Wuih..Perdana Kipas Radiator MX Menyala

Well, udah lama gak posting blog karena kesibukan bangun rumah + pindah-pindahan, hari ini EYD mo nulis pengalaman semalem waktu pulang menuju akses ke perumahan. Ternyata hujan yang begitu deras sore kemarin membuat kali di dekat perumahan meluap hingga menyebabkan jalan akses utama menuju perumahan menjadi ladang lumpur.

Awalnya EYD kira ada pengerjaan apa di jalan hingga lumpur kemana-mana, tapi begitu liat ke kali udah meluap baru ngeh kalau itu gundukan tanah yang kegerus air banjir. Akhirnya EYD cari jalan pintas akses ke perumahan melewati jalan yang belum diaspal :( Sesampainya di pinggir blok perumahan liat genangan air di jalan lumayan tinggi, minggir sebentar ngobrol bentar ama warga di blok. Sepatu kerja pun EYD lepas ganti sepatu bot, setelah itu EYD coba menerobos genangan air di depan dengan hati-hati. Akhirnya EYD bisa lalui dan selamat sampai di pos kedua.

Nah peperangan dimulai dari sini, saat EYD tiba ke jalan potong akses ke blok perumahan, itu melewati jalan tanah (seperti lapangan). Wuih..seperti ladang lumpur jalanan di depan. EYD sorot dengan lampu MX jalanan di depan yang super gelap karena gak ada penerangan, coba masuk gigi 1 jalan dan…stop, laju roda MX pun terhenti karena tanah lumpur masuk ke spakbor depan dan belakang semua. Duh sempet panik sebentar, gimana ini jam sudah menunjukkan pukul 21.15an tapi terjebak di ladang lumpur motor gak bisa bergerak rodanya.

Akhirnya EYD akalin dengan dengan obeng untuk mengeruk tanah yang masuk ke selokan spakbor depan. Begitu terus EYD ulangi setiap 1 meter roda langsung seret seperti terkunci dan EYD paksakan dengan raungan gas tapi tidak banyak membantu. Titi selokan jalan masih jauh disana, akhirnya EYD inisiatif ambil dan geser ke selokan di tengah yang lebih deket dengan MX., dan proses gas ama kerokin tanah di dalam spakbor pun berulang hingga jam menunjukkan jam 21.30, waw 30 menit sendiri terjebak di tengah ladang lumpur.

Saat EYD membersihkan tanah di spakbor, disitu EYD mendengar kipas radiator menyala dengan bunyinya yang khas, “ngiiing..” Waduh mesin nampaknya kepanasan nih karena dipaksa ban belakang burn out terus sementara motor diem ditempat. Akhirnya EYD matikan dan syukurnya sudah bisa melewati selokan untuk menyeberang. Papan titi buat penyeberangan pun EYD kembalikan ke semula. Lalu menuju rumah yang tinggal beberapa puluh meter lagi EYD lakoni dengan tuntun disertai dorongan tenaga dalam sedikit karena roda tetap seret.

Dari ini EYD berkesimpulan bahwa sistem pendinginan radiator kurang efektif untuk mendinginkan mesin dalam keadaan kendaraan diam ditempat. Makanya di beberapa kasus di kemacetan Jakarta yang super parah, kipas radiator MX suka menyala sendiri pertanda suhu mesin di atas suhu rata-rata. Tapi anehnya lampu indikator suhu di dashboard semalam kok gak menyala ya. Bro-bro sekalian punya cerita yang sama tentang kipas radiator MXnya kapan menyala :D

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Wuih..Perdana Kipas Radiator MX Menyala

  1. viscodps says:

    pertamax. . .
    Mx sy g pernah nyala kipasnya. Pengennya sih mau muter. Pengen dnger suara khasnya.

  2. udin says:

    mau nambahi z bro, memang klo kipas radiator muter lampu indikator ga nyala, soalnya itu lampu buat overheat. jadi klo kipas radiator nyala trus lampu indikator juga nyala berarti mx bro mengalami panas berlebih.. motor harus dimatiin sampai lampu padam dan klo bisa di ganti air radiatornya… sekedar info z bro

  3. Wayank says:

    hmmm, kayanya yg punya warung jebolan komunitas MX nih….

  4. Wayank says:

    ingetan gw yg punya warung pernah nabrak batu deh mx nya, hahahaha…iya nih bro masih di cianjur, mtr miauw ada, new mx jg ada, tp kaga pake boks ya bro

  5. si Oom! says:

    gempor dah, tiap 1 meter dikerok :)

  6. danie says:

    mas EYD bsa ksih saran ga semalem mtor new mx saya kipas radiatornya bunyi ”ngiing” stelah itu kirain saya karburatornya kemsukan air,saya coba gas ngebut dijalan ga knp2 ga ada yg brebet tp pas nympe dirumah kipasnya msi bunyi terus krna sudah malam saya pusing akhirnya saya diemin ampe pagi pas bngun saya cek bunyinya uda ga ada eh gliran saya pgn panasin malah wktu kunci di puter ga nyala speedometernya dan saya coba pke engkol ttp gabsa nyala,waduh saya pusing nih . mohon pencerahan

    • EYD says:

      kipas radiator aktif biasanya indikasi mesin overheat dan dibarengi lampu indikator di dashboard menyala. maksudnya diengkol mesin gak mo idup juga? coba dirunut dari yang paling mudah (kl mx emang agak ribet buka-buka), cek dari busi, karburator banjir gak,

  7. ary says:

    kpas mxq mlah bvt jaln 1km aj udah nyala,tpi indkator g nyala.ctatan cdi semi resing

  8. kk Radiator saya ga mau hidup ya, gmana dong apa solusinya brooo?????????????

  9. odell says:

    Mas, tiap speedo sampai ke 80km/jam, saya sering dengar suara MX seperti ada suara meraung2 yang mengayun2, naik turun. Apa itu suara kipas ini ?

    • EYD says:

      Ternyata ada juga yang mendengar suara unik di NJMX. Sepertinya bukan dari kipas radiator mas bro..ntar coba periksa itu suara khas dari komponen mana

  10. agung says:

    bro gw punya jupiter mx 2012. Itu radiator kalo fungsi kalo dah panas yak.
    Gw juga pernah perjalanan jauh juga bunyi raung2. Itu knapa yak??.

    • EYD says:

      Radiator sistem pendinginan mesin yang aktif sejak mesin dihidupkan jadi bukan dikala panas. Di belakang sirip radiator terdapat fan/kipas yang akan menyala jika temperatur mesin sangat tinggi (overheat)

  11. miftah alkhairi says:

    perasaan selama saya punya motor MX saya gak pernah dengar bunyinya, ada saran?

  12. pernah kok om EYD….wktu mx saya masih standar pernah kok kipas radiatornya nyala….tp jarang bgt…..skrg mah jd sering idup trs gara2 mesin gambot….tp kalo di bawa ngebut juga sih baru idup….cimiww

  13. andrian says:

    mas bro mau nanya neh….kalau lampu di dashboard sering menyala kenapa ya,kalo dibawa jalan baru beberapa meter aja udah nyala tuh lampu,thx atas saran nya

  14. westevan says:

    mas bro bagimana cara hidupin kipas mx jika kuncinya di ON kan?
    soalnya aq kepengen untuk degerin nya trus

  15. chuchues says:

    brow sya mo nanya ni,kan ladiatornya udah panas tP kipasea gk nyla juga.trus sya buat stop kontak kipasea sendiri kan awalea nyalaea otomatis jdi manual. jd yg jdi pertanyaan jadi masalah gkea buat mesinea?…

  16. beben says:

    Ternyata banyak juga yang belum pernah ngalami kipas radiator mx nya nyala atau berputar, ane pernah denger suara kipas angin di radiator waktu itu kena macet dari fatmawati pulang ke rawamangun lewat bunderan HI, ketika ada demo besar, jalanan macet total sudah lupa demo apa waktu itu..pas sampai rumah motor dah brenti tapi kunci kontak masih hidup terdengar bunyi ziiiing…iitulah penampakan yang aku dengar, yang jarang terjadi..he he he…

    • EYD says:

      yups, bener mas bro, kipas baru menyala kalau benar-benar suhu mesin sangat ekstrim panasnya, MX Strada cuma 1x waktu terjebak di lumpur tanah merah motor gak mau bergerak :D

  17. Reymon says:

    Punya Saya di pake 15 Menit aja kipas da bunyi Om.. Mesin jga cepat Panas. motor ane new mx yg 2012.

    Kasih Pencerhan om?
    Ga ngerti masalah gitu2an.

  18. Lucky says:

    gan mau nanya mx kesayangan ane lampu indikator merah nya(overheating) nya waktu kontak di ON ga mau nyala trs ane cek lampu nya apakah mati..trnyta normal.. itu ga mau nyala yg rusak apa nya ya gan? thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *