Punya NJMX buat harian, berapa sih biaya operasional bulanannya?

Well lewat artikel ini EYD coba share perhitungan biaya operasional yang kudu dikeluarkan jika memiliki motor New Jupiter MX buat harian. Maksud dari share ini agar potensial buyer yang selama ini mengisi line up motor entry level bisa menimbang-nimbang jika mau upgrade naik kelas ke kelas bebek 135cc Jupiter MX.

OK langsung saja yuk kita hitung-hitung biayanya. Anggap jarak rumah bro sis ke kantor cuma 25 km (kalau jarak rumah EYD ke kantor bisa 2x lipatnya :D ) jadi untuk PP setiap harinya bisa menempuh jarak +/- 50km Kalau mau dapet kasarnya okelah jarak tersebut langsung kita kalikan 30, walau hari kerja dalam sebulan cuma 25 hari (dihitung kalau bro sis cuman libur di hari Minggu saja). 50km x 30 hari = 1500km. Jarak ini sudah include jika motor dipakai mungkin touring 1x dalam sebulan atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga di hari libur. Ya.. sisa 5 hari x 50km = 250km sudah cukuplah dipakai untuk perjalanan di luar kegiatan ngantor.

OK dengan sepakat dalam sebulan motor harian MX menempuh jarak 1500km baru bisa kita hitung-hitung variable cost  yang timbul dari pemakaian dengan jarak itu.

Pertama oli, untuk oli standar pabrikan Yamaha yakni Yamalube Sport, kudu diganti setiap 1500km, yang artinya dengan habit MX yang seperti tadi dihitung, MX harus ganti oli setiap sebulan sekali. Harga oli + jasa biasanya Rp. 35.000,-

Berikutnya yang menjadi pokok yakni biaya BBM dalam sebulan. Untuk NJMX yang sehat dan dengan gaya riding yang normal (bukan eco riding juga bukan speed freak) mestinya MX dapat menempuh jarak rata-rata 45km per liternya. Yuk kita hitung biaya BBM, dalam case ini diasumsikan selama sebulan menggunakan BBM Premium. 1500/45 =  33,33 liter, dikalikan 4500 per liternya berarti konsumsi BBM premium MX 33,33 x 4500 = Rp. 149.985 kita genapi menjadi 150rb.

Lalu bagaimana dengan biaya service rutinnya, menurut buku manual dan juga kebiasaan EYD, service rutin baiknya dilakukan setiap 3000km sekali untuk membersihkan karburator agar tidak kotor dan mengembalikan performa. Berarti service dilakukan setiap 2 bulan sekali. Karena kita mau masukkan dalam biaya operasional bulanan berarti biaya service dibagi 2. Umumnya bengkel-bengkel resmi menetapkan ongkos services yang bervariasi. Kita ambil biaya yang EYD sering temui aja, yakni 35rb + tip mekanik 10rb. Berarti 45000/2 = Rp. 22.500,-

Kira-kira ada biaya lainnya gak dalam sebulan? Bagaimana dengan biaya penggantian kanvas rem, air radiator, filter oli, filter udara, dll. Menurut EYD komponen tersebut tidaklah perlu dimasukkan ke cost bulanan, tapi jika tetap ingin dihitung-hitung ya monggo tinggal dibagikan jumlah bulan dari usia pakai komponen yang diganti tersebut. Misal, air radiator harus diganti setiap 9000km sekali, artinya itu dapat tercapai setelah MX dipakai 6 bulan. Nah biaya air radiator itu tergolong murah cuma Rp. 22rb, silahkan tinggal dibagi 6 kalau mo dimasukkan ke cost bulanan? Jelas kan :D

Khusus bagi EYD ada 1 biaya yang EYD masukin ke cost bulanan, apa itu? Yup biaya cuci motor aka steam yang rutin harus EYD keluarkan seminggu sekali. Bisa aja sih nyuci sendiri di rumah tapi buat MX kesayangan lebih afdol kalau di steam. Biaya steam rata-rata 8-10rb, kalikan 4 minggu berarti kurang lebih 40rb lah biaya steam.

Last yuk kita hitung berapa total semua biaya yang harus dikeluarkan dalam sebulan

  • Oli Rp. 35.000,-
  • Service rutin Rp. 22.500,-
  • BBM premium Rp. 150.000,-
  • Biaya steam Rp. 40.000

So total biaya adalah Rp. 247.500,-

Nah monggo silahkan dinilai sendiri, ternyata punya New Jupiter MX biaya operasionalnya relatif murah dan masih terjangkau ya :D Silahkan yang mo upgrade dari bebek entry level ke bebek high end, tidak usah mikir-mikir lagi kalau perawatan MX mahal, mahal tidaknya bergantung cara bro sis memakai dan merawatnya saja kok :D

Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

14 Responses to Punya NJMX buat harian, berapa sih biaya operasional bulanannya?

  1. gasfuel says:

    yeees, petromax
    ne motor ga rewel mesinnya,, kebetulan ane pernah piara old mx kopli ngmanual selama 4 tahun. odometer 46rbuan km. cuma sekali service bersihin karbu,seting klep dan 1x ganti kampas kopling,3x ganti air radiator, 3x ganti busi, 4x ganti air filter, filter oli lupa berapa kali gnati
    sekarang dah pake njmx manual marun

  2. Daris says:

    bisa ga ya old mx kopling manual jadi kopling otomatis ?
    udah cape pake kopling

  3. Wiro Sableng says:

    @Daris
    @Daris; Bisa bro… Dan caranya pun sederhana banget… GANTI aja BPKBnya…. Xixi…

  4. Wow,, amazing!! :D (tukul mode on) , bet bet bet betchul,, :D , rata2 sama semua utk kelas bebek :D , akan berasa sedikit meningkat klo motornya sudah berumur 8-10 th, bener ga sih?, siap budget, lirik kuda baru :D ,

  5. ngawur says:

    Wah ada tip buat mekanik segala ya? Emang di bengkel resmi dikasi tip juga?

  6. ogoh says:

    NJMX, motor bebek dgn desain terbaik (IMHO)…cakep banget dgn ban belakang lebar..

  7. kalau kridit tinggal nambahin angsuran per bulannya . . .
    sisanya ditabung

    keep brotherhood,

    salam,

  8. mentang2 punya motor ymha,merek lain pun sepertinya di sindir2
    Sebagai blogger harus netral bro…

    • Neutral says:

      @nama tak penting : itu sih tergantung orang orang nganggapnye aje apa … kalo gwa sih nganggapnya itu netral aja , cause kan gaada atpm yang dijelek jelekan disini …

  9. zOunda says:

    @Daris – Mas , Daris tuker DNA sama motor MX kopling otomatis saya aja klw mau sihh..

  10. Romie Jumairi says:

    Kebetulan lagi cari artikel tentang njmx , njmx keluaran November 2014 saya kok agak kasar suara mesinnya ya? Ada yg tau kenapa? Sebagai informasi njmx saya Dari awal sampai sekarang rutin minum pertamax , jarak tempuh rata rata harian kerja 30-40km pulang pergi. Servis+oli standard karena mengikuti buku manual setiap 3000km ( jadi oli saya barengin ma Servis ) di bengkel resmi Yamaha. Apakah jika oli saya ganti rutin tiap bulan (1500km) bisa berpengaruh terhadap suara mesin yg kasar kbali halus? Terima kasih banyak untuk jawaban sesepuh disini

  11. irfan says:

    Mas bro mau tanya, rantai njmx emang gampang kendor dan suaranya berisik ya? Kalo mau ganti gear set sama rantai yang bagus merk apa? Thanks

    • endrik says:

      Tergantung pemakaian mas, kalau sering geber high rpm rantai cepet kendor. Kalau masalah berisik coba pastikan stelan rantainya balance kiri dan kanan Hm..EYD udah 2x ganti gear pake ori Yamaha terus, belum coba yg lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *