Sharing Internet Modem CDMA dengan TP-Link WR340G

Di artikel kali ini EYD ingin membagi tips cara membagi koneksi modem CDMA menggunakan access point (wifi). Access point yang digunakan kali ini adalah TP-Link WR340G.

Dalam panduan manualnya, access point ini lebih diperuntukan untuk share koneksi dari modem ADSL (misal Speedy, dll). Nah dengan sedikit trik ubah registry Windows, access point ini bisa dipakai untuk sharing koneksi internet dari modem CDMA/GSM.

OK langsung saja kita praktikkan, alat dalam praktik kali ini adalah sebagai berikut

  • 1 unit pc/laptop/netbook menggunakan OS Windows 7
  • 1 unit access point TP-Link WR340G berikut kabel RJ45 (included)
  • modem CDMA (misal smartfren, dll)
  • 1 unit handphone yang wifi buit-in
  1. Sebagai langkah pertama kita buka terlebih dahulu registry Windows untuk mengaktifkan TCP Forwarding, silahkan klik artikel disini untuk langkah-langkahnya.
  2. Menurut manualnya diminta memasukkan CD driver pertama kali sebelum menyolokan access point ke LAN port di PC/Laptop. Namun karena untuk trik share koneksi modem CDMA ini kita sama sekali tidak menggunakan port WAN pada access point maka langkah tersebut bisa kita lewatkan.
  3. Konfigurasikan kabel seperti gambar di bawah ini, bisa dilihat bahwa kabel  RJ5 dicolok pada salah satu port LAN yang ada pada acess point, lalu ujungnya dicolokkan pada LAN port PC/Laptop yang bertindak sebagai PC server/gateway.
  4. Untuk setting awal, pastikan LAN PC diset ke DHCP, dari Control Panel > akses Network and Sharing Center > Local Area Network > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv.4) > Properties.
  5. setelah itu masuk ke browser, buka URL tplinklogin.net, maka muncul prompt login, masukkan user admin dan password admin default jika belum pernah dirubah.
  6. Di jendela utama web based, pilih menu Quick Setup.
  7. Klik Next, lalu pilih Dynamic IP
  8. Klik Next, di halaman selanjutnya tentukan nama SSID, lalu pilih apakah Wireless security dibuat Open atau Secure. Disarankan mengaktifkan WPA, dalam tips ini tidak menggunakan WPA, koneksi wireless dibiarkan Open dulu.
  9. klik Next lalu muncul opsi untuk mereboot access point.
  10. selanjutnya di bagian menu Network, klik LAN lalu ubah IP LAN router menjadi 192.168.1.1
  11. berikutnya di menu WAN pastikan WAN Connection Type diset ke ‘Dynamic IP’
  12. selanjutnya di bagian menu DHCP, pilih DHCP Settings, tentukan Start IP, End IP, Gateway dan DNS. Untuk DNS kita masukkan DNS provider dari modem CDMA yang kita pakai, lihat gambar di bawah.
  13. Terakhir adalah set Internet Sharing dari koneksi Modem yang kita gunakan. Dari Control Panel > buka Network and Sharing Center, klik kanan nama modem > Properties, selanjutnya klik tab Sharing. Ceklist bagian Internet Connection Sharing seperti pada gambar.

Last silahkan koneksikan modem ke Internet, lalu test dari handphone atau perangkat wifi lainnya untuk konek ke access point ini. Mestinya dengan konfigurasi sederhana seperti di atas, perangkat wifi bisa langsung browsing.

Semoga berguna.

This entry was posted in Internet Networking and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Sharing Internet Modem CDMA dengan TP-Link WR340G

  1. rahendz says:

    om bisa mbantuin ane untuk setting ke AP yg WA601G ndak.. kok saya ndak bisa2 share koneksi modemnya ya.. mohon bantuannya..

  2. fhasra says:

    info yang menarik…
    terima kasih gan….

  3. sumatra utara medan says:

    kayak mana om… di jaringan internetnya udah terkoneksi … tp kok gk bisa browser?
    apa penyebabnya om?
    terima kasih

  4. irfankalong says:

    kang kalo tp link 8151 n bisa juga gak but mancarin wifi tapi dari modem gsm bukan speedy coz modem 8151n kan modem adsl mohon bantuannya

  5. Assalamu Alaikum salam kenal mas, mo nanya dikit nih, kl sharing inet (modem GSM-PC)–>Mikrotik RB750–>AP Bullet M2HP cara setingnya apa sama dgn diatas? prn nyoba tp bingung DNS nya dpt dr mana? tolong ya mas..makasih. wassalam

  6. Rahmat says:

    Assalamu’alaikum…
    Mas, setelah saya ikuti langkah diatas yang saya rasa sama (modem router TP-LINK TD-W8901G) tetapi masih tidak bisa. sinyal wifi-nya ke detect namun tidak ada koneksi internet. saya memakai modem CDMA smartfren.
    mohon pencerahannya mas..
    Wassalam…

  7. bambang says:

    bang cara share modem gsm g mana ya saya mengunakan router tplink -Tl wr743Nd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *