Kalau Bentuk Sudah Baik Diterima Konsumen, Tak Perlu Rasanya Facelift Desain

Well kalau melihat desain-desain motor dulu era 90-an dan awal 2000-an ada beberapa desain motor yang menurut catatan EYD cukup bagus dan diterima konsumen kebanyakan. Tapi sayang entah karena pertimbangan apa dari insinyur-insinyur pabrikan tersebut harus merombak total bahkan ada yang disuntik mati desain motor tersebut. Ada 3 motor di kelas bebek yang mungkin banyak dari bro sis sepakat secara desain sudah sangat bagus, tapi sayang mereka telah disuntik mati. Pertama adalah desain Jupiter Z sekitar tahun 2003-2006 sebelum masuk model Jupiter Z Burhan. Apalagi yang model SE yang menggunakan lampu belakang model LED. Generasi awal Jupiter Z desainnya jauh lebih sporty dan keren ketimbang New Jupiter Z yang sekarang :D Desain motor berikutnya dari Suzuki yang gak kalah bagus dan patut dikagumi adalah Suzuki Shogun FD110. Jujur menurut EYD motor Suzuki satu ini memiliki bentuk yang proporsional, pas dari segala sudut dan memang jauh lebih menarik desainnya ketimbang generasi Smash maupun Shogun 125, tapi kenapa Suzuki malah merombak desain Shogun jadi seperti Axelo sekarang? Lalu dari pabrikan Kawasaki EYD mencatat desain motor Kaze R/Kaze VR awal tahun 2000 adalah desain terbaik dari merek berlambang K tersebut. Unsur desainnya dapet, motor ini dikenal paling stabil hasil dari penggunaan lengan ayun yang lebar jarak sumbunya. Tapi lagi-lagi sayang  motor ini disuntik mati juga digantikan Joy R 125 yang secara desain malah jatuh banget dari generasi Kaze R. Nah kalau dari Honda desain motor mana yang terbaik? Pada saat bersamaan dengan era motor-motor 110cc, desain motor Honda saat itu EYD catat tidak ada yang masuk perhitungan kalau melihat masalah desain. Baik Honda Supra X 100c, Karisma, Supra X 125 dulu bentuknya biasa-biasa saja jadi wajar kalau memang harus diganti :D Nah sejak generasi Supra X 125R tahun 2008 barulah 1 motor Honda layak dinilai pas unsur desainnya. Banyak yang mengakui kalau desain Supra X 125R sekarang lebih elegan. Mudah-mudahan Honda tidak menyuntik mati juga desain Supra X 125R yang elegan dan kadung diterima banyak konsumen. Last menurut opini EYD setiap pabrikan kudu punya riset yang mendalam  tentang masalah selera orang Indonesia yang bener-bener mengutamakan desain ketimbang fitur dan performa. Tim riset mestinya tau  mana desain yang diterima masyarakat, dan mana desain  yang gagal. Nah kalau sudah jelas-jelas diterima, ya mbok dipertahankan, tidak perlu dirombak lagi yang dari pengalaman-pengalaman selama ini, motor baru kok cenderung desainnya lebih jelek :D Memberi fitur baru atau bertransformasi ke teknologi baru semisal injeksi itu boleh-boleh saja dan memang harus. Tapi kalau masalah desain, kalau tidak bisa memberikan yang lebih baik dari generasi lawas, lebih baik jangan diganti desain motornya, pertahankan yang lama, toh masyarakat sudah kadung suka dengan desainnya. Gimana menurut pendapat bro sis? Monggo dikomentari. Posted from WordPress forAndroid

This entry was posted in Dunia Motor and tagged . Bookmark the permalink.

11 Responses to Kalau Bentuk Sudah Baik Diterima Konsumen, Tak Perlu Rasanya Facelift Desain

  1. NanaRed says:

    hayah,saya setuju mas bro,terutama untuk desain supra x 125 elegan
    *bukan fbh ya,cuma suka dengan yang elegan aja
    http://nanared.wordpress.com/2012/05/25/konvoy-touring-hargai-kami-dan-kami-pun-akan-menghargai-kan/

  2. ridermatrix says:

    tapi kalau di facelift bisa lebih bagus lagi, gapa2 dong mas..hehe
    nitip artikel ya…
    http://ridermatrix.wordpress.com/2012/05/25/honda-beat-pgm-fi-dan-suzuki-nex-injeksi-akan-segera-lahir/

  3. Julio C says:

    Nah setujuh..
    Maka itu dari hasil pengamatan sayan motor yg design nya bertahan sampai skarang tanpa perubahan yg terlalu banyak.. Yaitu… Satria F150..
    Udah berapa tahun itu motor design nya tidak berubah dan masih banyak peminat nya.. Hehe..
    Saya bukan Fans Boy Suzuki ya..
    Saya individu yang idola sama Satria F..
    Kalo motor suzuki yg lain mah saya gak afal nama nama nya :D

  4. esn1422 says:

    Soal desain memamg relatif/subjektif. Kalau menurut saya desain yang masih bagus hanya Jupiter-Z. Untuk yang Shogun 110 menurut saya desainnya terlalu nanggung, kurang tajam. Tidak sesuai dengan imej-motor tersebut sebagai bebek paling kencang waktu itu. Saya malah lebih suka desain Vega dibandingkan Shogun 110. Tapi untuk performa saya akui Shogun 110 memang bagus bahkan bisa menyaingi bebek 125 cc.

    Kalau untuk kawasaki Kaze, desainnya terlihat kuno. Melihat sayap sampingnya seperti sayap Astrea Star/Prima. Sedangkan dibagian lain terlihat terlalu kotak-kotak.

  5. yoooga says:

    Ya benar sekali mas. saya setuju banget. apalagi untuk produk2 zaman sekarang yang “facelift” hanya untuk meningkatkan jumlah penjualan semata, tanpa memperhatikan apakah model2 tersebut bagus(walaupun itu semua relatif). tapi setidaknya itu menurut saya. trims.
    :)

  6. batagor33 says:

    1. Saya setuju dengan JUPE Z sporty adalah desain jupe paling sempurna, bahkan sampai sekarang pun masih punya hasrat untuk memiliki. Tapi buat apa motor lebih dari satu??? Kalo shogun, lebih suka shogun kebo. KAZE R lebih suka kaze r yang pertama.

    2. Desain motor bebek paling sempurna adalah F1ZR-Vega pertama, menurut saya. Sampai kini pun meski dengan update-an motor yang lebih baru tidak akan tergantikan. Belum ada yang lebih bagus dari desain F1ZR. Kalau boleh dibilang, Jupe dan Vega makin ke sini bukannya makin JOZ….

    3. Satria R, desainnya gagah, meski tak selancip dan seruncing FIZR (yang lama) tapi kesan gagah, kokoh dan garang tak ada yang nandingi untuk ukuran bebek. Yang baru, runcing sih cuman ada wagunya di bagian jok (bagian depan jok ke belakang seperti buru2 dalam penyelesaian desain)

    Itulah menurut saya desain bebek paling TOP. Berasal dari klan Suzuki dan Yamaha. sedangkan dari honda??? Sepertinya desainnya belum mendukung selera anak muda… Mungkin desain paling TOP adalah REVO lancip dan new blade.

  7. l says:

    motor ane jupuiter z 2005 dengan lampu rem led.. mantaff deh gan.. dah bertahun2 ane setia ma motor bebek ini.. walau model baruu keluar ane kgk tertarik..

  8. MotorModz says:

    Masalah selera memang sulit.. tapi perubahan juga perlu untuk tampil “lebih baik” .. :mrgreen: salam kenal gan.

    Nitip lapak broo…
    http://motormodz.blogspot.com/2013/01/motor-supra-x-125-2012-akselerasi-oke.html

  9. Andriyanto says:

    Masalah selera memang gak bisa sama, tapi kita memang satu selera mas, terutama untuk Kaze R…sampai sekarang masih ngimpi untuk dapetinya, walau bekas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *