Skutik Suzuki Nex Akan Lahir, Apa sih Visi R&D Suzuki?

Well, melihat informasi kemunculan skutik baru Suzuki November nanti, yang akan diberi nama Suzuki Nex, kok romannya Suzuki di tahun ini getol banget ya nelorin skutik-skutik baru, mulai dari Sky-Drive, Hayate, dan besok Suzuki Nex. Padahal kalau diliat trend persaingan skutik sudah berdarah-darah antara lini Honda dan lini Yamaha, mosok mau sih ikut terjun di red ocean yang pastinya keuntungannya lebih kecil.

Apakah Suzuki bernafsu jua untuk menggeser brand Yamaha dalam pangsa skutik Indonesia? Kalau iya sepertinya Suzuki sudah salah arah deh. Kita tau line up skutik Yamaha saat ini hanya mengandalkan Mio Sporty, Mio Soul, dan Xeon. Bila dibandingkan dengan jumlah varian Suzuki memang Suzuki sudah lebih unggul lebih banyak pilihan mulai dari Spin, Skywave, Skydrive  dan Hayate. Yang menjadi pertanyaan di benak EYD sekarang, kenapa sih RnD Suzuki setelah pindah dari negeri gajah putih kesini yang ditelurkan kok melulu skutik dan bebek? Apa Suzuki kurang peka dengan apa yang disuarakan pecinta Suzuki di tanah air?

Sayang aja, image Suzuki yang sudah bagus terbentuk sejak beberapa tahun silam saat jaman Shogun 110 dan Satria 2 taknya, tidak dikembangkan dan dimanage ke arah segment yang tepat. Mesin Suzuki baik di roda empat maupun roda duanya dikenal adalah paling kuat, bandel dan juga kencang. Image ini adalah potensi bagi Suzuki untuk bisa bersaing di pasar motor Indonesia, kalau hanya skutik dan bebek terus yang digelontorkan, ya gak nendang.

Mestinya RnD Suzuki mau melihat potensi ini, image tersebut harusnya bisa dimanfaatkan untuk menelurkan produk-produk sport mereka. Suzuki harus peka bahwa konsumen sudah bosan disuguhi produk sport yang minim banget hanya mengandalkan Satria FU dan Thunder 125, yang EYD sebut terakhir lebih baik disuntik mati saja, ganti line up baru.

Suzuki lebih tepatnya buka segment baru (blue ocean) naked bike 250cc DOHC dual silinder. Ya walau rumor GW 250 sudah mulai keliatan titik terang, tapi percepatlah motor ini masuk kemari. Lalu segment sport full fairing 150 ciptakan juga dengah harga yang bersaing dari produk kompetitor yang sudah keluar duluan. Dari sejarah bisa kita liat, harga motor Suzuki selalu bisa lebih murah dari Honda dan Yamaha, nah mestinya jurus ini bisa diterapkan dalam pricing strategy untuk produk-produk sport Suzuki masa depan (sekarang aja deh, gak usah nunggu masa depan)

Untuk masalah finansial kita rasa Suzuki tidak kesulitan karena didukung oleh divisi roda empatnya yang kuat, sekarang tinggal arah visi Suzuki terhadap roda dua di Indonesia itu apa? Jangan skutik dan bebek mululah, konsumen udah jenuh, ayolah Suzuki buat segment baru di sport dengan kelebihan mesinmu yang terkenal lebih tangguh dan harga yang paling terjangkau dengan value yang tinggi.

Gimana pendapat mas bro sekalian, silahkan dikomentari.

This entry was posted in Dunia Motor, Suzuki and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Skutik Suzuki Nex Akan Lahir, Apa sih Visi R&D Suzuki?

  1. Tulus_Budi says:

    Suzuki, sejauh ini di indonesia cuman niat jualan mobil, ga gitu niat jualan motor, padahal nama besar suzuki selaku produsen motor yg identik dengan ‘kencang dan berteknologi’ masih melekat dibenak konsumen indonesia…. sooooo bangkitlah suzuki !!!!….

    • EYD says:

      iya sayang aja kl misi bangkitnya Suzuki malah dimulai dari segment skutik dan bebek, alamat berat persaingan melawan Honda dan Yamaha yang sudah berdarah-darah getol di segment ini, mending sport, Suzuki lebih kental auranya ke sport

  2. doy says:

    bikin model mtor gk mau ikuti selera konsumen trus produk jarang di iklankan di tv ayoo suzuki bangkiiit bikin model sport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *