[Hari Terakhir] Uji Kompetensi RPL SMKN 1 Kota Bekasi 2012

Kemarin tanggal 22 Februari merupakan hari terakhir pelaksanaan Uji Kompetensi SMK Negeri 1 Kota Bekasi untuk jurusan RPL. EYD bersama wakill industri lainnya (ASACREATIVE) hadir sebagai tim assesor.

Kegiatan selama 3 hari berlangsung lancar dan tertib, sejak hari kedua sudah mulai tampak hasil dari beberapa siswa. Mereka adalah 4 orang yang sebelumnya pernah magang di ASACREATIVE.

Materi RPL untuk kelas ini EYD nilai tampak ada peningkatan, bisa dilihat hasil web siswa rata-rata sudah menerapkan JQUERY. Siswa EYD perhatikan sudah terampil menggunakan JQUERY, salah satu standar dalam era Web 2.0 saat ini.

Last uji kompetensi praktik sudah selesai, ujian selanjutnya siswa akan mempersiapkan diri menghadapi uji kompetensi kejuruan untuk teori. Menurut Pak Wahyu selaku Kepala Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, anak-anak sering mendapat nilai kurang memuaskan dalam ujian teori. OK dari EYD berpesan ilmu RPL tidak hanya sampai disini, timbulkan rasa penasaran agar semangat menggali ilmu lebih dalam, itu jika siswa nanti ingin serius menjadi seorang programmer handal.

Diluar konteks uji kompetensi kemarin, ada sedikit catatan positif yang EYD lihat di sekolah ini. Pertama setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, siswa diminta untuk membaca Al-Quran terlebih dahulu walau hanya 1 ‘ain. Dan sehabis sholat Zuhur berjamaah, selalu ada ceramah 7 menit menyampaikan ayat-ayat Al-Quran walau 1 ayat. EYD tidak tahu apakah sekolah-sekolah  lain sudah atau ada yang menerapkan kebiasaan positif ini, tapi EYD sangat mengapresiasi kebiasaan ini dan berharap bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lain.

This entry was posted in Internet Networking. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *