Setelah 32.000km pemakaian, kabel kopling NJMX sepertinya sudah perlu diganti?

Well minggu-minggu ini EYD merasakan tarikan kabel kopling manual MX Strada mulai terasa beda. Agak-agak gimana gitu kalau dirasakan seperti ‘krenyet’ ‘krenyet’ saat ditarik. Kilometer di spidometer memang menunjukkan angka yang sudah cukup jauh (32.000km), EYD kira apakah memang sudah saatnya masa penggantian kabel kopling?

Di motor Jupiter MX CW terdahulu punya pengalaman yang gak mengenakan saat pulang kerja di tengah jalan, tiba-tiba kabel kopling terputus. Wah apes, harus nuntun hampir 2 kilometer di jalanan. Syukurnya ada pengendara Vario waktu itu berbaik hati menawarkan dorongan, yo wis akhirnya bisa sampai ke rumah.

Di pengalaman yang lalu EYD lupa saat putus odometer sudah meraih kilometer berapa, dan boleh dibilang saat MX yang terdahulu cara pakainya boleh dibilang cukup kasar. Dimana EYD sering memainkan akselerasi gas dan kopling saat tarik-tarikan (jaman masih jahiliyah) :D

Nah melalui artikel ini EYD sebenernya masih ragu apakah memang sudah saatnya perlu diganti atau bagaimana, mungkin mas bro punya referensi untuk rata-rata motor bebek dengan kopling manual harus ganti setiap berapa puluh ribu kilometer. EYD juga masih penasaran pengen terus jalan dengan kabel lama untuk mengetahui seberapa lama umur kabel kopling MX dengan pemakaian wajar. Monggo dishare pengalamannya mas bro, thanks sebelumnya.

Posted from WordPress for Android

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

9 Responses to Setelah 32.000km pemakaian, kabel kopling NJMX sepertinya sudah perlu diganti?

  1. Novian Agung says:

    Jupi saya dulu, KM 30.000-an udah ganti kabel gas, sampe waktunya dijual belum pernah ganti kabel kopling. LD

  2. Novian Agung says:

    Originally Posted By EYD

    wew..itu kabel gasnya diganti karena putus atau gimana mas?

    Belum putus mas bro, malah sepertinya masih baik-baik saja, tapi anjuran dari mekanik :D

  3. kalau mx lama saya kabel koplingnya putus pada kilometer 45rban dan sejak km 38rban memakai per kopling racing. kalau semakin lama kopling terasa semakin kurang narik, berarti sudah saatnya ganti karena serabut kabelnya sudah banyak yang putus. semoga membantu

  4. irfan says:

    sory sebelumnya gan klo pertanyaan ane di luar topik,ane mau nanya penyebab seal sokbreker belakang new jupiter mx bisa rusak knp yah,soalnya ni malam ane liat ada rembesan oli di sokbreker belakang mx ane,ane yakin seal’nya jebol,cuma aneh aja koq tuh motor br setahun tp udh rusak tuh sokbreker belakang???,niatnya mau ganti sokbreker baru aja,kira2x berapa yah gan??mohon pencerahan gan,mx ane sama kaya punya agan hanya beda warna..

  5. alim says:

    @irfan
    kerusakan mungkin karena terlalu menahan berat yang berlebihan. Sokbreker belakang ORI JUPITER MX 360.000 an mas di beres. kalo merk lain bisa YSS harga 450.000 an.

  6. Irfan says:

    @alim – thanks mas bro atas atas infonya,kemarin dapet di BeRes yamaha ditebus dgn harga 355ribu plus pasang,setelah nanya ke mekanik kenapa cepet banget sealnya jebol,dapat jawaban seperti ini:
    “klo sokbreker belakang utk new jupiter MX setahu saya buatan thailand,jadi hal seperti ini wajar saja apalagi jika motor mendapatkan beban berlebihan,ditambah lagi jika melewati jalanan yg gak mulus,karna parts buatan thailand ngga sebagus buatan jepang,jadi yah seperti ini”

  7. arfee says:

    diberisih aja bro kli aja dah banyak daki yg nyangkut d selangnya..
    hehehehehe..
    sorry ya klo ane lebay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *