Pentingnya Olahraga dan Mengkonsumsi Juice bagi Seorang Biker

Rutinitas keseharian kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari baik sebagai pelajar, pekerja dan profesi yang lain tak terasa berjalan terus menerus dari Senin hingga Jumat, dibreak oleh weekend dan setelah itu ketemu Senin lagi.

Well bagi seorang biker yang kesehariannya mengendarai sepeda motor dalam rangka menunjang aktivitasnya sudah pasti cukup terkuras baik tenaga, maupun pikiran karena dituntut untuk konsentrasi dalam memacu kendaraannya.

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Ada ungkapan “lama-lama berkendara dalam kemacetan bisa-bisa tua di jalan”. Nampaknya ungkapan itu masuk akal dan akan cocok jika melihat kondisi lalu lintas di kota-kota besar khususnya Jakarta yang syarat dengan kemacetan. Dalam situasi kemacetan sangat mudah bagi kebanyakan pengendara motor mengalami stress, menghirup asap kendaraan lain, kecapean maupun emosi kemarahan yang sering diluapkan ditengah semrautnya jalanan kota-kota besar.

Dengan kombinasi keadaan seperti yang sering dihadapi di atas dan dalam waktu cukup intens terjadi, sangat gampang untuk dibaca bagaimana nantinya grafik kesehatan para pengendara motor bakal menurun.

Ironis memang dimana motor adalah satu-satunya alat transportasi yang memiliki keunggulan mobilitas yang tinggi, namun tanpa kita sadari sangking terlenanya kita dalam rutinitas berkendara sepeda motor setiap hari tak terasa daya tahan fisik kita semakin menurun kalau gak mau dibilang tua sebelum waktunya.

Dengan kenyataan ini adakah kiat-kiat yang bisa dilakukan seorang biker agar tidak terkena dampak negatif dari rutinitas bermotor di lingkungan yang semakin tidak sehat ini?

EYD bukanlah ahli dalam bidang kesehatan, namun dari banyak membaca referensi-referensi di Internet tentang menunda penuaan dini (caelah) :D EYD coba sajikan dalam artikel ini dikaitkan dengan objek pengendara motor.

1. Olahraga secara rutin berkesinambungan
Memang diakui dari padatnya kesibukan setiap hari, sebagian besar pengendara motor mungkin tak terpikirkan untuk meluangkan waktu berolahraga, bahkan saat weekendpun bisa jadi si enthusiast pengendara motor malah dihabiskan untuk kegiatan touring dengan alasan untuk refreshing. Idealnya sisakanlah waktu setidak-tidaknya 1 hari di akhir minggu untuk berolahraga ntah itu lari pagi, ikut badminton di lingkungan RT/RW, Futsal, dll. EYD alhamdulillah bisa menyisihkan waktu sekali seminggu olahraga badminton bersama rekan-rekan sekantor.

2. Konsumsi Juice setiap hari
Well tubuh yang segar secara awam bisa kita simpulkan adalah tubuh yang asupan vitamin C-nya mencukupi. Vitamin C itu notabene bisa didapat dari buah-buahan. EYD cuman kasih saran ketimbang buang-buang duit 10-12rb buat rokok (alhamdulillah EYD tidak termasuk perokok) lebih baik buat mengkonsumsi juice minimal 1x sehari.

3. Perbanyak minum air putih saat berkendara jarak jauh.
Yup air putih seperti sudah diketahui banyak faedahnya bagi kesehatan, dianjurkan jika berkendara lebih dari 2 jam agar lebih sering minum air putih.

4. Ubah cara berkendara
Seperti disinggung di awal, mengendarai sepeda motor itu menuntut tenaga dan pikiran untuk tetap konsentrasi mengendalikan laju sepeda motor kita. Dari sini saja sudah terlihat bahwa resource yang ada pada tubuh terpakai banyak saat kita mengendarai motor. Jadi dengan memperhatikan ini janganlah menambah beban tubuh dengan cara ekstrim berkendara seperti kebut-kebutan,sruntulan. Lebih baik mas bro berkendara secara lebih tenang, sabar terhadap pancingan pengendara lain, lebih sabar dan patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.

5. Gunakan masker dan helm fullface
Debu dan asap kendaraan di jalanan bisa membunuh mas bro, berawal dari gejala paru-paru yang terkontaminasi karena terus-terusan menghirup debu dan asap secara terus menerus. Terakhir gunakan helm fullface agar wajah terlindung dari kotoran-kotoran  yang lalu lalang di jalanan. EYD pernah mendengar cerita teman, bahwa ada pengendara motor yang matanya seperti kemasukan sesuatu saat berkendara, lalu dikucek-kucek, semakin dikucek semakin gatal, di akhir cerita sampai masuk rumah sakit ternyata matanya menjadi buta dan mengeluarkan nanah karena virus dari kotoran yang masuk ke mata tersebut…cukup mengerikan mendengarnya.

Wah artikel dinihari sudah kepanjangan, EYD coba share sampai sekian dulu. Monggo jika pembaca bisa menambah tips-tips lainnya.

Posted from WordPress for Android

This entry was posted in Dunia Motor. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *