Review Gadget.. 3 Bulan Bersama Samsung Galaxy Y

Well tak terasa gadget yang mulai menemani kantong EYD sejak akhir tahun lalu hingga kini sudah memasuki 3 bulan. Umurnya belum seberapa memang dibanding hp motorola sebelumnya yang setia menemani EYD kurang lebih 2,5 tahun. Namun bagi EYD hp Samsung Galaxy Y ini bener-bener maksimal bisa menunjang aktivitas EYD.

Sebenarnya waktu itu tidak ada rencana ganti hp, tapi mengingat kebutuhan untuk menunjang pekerjaan (whatsapp, email) dan juga aktivitas menulis di blog (Camera + WordPress) maka dengan berat hati hp motorola yang masih berfungsi dengan baik EYD lepas dengan harga tak seberapa :( dan digantikanlah dengan Galaxy Y ini.

EYD beli gadget ini bukan karena membaca review-review atau googling, tapi langsung interest aja dengan harga segitu namun fiturnya wah alias value for money banget nih hp. Apa saja yang menurut EYD wah? Pertama dari sisi OS sudah menggunakan versi Android terkini  versi 2.3 (Gingerbread). Didukung prosesor 830 MHz ARMv6 akselrasi layar sentuhnya cukup cepat. Untuk komunikasi data sudah didukung jaringan HSDPA 7.2 Mbps, walaupun tidak pernah terpakai maksimal karena EYD hanya berlangganan paket unlimited GAUL Indosat dengan batas kecepatan hanya 384Kbps.

Dengan ukuran layar 3 inch bagi EYD ini adalah hp dengan layar terlebar yang pernah EYD miliki (ndeso) :D yup cukup puas dengan tampilan lebarnya saat digunakan untuk browsing maupun memutar video. Banyak rekan yang bilang saat awal-awal pakai “itu IPhone ya? :D hehehe..diakui secara bentuk memang cukup slim seperti IPhone.

Saat membeli dalam paketan sudah termasuk kartu memori sebesar 2GB, namun karena ada beberapa kali respon lemot padahal sudah beberapa kali kartu memori tersebut diformat, EYD ganti dengan kartu memori dari hp lama sebesar 512MB. Walau tergolong kecil untuk seukuran sekarang, tapi bagi EYD cukup karena tidak terlalu banyak menyimpan data-data besar seperti MP3, MP4. Dan benar sampai sekarang baca tulis ponsel ke kartu memori lancar jaya.

Fitur berikutnya yang menarik bagi EYD adalah tersedianya fitur GPS. Awal-awal pakai EYD jahil banget dengan gadget ini, langsung dipasang aplikasi UlysseSpeedometer terus demen banget melakukan testing akurasi spedometer New Jupiter MX, ternyata simpangan speedometer MX cukup baik tidak lebih dari 10% (baiknya diulas di artikel tersendiri ya bro). Namun mulai kesini GPS sudah jarang EYD pakai lagi.

Berikutnya yang tak ketinggalan adalah fitur Wifi yang sudah menjadi standar smartphone jaman sekarang. Dengan Wifi pada Samsung Galaxy Y ini cukup membantu EYD dalam melakukan akses internet baik di rumah (pasang access point) maupun jika sedang berada di kantor. Hebatnya untuk Galaxy Y ini (mungin semua seri galaxy-nya Samsung) Wifinya bisa diset tethering alias bisa dijadikan hotspot, so bisa berbagi koneksi internet dengan hp atau komputer lain lewat jaringan wireless.

Nah untuk kamera EYD nilai dengan resolusi 2MP, hasilnya untuk jepret-jepret objek di outdoor tidak mengecewakan, bahkan menurut EYD dibandingkan kamera Nokia C3 yang sama-sama beresolusi 2MP, hasilnya masih bagusan milik Galaxy Y ini. Begitu juga untuk video recordingnya, kualitasnya mumpunilah untuk melakukan dokumentasi test ride ala blogger :D

Lalu bagaimana dengan kekurangan gadget satu ini di mata EYD. Yaap.. mungkin sama dengan pengguna Galaxy Y lainnya,  keluhannya hanya pada kapasitas baterenya yang cukup terbatas kalau tak mau dibilang boros :) Mosok harus ngecharge antara 1-2 kali dalam sehari jika GPRS aktif. EYD pernah harus charge 3x dalam sehari karena ekstrim menggunakan semua fitur (GPS/WIFI/GPRS/Camera) pada suatu hari secara intensif. Hm..sayang EYD belum menemukan batere kompatibel lain yang memiliki kapasitas besar (2000an mA) Kalau Blackberry EYD sudah sering temukan di kaskus dijual batere kompatibel BB yang memiliki daya lebih besar. Apakah mas bro ada yang punya info jual batere kapasitas besar untuk Galaxy Y?

Ini saja dulu sharing pengguna Galaxy Y yang bisa EYD sampaikan, sebenarnya ada lagi yang mo digali dari Galaxy Y ini, tapi artikel sudah kepanjangan. Overall Samsung Galaxy Y menurut EYD adalah recommended gadget yang layak dipilih untuk pribadi yang mengutamakan kecepatan akses internet dan kemudahan sistem terbuka Android,  hp ini cukup value for money pokoknya, belum ada keluhan berarti selama pakai. Monggo dikomentari.

This entry was posted in Artikel Religi, Gadget and tagged , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Review Gadget.. 3 Bulan Bersama Samsung Galaxy Y

  1. wAW… Racun neh xixixixi… harganya sekarang berapa ya … #lihatmajalahPulsa

  2. RACUNN…RACUNNNNNNN……………

  3. keracunan juga kau mas. . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  4. ups salah

    aku juga keracunan :mrgreen:

  5. raya says:

    mosok dikasih memori 2gb lemot? lha mini pro saya dikasih 32gb asik aja..

  6. crussackscube says:

    nambahin satu lg mzbro,.. :D samsung galaxy y ini cepet overheat*,.. banget malah,..

    *kalo dipake gprs,gps,wifi, atau trlalu banyak aplikasi yang dibuka, satu lg,.. cepet panas juga kalo lg di charge,.. :D

  7. Virua says:

    review lg dunk samsung galaxy Y ini, kelebihan dan kekurangan ny apa secara lebih mendalam

  8. Aldo says:

    Hallo EYD,

    Reviewnya keren :) Senin ini gw bakal dikirimin 1 Samsung Galaxy Y CDMA nih, moga aja gk mengecewakan yah :(

  9. ivan says:

    Bru brp hari galxi y gue gak ada geternya

  10. Razzu says:

    Gan Galaxy Y ane ..
    Gyro Sensor nya error jadi pas main game NFS Shift nih misalnya..
    Ane kan hapenya udah dimiringin ke kanan ..
    Ini malah belok ke kiri terus..
    Mohon bantuan nya ^^

  11. maiiraden says:

    samsung galaxy y ane error gan,
    tiap ngisi pulsa yang 5rbu g pernah masuk, minimal yang 20rbu baru masuk :D :D
    kidding bro

  12. yasir says:

    eyd ,kalok boleh tau ,knapa layar pada samsung youngku warna putih, padahal baru aja di beli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *