Kesehatan memang mahal mas bro, selalu concern untuk yang satu ini.

Lingkungan, air dan udara di sekitar kita dewasa ini semakin parah kerusakannya. Tantangan bagi kita yang hidup di zaman sekarang adalah bagaimana menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh selalu optimal.

Bagi EYD amit-amit deh jangan sampai sakit ditengah tuntutan kehidupan yang ada peran EYD di dalamnya. Alhamdulillah sampai sekarang EYD belum pernah jatuh sakit terlalu berat hingga harus berurusan dengan dokter maupun masuk rumah sakit, paling banter hanya sampai berobat ke puskesmas. Hanya dengan suntikan dan obat dari puskesmas 1-2 hari langsung sembuh.

Bro sis yang sebagai biker kesehariannya berhadapan dengan debu, asap kendaraan dan angin malam perlu adanya extra tindakan dan kebiasaan untuk menjaga daya tahan tubuh agar gak gampang sakit.

Penggunaan masker sangat dianjurkan untuk mengurangi kadar asap dan juga debu jalanan masuk ke saluran pernafasan. Kebanyakan biker enggan menggunakan alat penutup hidung satu ini dengan alasan sesak nafas, gak nyaman dan sebagainya. Padahal itulah esensi menjaga kesehatan harus ada usaha untuk pencegahan seperti kata-kata bijak, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Wilayah sensitif tubuh lain yakni dada atau paru-paru perlu mendapatkan perlindungan khusus selama berkendara. Bro sis pasti tau yang namanya paru-paru basah, nah salah satu penyebabnya adalah terpaan angin yang merasuk ke paru-paru. Apalagi yang namanya angin malam sering orang tua kita menasehati agar jangan sering keluyuran terlalu larut malam (di atas jam 22.00) nanti kena angin malam :) Nah apalagi biker yang melaju kencang ditengah larut malam tanpa tameng apapun di dada. Terpaan angin sudah pasti langsung menghajar paru-paru. Tapi sudah tau begitu kalau EYD bertanya kepada teman kenapa bermotor gak pakai tameng dada, alasannya relatif sama, gerah, panas dan ribet.

Last setiap penyakit yang disebabkan pola hidup tidak sehat kadang datangnya tidak instan pada saat pola hidup itu baru dilakoni. Tapi penyakit kadang datang setelah bertahun-tahun kebiasaan tidak sehat dilakoni. So bagi bro sis yang masih muda dan energetik sekarang apa mau ntar kelak saat umur memasuki umur 40-an mendapati penyakit level berat yang kudu mendapatkan pengobatan rutin? Jangan sampai deh, karena itu yuk kita biasakan pola hidup sehat. Jangan memporsir kekuatan tubuh diambang batas kemampuannya selama masih muda. Karena di saat muda hal itu tak akan berasa, tapi nanti setelah fase usia sudah menapaki fase penurunan kekuatan, disitulah segala jenis penyakit akibat pola hidup yang gak sehat bermunculan. Tulisan ini juga tak terkecuali menyinggung masalah kebiasaan merokok yang harus dikurangi dan kalau bisa dihilangkan.

Yo wis cukup sekian dulu artikel tentang menjaga kesehatan yang bisa EYD sampaikan, semoga bermanfaat dan yuk kita biasakan hidup sehat.

Posted from WordPress for Android

This entry was posted in Artikel Religi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *