Tips Tetap Bersih Berkendara di Musim Hujan

Well mengendarai sepeda motor merupakan salah satu kesenangan tersendiri. Apalagi jika motor tunggangan selalu dalam keadaan bersih, kenikmatan berkendara akan terasa nampol :D Namun memasuki musim hujan akhir-akhir ini sudah pasti sepeda motor sering diserang namanya kotor dari lumpur, tanah, dll.

EYD ingin berbagi tips ringan bagaimana mengakali cara berkendara di musim hujan agar setidaknya motor tidak terlalu kotor dan bisa tampil bersih, kinclong setiap hari walaupun hari itu adalah lebih banyak jatuh hujan.

Berikut tips-tips yang bisa EYD share.

  • Pertama untuk cara berkendara di musim hujan lebih baik lebih banyak bersabar kalau ingin kendaraan tetap tampak bersih, jangan terpancing ngebut dikala jalanan kotor atau hujan.
  • Berikutnya coba atur kecepatan laju kendaraan mengikuti kondisi jalan, simpelnya adalah seperti ini. Jika bertemu jalan non aspal atau tanah merah yang becek, cobalah batasi kecepatan 20kpj saja (butuh kesabaran tingkat tinggi) :D Lalu jika ketemu jalan aspal namun rada becek karena habis hujan pantengi kecepatan kendaraan cukup 40kph saja. Kondisi terakhir jika bertemu jalan setengah kering setengah basah batasi menggeber motor hanya sampai 60kpj.
  • Saat hujan deras boleh terobos jalanan namun kecepatan dibatasi 60kpj saja. Saat hujan benar-benar deras, motor jadi seperti disiram sehingga tidak mengapa digeber 60kpj. Kenapa harus dibatasi kecepatan 60kpj, alasannya adalah di kecepatan rendah seperti itu cipratan air/kotoran dari putaran roda tidak sampai naik hingga ke bagian atas motor seperti spatbor, fairing (bagi bebek), jok dan seterusnya ke atas. Namun kalau velg, lengan ayun terlihat kotor akibat hujan itu masih dimaklumi, yang penting bagian fairing ke atas tetap terlihat bersih.
  • Berikutnya dalam berkendara di jalanan becek/hujan usahakan jaga jarak dengan kendaraan di depan. Tujuannya sudah pasti agar terhindar dari cipratan roda kendaraan di depannya.
  • Tips terakhir sesampainya dari pulang kerja, di rumah sempatkan waktu untuk menyirami motor dan bilas dengan busa pembersih. Tidak perlu sabun cukup air dan busa saja untuk membuang kotoran-kotoran yang menempel di motor. Pengalaman EYD hanya butuh waktu 15 menit untuk siram dan bilas motor sehabis terkena hujan. Jika tidak sempat karena letih sehabis pulang kerja, bisa dicoba bilas esok pagi sebelum berangkat kerja kembali, hanya 15 menit :D

Itu saja tips ringan dari EYD untuk ,menjaga kebersihan tunggangan kita di musim hujan. Namun semuanya balik lagi ke orangnya, kalau gak cinta motor ya pasti cuek, tapi bagi yang sayang dengan kendaraannya pasti bener-bener dirawat dan dijaga kebersihannya.

Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

This entry was posted in Riding Experience and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Tips Tetap Bersih Berkendara di Musim Hujan

  1. merahjago says:

    klo cuma bilas trus lap, lama2 body baret alus om….

  2. faiz says:

    iya. aku setiap hari ingin slalu kelihatan bersih motorku.
    tiap hari. walau nggak kena ujan, pasti di lap pakai kit,apa lagi kalo kena ujan, pasti rela mengorbankan waktu untuk membersihkan motor sampai kinclong. dari atas sampe bawah, kiri kanan, depan belakang, semuanya deh…
    apa benar, jika terlalu sering mengelap motor dengan cairan pembersih (kit, noisy, ZR, pledge, dll) dapat membuat cat motor pudar?
    sekian.. di tunggu kiriman tentang NJMX strada EYD. tunggangan saya juga NJMX, jadi seru kalau lihat tis-tips tentang NJMX.

  3. behah says:

    yang penting wangiiii bro..motor bersih body kita P
    juga harus wangiiiii heehehhe

  4. exowin says:

    Mau tanya gan,…setelan karburator NJMX saya patah posisi pas nutup mentok abis,..kira2 bisa diakalin gak …soalnya sy tanya sparepartnya di tangerang bengkel resmi belum ada yg jual…thank;s ya

  5. Lukman says:

    Paling efektif memang pake spons,,, kalo cuma disiram pake air bertekanan cuma ngilangin tanah doang, nanti kalo udh kering kotor lagi,,,

    Kalo di rumah ane selalu siao water washer (air bertekanan tinggi), cukup waktu 15 menit untuk cuci motor bersih,,, tentu aja gk perlu teliti, karena yg namanya musim hujan, habis dicuci juga kotor lagi,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *