Perihal Spot Putih pada Stoplamp Belakang New Jupiter MX

Membaca artikel di warung mas IWB hari ini, EYD coba kasih analisa pelengkap untuk menjelaskan penyebab timbulnya spot putih pada stoplamp belakang New Jupiter MX. Kebetulan MX Strada milik EYD juga mendapatkan hal yang serupa sejak lama.

Menurut EYD spot putih yang timbul di mika stoplamp belakang itu bukan karena goresan atau benturan benda lain dari luar. Spot putih itu jika diperhatikan dengan seksama berada di bagian dalam. Desain spotlamp MX ini menerapkan mika putih (transparan) pada bagian luar yang menempel dan melindungi mika bagian dalam yang berwarna merah.

Ada 2 kemungkinan yang EYD tangkap setelah memperhatikan dengan seksama area spot putih tersebut. Pertama mungkin karena gesekan antara mika luar (berwana putih) dengan mika bagian dalam (berwarna merah) karena getaran kendaraan saat melaju. Gesekan-gesekan antara mika tersebut menghasilkan debu yang terperangkap di dalam (tidak buyar).

Penyebab yang kedua bisa jadi karena panasnya lampu berpusat pada ujung pertemuan dua mika yang kebetulan bentuknya seperti tulang (mas bro bisa lihat ada 5 tulang di dalam gambar stoplamp).

Desain stoplamp seperti ini bisa ditemukan juga pada model Vario Techno dan New Blade 110, tapi spot putih tidak ditemukan pada keduaya, mungkin karena perbedaan bentuk desain. Untuk mengungkap rasa penasaran EYD dan mungkin para pengguna NJMX, EYD coba tanyakan hal ini ke Pak Abidin selaku Assistant GM Technical Yamaha. Stay tuned.

Info update dari Pak M. Abidin via SMS ke EYD:
Biasanya pegangan yang di kiri kanan yang ada karetnya dibiarkan lepas…
Karena tail light (lampu belakang) harus ada free play, agar bohlam tidak gampang putus….
Biasanya disebabkan rear fender tertabrak pengendara lain dari belakang, membuat pegangan tersebut terlepas…cuma dibiarkan oleh pemilik MX. Jadi vibrasinya kebesaran sehingga terjadi spot putih (bekas gesekan)

23 Comments

  1. mas mau numpang tanya klau mx baru dpke 3thn tp kilometer sdh mncpai 50000 km lbh ap yg hrus kia lakukan mas????trun mesin kah atau ad problem pd diasil cylinder & forged pistonnya mas????tlong pncrhannya mas…trus gmn grnsi kdua part tsb mas????

    NB : ” pmkaian krj styap hari +/- 50km/hari ”
    Trimakasih….

  2. Sama, saya punya NJMX baru satu bulan, tadi pagi iseng2 lihat, eh ternyata sudah ada walau masih kecil. Sementara saya lihat NJMX di parkiran motor tempat ane kerja, eh ternyata ada juga. Ada tidak ya solusinya????

    Kalau membaca SMS Pak M. Abidin ke EYD : “Biasanya disebabkan rear fender tertabrak pengendara lain dari belakang”, ini sama sekali TIDAK benar. Motor saya blm pernah (mudah2an tidak) di tabrak dari belakang, tetapi tuh warna putih muncul sendiri, bagaimana nih???

  3. cara untuk menghapus spot putihnya,bongkar aja dulu mika putihnya,truz tnggal d brsihkan dgn kain tuh spot putihnya…
    spot putih tuh cmn kyak debu yg menempel….

  4. Bung Hendrik, tolong bantuan teknisnya. Untuk ngilangin spot putih di lampu belakang bagaimana. Karena suatu kali saya bawa ke tempat aksesoris, mereka tidak tahu (bingung) bagaimana cara menghilangkannya. Saya dah bilang, di pasang scotlite bening. Tetapi mereka ttap bingung. Btw, punya Bung Hendrik ada spot putihnya tidak???

    Kalau ngikuti instruksi @andrie di atas, apakah bisa kita lakukan sendiri tanpa dikerjakan oleh orang yang sudah profesional???

    Mohon bantuannya.

    • lah baru besok Jumat acaranya :D sekedar clue nampaknya spot putih itu adalah pecahan mika yang terjepit antara mika putih bagian luar dan mika merah bagian dalam, jadi bersihinnya harus dibuka mika luar yang berwarna bening, agak ribet memang

  5. NJMX saya juga ada spot putih.Cara menghilangkannya cukup mudah, tinggal buka mika putihnya lalu cuci, keringkan kemudian pasang kembali..

    • thx bro penjelesannya, kemarin di workshop Yamaha saya juga mendapat pencerahan dari Pak M. Abidin (karena mo bertanya) dan memang seperti itu cara pembersihannya, cuma memang membukanya itu yang cukup ribet bagi sebagian pemakai

  6. klo menurut saya itu embun krena setiap mencuci motor terutama di bagian lampu belakang semakin sering semakin besar pula putihnya seperti punya saya dan cara menghilangkannya dengan mencopot mika dalam dan di bersihkan cukup dengan lap basah saja… [berdasarkan pengalaman]

  7. iyaa mas broo,, punya ane jga ad adi stoplight NJMX.
    cuman mau cobaa bongkarnya ribet banged..
    boleh kasih tips buat buka mikanya..

  8. diganjal aja bagian bawah deket lubang ama ban dalam di potong..sehingga tidak akan terjadi benturan antara mika merah dan putih

  9. setelah melihat titik utama warna merah di spot putih, penyebabnya karena mika merah yang di dalam itu murnya agak kendor sehingga agak jatuh dan ujungnya menyenggol lapisan putih tempat spot putih itu berada. alhamdulillah milik saya tidak ada spotnya, semoga juga tidak terjadi.

1 Trackback / Pingback

  1. Spot Putih di Lampu Belakang NJMX, Bisa di hapus kok,,, | Ki Salim Personal Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.