Byson Merangek Naik, Kue Vixion Tetep Stabil

Well menarik mencermati angka-angka penjualan motor sport Yamaha. Disaat produksi Yamaha Byson sedikit diberi nafas 2x lipat dari produksi sebelumnya berakibat pasar merespon positif dan penjualan Byson pun akhirnya bisa melampui penjualan New Megapro di Q1 2012 ini.

Dugaan beberapa pengamat roda dua khususnya blogger papan atas memang tidak meleset, Byson ini sebenernya cuma ketahan di lini produksi, seandainya digelontori lebih masif penjualannya pasti bisa bersaing dengan NMP, dan ini mulai terbukti.

Bisa dilihat pada tabel penjualan Q1 dibawah (pinjem tabel P2R)

Yang menarik bagi EYD di pergerakan segmen sport kuartal pertama ini adalah begitu tangguhnya Yamaha Vixion dalam penjualan. Disaat adiknya Byson mengalami peningkatan drastis, ternyata tidak serta merta mengambil jatah kue penjualan Vixion, malah cenderung meningkat. Lah kenapa bisa demikian, EYD sinyalir antara Byson dan Vixion memang punya segmen masing-masing, seperti brosis sama-sama tau, Vixion dengan rangka deltabox + sistem pengabutan  injeksi dengan Byson yang menonjolkan kesan kekar ala street fighter.

Bagi Yamaha kedua varian sport tersebut merupakan kombinasi sempurna yang saling melengkapi ekspetasi konsumen rata-rata pecinta motor sport. Lalu kenapa New Mega Pro mulai terlihat tren penurunan penjualannya? Menurut EYD mungkin karena issue si teralis yang menahan potential buyer untuk meminang NMP. Kemungkinan kedua bisa jadi karena desain NMP tergolong biasa-biasa saja dibanding kompetitor, maka waktu titik jenuh di mata konsumen itu lebih cepat datangnya.

Last kesimpulan sementara yang bisa EYD ambil, segmen sport 150cc memang cukup gemuk dan salah satu keberhasilan penguasaan pasar di segment ini adalah keberanian ATPM menciptakan motor yang memenuhi ekspetasi konsumen rata-rata, minimal bisa mendekati. Dan tentunya + dengan harga yang terjangkau bagi sebagian besar kalangan pecinta segmen mid-end sport ini. Akankan si teralis mampu menumbangkan dominasi Vixion, kita lihat saja nanti kalau sudah ada penampakannya :D

Posted from WordPress for Android

This entry was posted in Dunia Motor and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *