Kombinasi Sempurna Perlengkapan Hujan ala EYD


Pic: traveladik.com

Mohon maaf kalau EYD belum menemukan judul yang pas buat artikel ini, namun kurang lebihnya dalam artikel ini EYD hanya ingin sharing pengalaman nikmatnya berkendara motor di kala hujan. Nah loh kok nikmat? yang ada mah kalau hujan orang malah ribet, neduh dulu, lepek, dll :D

Mengambil pengalaman selama EYD berkendara dengan New Jupiter MX (notabene motor bebek) EYD sudah menemukan kombinasi sempurna bagaimana semestinya perlengkapan yang harus ada dan dibawa untuk menghadapi musim hujan yang semakin tak menentu seperti sekarang. Adapun perlengkapan yang EYD sebutkan disini tidaklah langsung brek EYD sediakan pada saat bersamaan, namun dibeli secara bertahap sambil mempelajari apakah perlengkapan yang dipilih sudah pas untuk menunjang aktivitas riding di kala hujan agar didapat kenyamanan maksimal. Jadi sudah melalui try and error sebelumnya :D

OK kita coba mulai break down satu per satu apa saja sih yang kudu  ada di motor  mas bro semua agar siap menghadapi musim hujan? Ini dia bro.

1. Box Givi

Ini sudah pasti mas bro tau buat apa, tak lain tak bukan sangat berguna untuk membawa barang-barang bawaan seperti tas rangsel, jas hujan, safety gear, dll. Syaratnya agar mas bro nyaman menggunakan Box, pastikan braketnya yang kuat dan berkualitas agar Box bisa kokoh terpasang pada motor. Untuk pemilihan Box EYD rekomendasikan Givi E33, karena secara ukuran dan bentuk adalah yang paling pas buat motor bebek.

2. Jas Hujan

Nah ini yang paling penting dan utama, khusus untuk jas hujan ntah kenapa EYD sekarang lebih nyaman dan cucok dengan model ponco. Loh bukannya itu gak aman? Ternyata masalah aman gaknya itu relatif bergantung jenis motor dan cara memakainya mas bro. Jas hujan yang EYD pilih adalah model ponco yang bertangan, jadi lengan mas bro akan tertutupi dengan sempurna jika menggunakan model yang ini. Untuk masalah keamanan, EYD sudah cek dengan seksama, bagian bawah jas hujan aman dari area rantai motor. Dan cara pakainya harus benar, kancing dari jas jangan dilepas, bagian bawah belakang jas hujan cukup diduduki maka jas hujan pun beres tidak berkibar-kibar ala Batman. Kenapa sih EYD pilih jas hujan model seperti ini,  ada alasannya tentu mas bro. Yaitu dengan model ponco seperti ini bisa berfungsi ganda yakni melindungi tas boncenger yang ditaruh di depan dek motor :D, maklum kesehariannya motor MX Strada lebih banyak berboncenger berangkat dan pulang kerja. Kalau tas Nyonya ditaruh juga di Box belakang, takut overweight karena sudah penuh muatannya, maka dari itu saya letakkan di posisi dek depan.

Ohya EYD hanya mengenakan jas hujan untuk bagian atas saja, tidak menggunakan jas hujan tambahan untuk celana seperti pada gambar dengan pertimbangan jas hujan model ini sudah efektif menutupi area kaki bagian paha sampai lutut. Nah loh celana tak tertutupi dunk saat hujan? Tenang mas bro, ada perlengkapan lain yang bisa menghandle itu.

3. AP Boots

Yup inilah sepatu yang cukup membantu EYD nyaman berkendara di kala hujan menutupi bagian bawah kaki. Dengan model boots yang tinggi cukup efektif menutupi area kaki dari siraman hujan. Tapi tunggu dulu, dari pengalaman EYD riding saat hujan, walau sudah menggunakan sepatu boots, namun hujan bisa membasahi area kaki di bawah lutut saat kaki turun memijak aspal karena motor berhenti. Untuk mengakali ini, EYD pakai perlengkapan tambahan yakni knee protektor.

4. Knee Protektor

Mau kaki turun ke aspal beberapa kali saat hujan, celana tetap terlindungi. Dengan menggunakan knee protektor otomatis menambah percaya diri saat berkendara hujan dimana jalanan lebih licin, sewaktu-waktu tergelincir kaki sudah aman terproteksi lebih awal.

5. Glove (Sarung Tangan)

Dan yang terakhir adalah pemakaian sarung tangan, untuk hujan sediakan sarung tangan yang menutupi seluruh jari-jari tangan agar tidak kedinginan kala riding malam kehujanan.

Last dengan 5 perlengkapan di atas dijamin mas bro bisa lebih nyaman dan siap menghadapi hujan yang deras sekalipun. Bagaimana dengan kombinasi perlengkapan jas hujan milik mas bro? Mungkin ada yang lebih baik lagi dari ini, monggo dishare.

This entry was posted in Dunia Motor, Safety Riding and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Kombinasi Sempurna Perlengkapan Hujan ala EYD

  1. kram97 says:

    gan glove foxnya bisa dibeli dimana tuh? n apa serinya? thanks..

  2. zulfauzi says:

    wah cuma bisa beli jas hujannya doank, hehe :D

    titip jemuran ya, bentar lagi hujan soalnya :
    http://zulfauzi.blogspot.com/2012/01/bikin-cas-aki-sendiri.html

  3. Stenly Purba says:

    knee protectornya beli di mana tuh gan? berapaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *