TVS Apache RTR 180 ABS, Motor Bagus Yang Belum Masuk Indonesia

Sejak dilaunching pertengahan Maret kemarin di India, hingga sekarang TVS Motor Company (TMC) belum ada penampakan akan berencana memasukkan motor ini kesini. Padahal menurut EYD disaat persaingan motor sport India lagi seru-serunya dengan masuknya Pulsar DTS-i 220, Apache RTR 180 with ABS ini tidak kalah kompetitifnya jika disandingkan bersaing dengan P220.

Boleh dibilang kalau dipolling versi EYD, RTR 180 ABS ini ada di posisi kedua setelah P220 untuk motor sport batangan India, nomor 3 adalah Pulsar 135LS, posisi ini EYD yakin juga bisa mewakili ranking penjualannya loh. Tapi dengan catatan jika harga bermain di angka berapa TVS menjual RTR 180 ini yang sudah dilengkapi fitur ABS.

Salah satu fitur utama dari tipe terbaru motor ini adalah disematkannya fitur ABS (Anti-lock Braking System). Di Indonesia fitur ini baru ditemukan di motor premium Honda CBR 250R. Dengan fitur ABS pengendalian pengereman menjadi jauh lebih baik, terutama dalam kondisi pengereman mendadak. Dengan rem konvensional, roda akan selalu mengunci saat terjadi pengereman yang ekstrim dan itu sering menyebabkan motor ndelosorr berakhir kecelakaan fatal.

Kira-kira kenapa ya TMC belum tertarik memasukkan motor ini ke tanah air, padahal pangsa pasarnya cukup menjanjikan dengan fitur ABS termurah di tanah air. EYD sendiri masih penasaran ingin merasakan sensasi merasakan pengereman ekstrim dengan ABS ini.

Untuk urusan power, motor ini juga sangat bejaban dengan motor-motor jepun disini, lihat saja daya maksimum 17.03 PS @ 8500 RPM dengan torsi maksimum 15.5 Nm @ 6500 rpm. T***r & V***n aja lewat kalo mo bejaban ma motor ini. Jadi secara DNA spek mesin ini yang dibekali RTR, sangat racy dan diterima pasar pecinta motor sport Indonesia.

Sayang aja TMC kalau menyia-nyiakan peluang persaingan motor sport ini, liatlah P220 begitu laris. Seandainya TMC berani bawa kemari dan set harga lebih murah atau sama dengan P220 dijamin pasar tetap menerima positif. Karena ada nilai plus yang dibawa yakni ABS, tinggal bagaimana menonjolkan fitur ABS ini ke masyarakat lewat promosi-promosi. Sayang aja kalau TVS hanya berkutat ama segment bebek, menurut EYD ketimbang bermain di bebek yang sudah red ocean dengan pabrikan jepun mending ikut langkah Bajaj bermain di segment sport.

Ayo TMC bawa motor ini ke tanah air menemani Apache RTR 160.

This entry was posted in Dunia Motor, TVS and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to TVS Apache RTR 180 ABS, Motor Bagus Yang Belum Masuk Indonesia

  1. Rezha says:

    huh… pengen bgt ane sma yg ABS ni

  2. rudi haryono says:

    apa iya bagus ????

  3. Gua pingin bangeudddd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *