Konsumsi BBM New Jupiter MX Setelah 1 Tahun Pemakaian

Konsumsi BBM MX

Pengunjung blog yang setia, seperti janji EYD terdahulu terkait artikel pertama tentang pengukuran konsumsi bahan bakar New Jupiter MX, baru hari ini EYD sempat untuk melakukan pengukuran. Metode yang digunakan kali ini mirip yang dilakukan blogger lainnya ala anak jalanan namun pengetesan yang EYD lakukan lebih menggambarkan bagaimana realnya konsumsi BBM New Jupiter MX dalam kemacetan Jakarta.

Sebelumnya EYD mo ceritakan dulu spesifikasi tunggangan harian MX EYD. Kurang lebihnya membawa boncenger (Nyonya) + Box Givi dengan beban -/+ 3kg jadi total berat kendaraan keseluruhan 55+47+3 = 100kg. Sedangkan untuk spek motor lainnya semuanya masih standar, ban depan dan belakang masih bawaan sejak baru.

Konsumsi BBM MX

OK tadi pagi sewaktu berangkat kerja setelah antar Nyonya singgah dulu ke pom bensin di kawasan Menteng Jakarta Pusat. Kilometer di Speedo menunjukkan angka 26967,8. Sedangkan jarum menunjukkan bensin masih tersisa kurang lebih 0,8 liter. Ya udah EYD isi full tank dan minta struk. Tercatat bensin sebanyak 3,15 liter masuk ke tangki hingga meluber, jika dirupiahkan adalah Rp. 14.175,-

Konsumsi BBM MX

Lanjutkan perjalanan seperti biasa melewati daerah Rasuna Said, hingga ke Kuningan Barat menuju kantor di Gedung Cyber. Alhamdulillah perjalanan tidak terlalu macet, riding modenya santai kecepatan maksimal bervariasi antara 60-70km per jam.

Sorenya EYD melanjutkan perjalanan pulang melewati jalur yang sama Rasuna Said, Menteng, Gondangdia lalu menuju Salemba. Alhamdulillah jalanan juga mendukung tidak terlalu macet. Hanya tersendat 5 menit mulai dari stasiun Gondangdia hingga ke RSCM Salemba. Kemudian jalur Jatinegara hingga Kampung Melayu, Cawang, Halim Perdana Kusuma lancar jaya. Pada saat ketemu trek lurus di Halim kecepatan dinaikkan sedikit maks. 80kpj. Saat memasuki Kampung Makasar hingga akhirnya sampai di Cibubur kecepatan bervariasi normal kembali antara 60-70kpj.

Konsumsi BBM MX

Sesampainya di pom bensin Cibubur setelah melewati Cibubur Junction EYD mampir untuk kembali isi full tank. Jepret kamera sebentar kilometer on speedo menunjukkan 27014,4. Langsung antri dan minta isi full tank, tidak lupa struk EYD minta. Tercatat untuk kembali full tank, bensin yang masuk ke tangki kurang lebih 1,052 liter, jika dirupiahkan menjadi Rp. 4.734,-

OK setelah beres, EYD coba berhenti sebentar di area parkiran SPBU dan menghitung konsumsi BBM hari ini. Kita hitung jarak yang sudah ditempuh yakni:

27014,4 – 26967,8 = 46,6km

Jadi untuk menempuh jarak 46,6km konsumsi BBM MX hanya 1,052 liter atau 1 liternya sama dengan 44,3km.

Kesimpulannya alhamdulillah New Jupiter MX EYD walau sudah 1 tahun berjalan ternyata tetap irit. Hasil ini beda tipis dengan konsumsi BBM MX sewaktu masih baru yang pernah ditest Kang Taufik yakni sanggup mencapai 46km per liternya.

Sekian ulasan artikel tentang konsumsi BBM dari EYD, janji lunas blas :D Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

17 thoughts on “Konsumsi BBM New Jupiter MX Setelah 1 Tahun Pemakaian

  1. Mau nanya2 nih bro. Di artikel sebelumnya, bro EYD pernah bilang kalo MX Strada udah disetting karbu supaya irit yg menyebabkan topspeed rata2 jadi cuma 70kpj. Yang mau saya tanyain, waktu pengetesan konsumsi bensin, apakah masih pake settingan irit, atau settingan udah dikembaliin ke kondisi normalnya?
    Pertanyaan kedua. Setau saya, kompresi Jupie MX itu tinggi (kalo ngga salah 10.9:1), jadi harusnya pake pertamax plus. Tapi kayanya sehari2 bro EYD selalu ngisi premium. Apakah selama setahun pemakaian pake BBM premium, ada masalah dengan si MX Strada?
    Thanks sebelumnya :)

    Like

    • wew..pertanyaan yang cukup kritis, thx atensinya. Yup, beberapa hari lagi menjelang jadwal service settingan karburator saat pengetesan kemarin masih sama dengan artikel sebelumnya, masih disetting irit yang pernah EYD klaim sanggup 50km/liter. Tapi menurut analisa awam saya, setelah 2 bulan mungkin setting irit itu sudah mulai bergeser bisa disebabkan karburator mulai kotor, dsb.
      Untuk pemakaian premium EYD punya prinsip, gejala menggelitik mungkin terjadi jika mesin digeber terus-terusan di kecepatan tinggi, maka dari itu karna sadar masih minum premium EYD cukup jaga kecepatan maks. hanya 80kpj, tarikan gas dibuat linear tidak sruntulan. Overall sampai saat ini mesin masih tetep halus dan masih bertenaga, itu yang EYD rasakan.

      Like

  2. @EYD
    Oooooh…..ternyata settingan karbu bisa kembali normal dengan sendirinya ya. Saya baru tau. Hehehe…..soalnya terakhir minta di setting irit itu sekitar 1,5 tahun yang lalu. Kalo sekarang mungkin udah balik normal lagi settingannya. Berarti kalo gitu Vega saya termasuk irit ya(masih bertahan di 50 kpl). Thanks buat infonya masbro. Jupie MX emang mantep ;)

    Like

  3. ane pny mx th 09.
    Shari2 pke pertamax,
    Full standar, gapernh setting ulang.
    Dr perhitungan ane tembus 49 km/liter.
    Eco riding, max 70 km/h
    Hehe
    Ane kira trmsuk boros.
    Trnyt uiriit jg y :-)

    Like

  4. kmaren iseng coba tes milleage mx 09 ane(tnp k0pling) met0de top up.
    Stlah muter2 n ngisi full pertamax lg.
    Walah2 trnyt hasil’a 64 km/lt.
    Jauh lbh irit drpd peritungah asal yg 49 km/lt

    Like

  5. jupiter mx thn 2012 dilampung jarang yang pakai…knp apakah boros atau memang gagal diproduksi oleh yamaha

    Like

      • Saya lagi berminat banget ama Jup MX yg baru. Ada rencana mau beli. Tp ada selentingan dr kawan kalo jup MX yg baru ini boros. Padahal minggu kmrn saya ud bnr2 mau beli, tp saya urungkan krn selentingan tadi. Jd gmn ni, info itu bener atau gak? Saya ada d Bandar Lampung, tp saya gk berminat dg motor matic.

        Like

      • Info yang benar itu NJMX lebih irit dari generasi old MX berkat penggunaan karburator vakum. Dengan pemakaian normal (tidak dilambat2in juga tidak dikencang2in) konsumsi bbmnya irit bisa 46km/liter. Punya EYD yg saban hari pake box Givi dan boncengan masih sanggup 43km/liter

        Like

      • Makasih masbro infonya. Dengan pertimbangan BBM pun saya smpet ragu, krn menurut selentingan yg saya dpt (info mgkin blm terpercaya), Jup MX jg mesti pake Pertamax. Sedangkan saya sndiri untuk BBM, masih berminat pake Premium. Krn pertimbangan harga yg cukup timpang. Saat ini saya sedang mempertimbangkan di antara 3 pilihan, Supra-X 125, Jupiter MX & Bajaj Pulsar 180 DTS-i

        Like

  6. MX saya keluaran tahun 2009 bulan 9, dengan jarak tempuh hampir 29000 km. dari kilometer 15000 udah pake knalpot nob1 dengan riding style yg sedikit ngawur, mesin std bgt, udah terbiasa minum pertamax plus dan sampe skrg tenaga dan konsumsi BBMnya masih irit.
    trus nanggapin mx produk gagal td nih. kmaren pas tanggal 6 juni motor saya servis rutin skaligus mau ganti kampas kopling merk racing. nah critanya mulai dari sini, pas dibuka bak mesinnya, mekanik langganan langsung manggil dan menunjukkan keadaan rumah koplingnya, ternyata yg terpasang bukan ori, melainkan satu set rumah kopling merk KTC. ada yang bisa ngasih komentar gag dengan kasus diasta???

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s