Pagi dan Sore Hari Jalan Utama Mestinya Memberikan Jalur Khusus ke Motor


Foto: suasana jalur MT. Haryono menuju Pancoran pukul 7.30wib

Well memperhatikan lalu lintas di jalan MT. Haryono 2 bulan terakhir sejak puasa kemarin ada 1 hal yang ingin EYD opinikan. Setiap pagi di jam kerja (06.00 s/d 10.00wib) jalur di jalan MT. Haryono terlihat tertata rapi antara kendaraan roda empat dan sepeda motor.

Jika mas bro sering ngelewati jalur ini mulai dari stasiun Cawang hingga lampu merah Pancoran bisa dilihat sepeda motor diberikan jalur khusus sebelah kiri 1 jalur yang steril dari lalu lalang kendaraan roda empat. Setiap ada kendaraan roda empat mencoba ambil jalur kiri, maka petugas di jalan langsung mengarahkan dengan tegas agar kembali ke jalur kanan. EYD sangat mengapresiasi kebijakan polisi lalu lintas di jalur ini, karena dengan begini kesadaran sepeda motor untuk menggunakan jalur kiri semakin meningkat.

Dengan diterapkan jalur khusus seperti ini walau kondisi jalanan tetap padat merayap, namun minimal kendaraan motor bisa melaju lambat lancar tidak terlalu merayap. Semestinya di Jakarta untuk jalan-jalan protokol utama bisa diterapkan seperti ini, tidak masalah untuk tahap pertama bisa dicoba set jalur khusus motor di jam berangkat kerja. Disadari atau tidak kesadaran pengendara untuk tertib sangat dipengaruhi oleh keadaan dan fasilitas jalan yang mumpuni. Sudah sifat dasar manusia kan ingin mencari jalan keluar, nah di kala ketemu macet sudah pasti naluri pengendara sepeda motor ingin selak seliuk mencari celah jalan yang bisa dilalui, ini alami.

Semoga bagian terkait bisa membaca opini singkat EYD ini, dan mau peduli terhadap pelayanan fasilitas jalan khususnya bagi kendaraan sepeda motor. Motor bukanlah yang dituding sebagai biang dari kemacetan, tapi motor adalah pilihan yang banyak dipilih masyarakat untuk menghindari kemacetan.

This entry was posted in Dunia Motor, Regulasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *