendaftarkan ssl gratis ini:

  • pada halaman utama langsung klik ‘GET IT FREE NOW’
  • kemudian tampil halaman Step 1: Provide your CSR, masukkan data CSR yang telah dibuat sebelumnya ke kotak yang tersedia, pada bagian software server, umumnya kita pilih Apache-ModSSL, klik Continue

  • masuk ke Step 2: Domain Control Validation, disini kita pilih email yang digunakan untuk validasi/approval dalam proses pendaftaran SSL ini. Umumnya CA akan mengambil email dari data WHOIS yang pertama, namun anda bisa menentukan email alternatif lain misalnya email domain sendiri, pastikan akun email tersebut aktif, klik Continue

  • selanjutnya tampil halaman Step 3: Your Corporate Details, silahkan dilengkapi data organisasi anda, pada bagian bawah kita diminta isikan data username/password untuk Management Area di InstantSSL.com, password harus kombinasi angka dan huruf serta kombinasi huruf kapital dan huruf kecil. Jangan lupa akan data username dan password ini karena ini akan terus kita pakai saat ingin login ke Management Area.

  • setelah OK, muncul halamanAgreement, klik tombol I Accept untuk melanjutkan

  • selanjutnya akan muncul halaman Order Confirmation, selanjutnya tinggal melakukan validasi atas order SSL ini

  • cek email, akan ada email masuk dari Comodo Security Services dengan subject kurang lebih Domain Control Validation for xxx.example.com, klik link verifikasi yang diberikan dan masukkan kode validasi dari email.

  • setelah langkah validasi sukses, silahkan cek email address dari SSL anda, tidak terlalu lama CA akan mengirimkan data SSL dalam bentuk zip, terdapat 2 file di dalamnya yakni store_sejutaumat_com.crt dan store_sejutaumat_com.ca-bundle.

Sampai disini proses pendaftaran sertifikat SSL free dari InstantSSL sudah selesai, selanjutnya tinggal kita pasangkan ke webserver dimana store.sejutaumat.com dihostingkan. Ohya, untuk pemasangan SSL ini membutuhkan Dedicated IP untuk nama host yang ingin dipasangkan, harus unik tidak share dengan IP server hosting utama. Next, di artikel selanjutnya akan diterangkan langkah memasangkan SSL yang sudah kita dapat ini ke webserver, stay tuned.

Semoga berguna.

This entry was posted in Hosting Stuff, Internet Networking and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Mendaftar Sertifikat SSL Gratis di InstantSSL by Comodo

  1. Khoiruddin says:

    Tutorila lanjutannya mana nih…

  2. feri muhibudin says:

    mas, kalau udah dapat file nya dalam bentuk zip, di upload kemana?

  3. cara dpetin kode SCR nya gimana ???

  4. datu says:

    Pak mau tanya, kalau misalnya server kita memiliki banyak domain misal abc.com, sasa.com, anda.com, apakah bisa kita beli ssl untuk server saja sehingga semua domain tercover oleh satu ssl saja?
    Saya terpikir untuk beli 1 sertifikat ssl untuk server misal ip 203.112.10.14 dan domain-domain yang ada di dalam server dengan ip tersebut sudah tercover. Apakah benar bisa demikian pak ? Mohon infonya. Salam

    • EYD says:

      perihal SSL itu tidak per IP melainkan per site/domain, jadi untuk site1.tokoku.com dan site2.tokoku.com harus memiliki sertifikat SSL masing-masing.

      Jika ingin SSL yang bisa mengcover semua subdomain (wildcard) misal untuk *.tokoku.com maka yang dibeli adalah SSL yang wildcard.

      Semoga mencerahkan

  5. syndromnia says:

    wahh, artikelnya bagus, saya baru ngerti….
    saya masih punya 1 dedicate IP…
    coba ahh.. :D

  6. Roy says:

    Pakjika sudah expired 90 hari apa kita bisa perpanjang lagi gratis? atau 90 hari hanya trial saja dan selanjutnya berbayar? thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *