3 Tahun Berkendara Tanpa Bocor Ban? Percaya.

Well judul di atas menggambarkan salah satu temen EYD Pak Sunarto (seorang guru SMK) yang begitu rapi dalam menggunakan Supra X lamanya. EYD dulu pernah bercerita kepadanya kalau motor Smash yang ane tunggangin sering ngalamin ban bocor, bisa dalam rentang waktu yang cukup singkat, 3 bulan sekali bisa bocor.

Nah dari cerita EYD kepadanya, dia pun terheran dan bercerita “saya mas Endrik seumur-umur bawa motor gak pernah yang namanya bocor ban, kalau jatuh pernah, Supra X yang saya pakai (sambil menujuk Supra Xnya) ini udah 3 tahun gak pernah ngalamin bocor ban di jalan”. Nah EYD pun penasaran menanyakan, resepnya apa Pa Narto?

Berikut resep-resep yang diajarkan beliau kepada EYD, pertama jangan suka ambil jalan diluar aspal, maksudnya biasanya kita kalau terjebak macet akan cari jalan pintas keluar jalan yang notabene ke jalanan berkerikil yang sangat mungkin disitu terdapat paku, beling, atau benda-benda tajam lainnya.

Kedua rajin periksa tekanan ban motor, dari ini EYD menafsirkan bahwa tekanan ban harus selalu dalam kondisi tekanan yang pas, jangan pernah bawa motor dengan tekanan ban kurang aka kempes. Kurangnya tekanan ban, bisa merusak jaringan kawat dan compound ban. Bocor ban tidak melulu karena faktor eksternal kemasukan paku atau lainnya, namun disebabkan juga dari internal komponen ban yang mulai aus. So dengan kondisi ban aus seperti ini hanya dengan dipacu kerikil tajam aja bisa menyebabkan bocor alus.

Ketiga, jangan gunakan ban yang sudah gundul. Betul sekali, ban yang udah mulai tampak gundul sudah pasti tingkat cengkraman ke aspal sudah berkurang. Apalagi jika ban yang sudah gundul sering diajak kerja keras ngepot saat mengerem, panas ban yang sudah mulai gundul pasti lebih tinggi ketimbang ban yang masih tebal. Panas yang berasal dari ban luar bisa mengurangi keawetan ban dalam, hal ini bisa menyebabkan ban bocor suatu waktu walau tanpa ada paku/benda tajam yang mampir.

Nah 3 resep ini aja mas bro yang bisa dipraktikkan, EYD sudah hampir 2 tahun ini pakai Scoopy+ NJMX belum pernah mampir ke tukang tambal ban lagi :D Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

This entry was posted in Dunia Motor, Safety Riding and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to 3 Tahun Berkendara Tanpa Bocor Ban? Percaya.

  1. NanaRed says:

    PERTAMAXX
    salam kenal dari biker SidRap Sulawesi Selatan bro
    BRADERHUD TAKKAN TERPISAHKAN JARAK DAN WAKTU
    SALAM KARET BUNDAR

  2. Ardy says:

    Thanks yah.. Pantasan selalu bocor tekanan ban ku selalu sy kurangin.. Hihi..

    Salam Kenal from Makassar..

  3. Arif says:

    untung njmx q skrg sll aq cek bannya

  4. ardi redMX says:

    tekanan ban yg pas tu kyk gimana kang bro…??
    mohon penjeLasanx… ^_^

  5. Bayu says:

    Ijin share ke blog ane mas bro,hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *