Inilah Spesifikasi Lengkap Honda Vario 125 PGM-FI

EYD baru teringat beberapa minggu lalu rekan satu kantor meminta untuk mengulas artikel khusus untuk Honda PCX 125, karena temen EYD tersebut penasaran dengan penampakan spesies motor ini yang jarang di jalanan (katanya). Draft artikelnya sudah EYD susun beberapa paragraf, namun kok rasanya mau melanjutkan artikel itu kesannya “udah basi” ya :D apalagi sejak dengan hadirnya Vario 125 PGM-FI kemarin, maka EYD putuskan untuk mengulas spesies skutik baru AHM ini saja.

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Yup kemarin AHM secara resmi merilis skutik barunya dikelas mid-end yakni Vario 125 PGM-FI. Inilah skutik pertama AHM yang berkubikasi 125cc yang dirakit secara lokal. Berbeda dengan Honda PCX 125 yang murni CBU dari negara Gajah Putih.

Menurut EYD dengan lahirnya Vario 125 PGM-FI ini menambah daftar porto folio produk skutik AHM, yang semakin melengkapi. Sepertinya strategi AHM sudah mulai terbaca dimana terlihat tahun ini ingin tetap menguasai market skutik yang telah berhasil dipegang pada 2011 kemarin. AHM mengisi hampir semua celah segmen skutik yang ada, benar-benar niat :D

Fitur apa saja sih yang didapatkan dari Vario 125 PGM-FI ini, yuk kita beda satu per satu.

Adalah fitur ACG Starter (Alternating Current Generator) fitur yang sudah diperkenalkan melalui varian PCX 125. ACG memastikan proses starter mesin terdengar lebih halus, tidak ada gejala suara “bletak”seperti pada varian-varian skutik Honda yang sering dikeluhkan.

Fitur berikutnya yang sudah menjadi trend saat ini Helm-in pun disematkan pada Vario 125 ini, kapasitasnya mencapai 18 liter. Ini menurut EYD semakin menyempurnakan fungsionalitas Vario yang memang sudah terkenal akan kenyamanannya di mata konsumen.

Kapasitas tangki juga mengalami peningkatan menjadi 5,5 liter, wow sudah pasti menambah kemampuan jelajah skutik Vario ini lebih jauh. Tampilan dashboard rupanya juga mendapat sentuhan AHM, yup kombinasi panel analog dan panel digital ini EYD nilai AHM cukup smart. Tak lupa headlamp sudah mengaplikasikan sistem AHO (Automatic Headlight On)

Berikutnya ke bagian bawah dashboard, pada fitur kunci SKSnya ada tambahan tombol serba guna untuk membuka jok tempat duduk, cakep.

Terakhir yang menjadi fokus dari seri Vario 125 PGM-FI ini adalah teknologi injeksi PGM-FI yang dilengkapi dengan eSP (Enhanced Smart Power) yang memiliki keunggulan dalam performa dan efisiensi bahan bakar di kelasnya (125cc). Pabrikan mengklaim akselerasi Vario 125 ini sanggup menempuh jarak 200 meter hanya 12,8 detik, wew..hal ini kudu perlu dibuktikan oleh media maupun blogger (race logic mode on) :D konsumsi bahan bakarnya paling efisien di kelasnya yang mana 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40).

Untuk spesifikasi teknis lainnya EYD lampirkan (nyomot dari situs welovehonda, sementara situs AHM masih maintenance).

  • TECHNO
    CBS
    Tipe mesin
    :
    4 langkah, SOHC pendinginan dengan cairan
    Diameter x langkah
    :
    52,4 x 57,9 mm
    Volume langkah
    :
    124,8 cc
    Perbandingan kompresi
    :
    11,0 : 1
    Daya maksimum
    :
    11,3 PS / 8500 rpm
    Torsi maksimum
    :
    1,1 kgf.m / 5000 rpm
    Kopling
    :
    Otomatis, sentrifugal, tipe kering
    Starter
    :
    Pedal dan elektrik
    Busi
    :
    ND U22EPR-9, CPR7EA-9
    Sistem Bahan Bakar
    :
    Injeksi (PGM-FI)
  • TECHNO
    CBS
    Kapasitas tangki bahan bakar
    :
    5,5 liter bahan bakar
    Kapasitas minyak pelumas mesin
    :
    0,8 liter pada penggantian periodik
    Transmisi
    :
    Otomatis, V-Matic
  • TECHNO
    CBS
    Aki
    :
    12 V – 5 Ah (tipe MF)
    Sistem pengapian
    :
    Fulltransisterize, Baterai
  • TECHNO
    CBS
    Panjang x lebar x tinggi
    :
    1,904 x 689 x 1,103 mm
    Jarak sumbu roda
    :
    1,281 mm
    Jarak terendah ke tanah
    :
    128 mm
    Berat kosong
    :
    112 kg
  • TECHNO
    CBS
    Tipe rangka
    :
    Tulang Punggung
    Tipe suspensi depan
    :
    Teleskopik
    Tipe suspensi belakang
    :
    Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
    Ukuran ban depan
    :
    80/90 – 14 M/C 40P
    Ukuran ban belakang
    :
    90/90 – 14 M/C 46P
    Rem depan
    :
    Cakram hidrolik dengan piston tunggal
    Rem belakang
    :
    Tromol
    Sistem Pengereman
    :
    Tromol
    Combi Brake System (CBS)

21 thoughts on “Inilah Spesifikasi Lengkap Honda Vario 125 PGM-FI

  1. mau nanya nih,,emang bedanya yang cbs sama non cbs hanya d rem nya aja?
    atau kaya vartec yang dulu beda di lock sama catnya juga?

    Like

    • iya harus minum pertamax karena sudah kompresi tinggi (seperti MX), tapi jika gaya riding mas bro gak suka high rpm, masih toleransi minum premium, gejala menggelitik terjadi kalau minum premium dibawa high rpm terus menerus

      Like

  2. Jarak terendah ke tanah 128 mm sama dengan spacy, dulu spacy banyak komplain sering terkena polisi tidur apakah vartec 125 akan mengalami hal yang sama?

    Like

  3. udah inden hampir sebulan.pesannya cbs warna putih..orang dealer malah nyodorin warna lain ..katanya kalau masuk bulan juni uang mukanya harus 30%..ngarangyah?

    Like

    • @Sae
      Memang EYD mendengar banyak indeners di beberapa dealer karena membludaknya potensial buyer dari Vario 125 ini. Juni atau Juli besok memang akan dimulai ketentuan baru minimum DP 25% mas. Saran EYD untuk Vario 125 gak usah pilih warna kalo gak mo kena inden, Mei ini batas akhir DP super murah digelontorkan beberapa dealer untuk menggenjot penjualan.

      Like

  4. Terus terang saya tertarik banget dengan Vario 125, apalagi bagasinya lega. Namun satu hal yang sangat mengganggu adalah ‘fitur’ AHO (Lampu depan nyala sendiri). Saya tidak memerlukan lampu ON setiap saat, lagian aturan lampu menyala tidak berarti lampu harus terus-menerus nyala dan tidak bisa dimatikan alias TIDAK ADA TOMBOL SWITCH ON/OFF.

    Saya nunggu yang lampunya bisa dimatikan. Salam

    Like

  5. Om EyD , boleh tanya gaa ???
    kalo NJMX gamau ngelitik dipake kebut terus pake premium , harus gimana yaa ? apa harus dikasih penambah oktan ??

    Like

  6. aq pake vario 125 pgmfi cuman kok gak bisa lari ya, tarikan jg super lelet klo udah diatas 40 km / jam udah 2 kali aq serviskan ke dealer gak sembuh2 bisa bantu bro?
    biar ga perlu q di lembiru (lempar ganti yang baru….)

    Like

  7. Cika
    Seperti yg udah ane terapkan pd motor vario cbs pgm fi
    Sebelumnya motor ane juga ama punya kmu
    Molor dn males klo buat melaju dg kisaran 40 ke atas..dah ane bawa ke deler juga gk da prubahan..kmudian ane coba sendiri dg ganti busi racing.. skarang dah siap balapan sampe gas mentok gk molor lgi..itu aja pengalaman yg ane alami dg motor vario cbs 125 pgm fi ane trim….

    Like

  8. permsalahan ini sepertinya baru – baruaja di blowup .. padahal pendahulu2nya yang sebelumnya ga pernah ada masalah dengan bahan bakar..padahal sama2 PGM FI .. sperti di supra X 125 ga ada masalah tuh.. em.. mungkin ini karena edukasi yang begitu luar biasa diterima sehingga membuat konsumen lebih sensitif

    Like

  9. Betul tu mas bro….vario 125 pgm fi ini pastinya lbh spesial dr saudara sblmnnya…karena dia meski cc lbh besar tp krn sdh fi jd lbh irit (di kelasnya pasti ) krn memiliki pengaturan konsumsi bahan bakar…tp krnn kompresinya jg cukup gede tu makanya hrs mengguna- kan bahann bakar yg kadar timbalnnya jg kecil…supaya performa tetep ok kan?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s