7 Tips Keselamatan Mendahului Kendaraan Lain

Pembaca sekalian, artikel kali ini tentang keamanan dalam mendahului kendaraan lain (overtake) di jalan raya. Aman bagi anda, sepeda motor anda maupun pengguna jalan lainnya. Kunci dari keselamatan di jalan adalah perhatian terhadap pengendara lain juga perhatian terhadap diri kita sendiri.

OK, inilah beberapa tips yang dapat EYD jabarkan:

  1. Pastikan kedua kaca spion terpasang dan dapat melihat keadaan di belakang dengan sempurna. Dengan memperhatikan jalur kendaraan yang berada di belakang, anda dapat mulai overtake kendaraan lain dari sisi kanan dengan aman.
  2. Sebagian pengendara suka mencopot kedua kaca spion motornya dengan alasan agar lebih mudah nyelap-nyelip di antara kemacetan. Namun perlu diperhatikan mendahului kendaraan di antara dua kendaraan yang cukup sempit beresiko terjadi senggolan karenanya. Jika tersenggol sudah pasti kemampuan handling kendaraan dalam waktu sesingkat itu cukup mustahil, alhasil kendaraan kita atau pengendara lain bisa celaka.
  3. Jangan pernah mendahului kendaraan dari arah kiri karena reflek pengendara selalu condong membanting setir ke kiri jika terjadi kejutan oleh pengendara di belakang kita baik karena kendaraan lain di depan maupun karena aksi mendahului dari anda.
  4. Begitu juga saat corner (belokan) jangan pernah overtake kendaraan dari arah kiri/dalam sebab kita tidak tau apa yang terjadi di sisi kanan/luar kendaraan tersebut. Lagipula pengendara lain hanya fokus pada sisi kanannya tanpa memperhatikan arah kiri karena dia merasa sudah berada di belokan.
  5. Ukur kemampuan akselerasi motor saat ingin mendahului kendaraan besar seperti bis/truk. Banyak kasus kecelakaan yang mengakibatkan motor karena kalah akselerasi dengan bis/truk yang ingin dilewati dan disambut kendaraan dari arah berlawanan. Dari pengalaman EYD apapun tipe motornya selalu gunakan gigi 3 untuk mendahui kendaraan lain.
  6. Jangan mendahului kendaraan yang sedang mendahului kendaraan lain, ini karena kita tidak bisa menebak manuver kendaraan di depan yang sedang melakukan aksi overtake kendaraan lain. Dari pengalaman sering terjadi rem mendadak oleh pengendara yang sedang melalukan overtake.
  7. Jangan tertipu dengan laju mobil yang melambat tiba-tiba di depan kita. Banyak kasus kecelakaan terjadi saat kita mendahului mobil yang sedang melambat ternyata di depan ada yang lewat atau menyeberang. Jadi jika ada laju mobil di depan melambat, sebaiknya ikut melambatkan laju motor kita sambil fokus apa yang ada di depan mobil tersebut.
This entry was posted in Dunia Motor, Safety Riding. Bookmark the permalink.

0 Responses to 7 Tips Keselamatan Mendahului Kendaraan Lain

  1. FaizaL says:

    setuju deh ama postingan nya.. sangat membantu dan sesuai dengan keadaan di jalanan..

  2. Qimong HSX'er says:

    nambahin lagi yak om’s, jangan lupa ketika akan melakukan manuver overtake nyalakan lampu seign. jika laju kendaraan yang akan kita lalui tidak mengurangi keceptan pijitlah klakson motor kita dengan tujuan memberikan tanda kepada pengemudi kendaraan tersebut agar memberikan kesempatan kita untuk mendahuluinya. jangan emosi jika kita disalip kendaran lain dan yang utama “keep safety riding”

  3. omg says:

    Khususnya di jalan lintas, sebelum mendahului kendaraan lain, saya sering ‘ngintip’ kenderaan di depan dengan agak ambil jalur kiri. Setelah aman, coba bayangi kenderaan dari arah berlawanan, kalau aman langsung salip :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *