Kanvas RDB MX Strada akhirnya bisa tembus 15.000km lebih, Mantap!

image

Pagi ini saat menunggu antrian service rutin ke-8 MX Strada EYD iseng buka-buka memo di ponsel yang berisi catatan history service/penggantian part yang memang sengaja EYD abadikan sejak awal. Dalam catatan itu EYD terfokus pada kilometer 18.800km lalu dimana EYD melakukan penggantian part kanvas RDB MX tanggal 5 Desember 2011.

image

Seperti brosis ketahui penyakit NJMX yang sudah pernah EYD tulis dalam artikel-artikel sebelumnya bahwa kanvas RDB NJMX ini cukup boros karna hanya mampu bertahan rata-rata untuk 9.000km atau setara 4-5 bulan kalau untuk ukuran pemakaian harian EYD. Angka ini tergolong angka yang tidak umum bila membandingkan dengan umur kanvas RDB motor-motor lainnya seperti CS1 atau Satria FU.

image

Di penggantian terakhir kemarin EYD coba menggunakan part KW berlabel Nissin yang EYD minta yang paling bagus ke empunya toko. EYD tidak terlalu yakin sebenarnya dengan umur kanvas ini, apalagi part KW yang ada dalam benak EYD pasti memiliki kualitas di bawah part ori pabrikan.

Namun hal itu mulai terbantah dengan apa yang EYD lihat sekarang. Ya, terbukti di kilometer sekarang menyentuh angka 33.010km kanvas RDB MX Strada masih terlihat tebal, padahal selisih kilometer dari penggantian terakhir sudah 15.000-an kilometer. Padahal gaya pengereman EYD gak berubah, masih tetap dengan porsi 60:40 depan belakang.

Last kesimpulan sementara EYD untuk penyakit kanvas RDB NJMX yang boros cobalah ganti kanvas ori motor lain. EYD juga masih penasaran part kemarin boleh jadi part Nissin ori merek motor lain, tapi motor siapakah itu?

Monggo dikomentari semoga berguna.

Posted from WordPress for Android

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

13 Responses to Kanvas RDB MX Strada akhirnya bisa tembus 15.000km lebih, Mantap!

  1. viscodps says:

    punya fu mungkin mas. Sy jg bru beli ori.nya fu. . . Tp blum sempat pasang

  2. alim says:

    Merk Kanvasnya apa mas? kemaren punya ane tak ganti KW katane bengkel dari Thailand gitu, tapi buat ngerem g enak. terlalu keras.

  3. mantep. . . . awet juga yak. . .

    tergantung riding style juga kayaknya ya mas. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  4. Vyzex says:

    Hohoho..

    Wah..
    Saya dah 27 ooo km belum ganti kampas depan nih.

    Alon-alon soalnya.

  5. Prayogo says:

    Akhirnya, di jalan saya ketemu juga dengan Bang EYD. Bang saya yang tadi ngebel di jalan waktu abang mau belok ke jalan arah kantor BTN. Saya pakai NJMX warna hitam, nopol B 3436 KFB. He he he

    Bang mau tanya lagi, bagaimana sih cara manasin motor yang bener (kalau pagi sebelm motor dipakai). Saya baca di buku panduannya, saat mesin dingin, nyalakan motor (stop kontak posisi ON), kemudian tarik choke sampai full, lalu nyalakan motor pakai stater, setelah agak panas choke di kembalikan ke posisi semula.

    Tetapi kemarin saya ke deler resmi yamaha, mereka bilang cara manasin motor yang bener adalah posisi kunci di OF, tarik choke sampai full, engkol (tahu ya engkol apa) sebanyak 5 kali, kemudian kunci diposisikan ON, engkol lagi (nyalakan), setelah 10 menit, choke kembalikan ke posisi semula, stlh itu motor bisa langsung dipakai.

    Btw, yang bener mana ya, berdasarkan pengalaman Abang, yang memang sudah berthun2 pakai NJMX. Saya pengen motor saya nantinya awet, makanya sekarang banyak bertanya, he he he.

    Makasih.

    • EYD says:

      saya udah curiga tadi saat di-bell, pasti nih pengunjung warung (tapi siapa) :D
      btw kok bisa mudeng kl itu MX Strada, nemu ciri-ciri apanya? sapa tau kembaran saya :D

      ok untuk teknik pemanasan di pagi hari yang ideal khusus NJMX kurang lebihnya seperti ini.

      Kunci kontak off, lalu engkol kick starter 3x untuk memompa oli ke dinding silinder, setelah itu nyalakan kunci kontak (ON), tarik choke full ke kiri dan biarkan, lalu hidupkan mesin dengan kick starter, posisi throtle gas masih tertutup.

      setelah mesin hidup, choke boleh ditutup lalu naikkan putaran mesin secukupnya (+/- 4000rpm untuk memompa oli agar merata)

      Jadi pengertian memanaskan mesin sebenernya bukan untuk bikin mesin panas agar siap jalan, yang benar adalah proses melancarkan sirkulasi oli di seluruh komponen mesin yang bergesekan, agar saat jalan kerja komponen-komponen yang bergerak dan bergesekan bisa optimal.

      EYD kurang setuju dengan kebiasaan memanaskan mesin terlalu lama, karena idealnya lama memanaskan mesin cukup 2 menit saja.

      Jangan lupa berdoa sebelum masuk gigi 1 :D

  6. Prayogo says:

    Saya yakin itu Abang, pertama dari nopol (3232), kedua warna motor, ketiga atribut (jaket, helem, sepatu both, box belakang), jadi pasti 1000% Abang EYD. He he he.

    Bang, (….naikkan putaran mesin secukupnya (+/- 4000rpm untuk memompa oli agar merata), ini caranya bagaimana??? tarik throtle gas?? untuk tahu 4000rpm dari mana?

    Makasih.

    • EYD says:

      kalau yang udh terbiasa pake motor batangan pasti bisa merasakan putaran 4000 rpm seperti apa, intinya tarik gas throtle secukupnya untuk bisa memompa oli sempurna, jangan terlalu meraung mesinnya gak baik dalam kondisi diam putaran mesin terlalu tinggi

  7. hanry says:

    kl lihat di gambar, piringan cakram mulai termakan

    • EYD says:

      betul mas bro, piringan mulai kemakan sejak penggantian kanvas KW sebelum ini, jadi ini adalah kanvas KW yang kedua

  8. bandot says:

    punya saya SGP satria Fu dah 25 ribu kilo masih tebel aja kampas RDB-nya…blom pernah ganti…keknya bisa tebus 30 ribu nih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *