SOP motor batangan mengisi BBM, sejauh mana diterapkan?

Well seperti bro sis ketahui ada anjuran untuk pengguna motor batangan jika mengisi bensin di SPBU hendaklah turun dari kendaraannya. Hal ini semata-mata untuk faktor keselamatan jika terjadi hal-hal tidak diinginkan misalnya terjadi kebakaran.

Hal ini sudah pernah disosialisaikan oleh media dan juga blogger-blogger senior namun hingga kini EYD masih sering melihat kebiasaan pengguna motor sport enggan turun saat mengisi BBM.

Ya mungkin mengenai informasi dan anjuran ini tidak semua masyarakat mengetahuinya. Karenanya masyarakat masih anggap sepele dan meremehkan resiko dari kebiasaan tetap berada di atas motor saat isi bensin.

Menurut EYD, pabrikan sepeda motor bisa turut andil memsosialisasikan budaya turun di SPBU untuk pengguna motor batangan. Caranya cukup gampang, tinggal jadikan itu sebagai sop standar keselamatan di setiap buku panduan sepeda motor ATPM. Dengan sosialisasi ini diharapkan lebih banyak lagi masyarakat sebagai pengguna motor batangan bisa mengetahui informasi dan anjuran keselamatan ini.

Bagaimana menurut mas bro? Monggo dikomentari.

This entry was posted in Dunia Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to SOP motor batangan mengisi BBM, sejauh mana diterapkan?

  1. Redbugs says:

    Klo saya (pribadi) mo SPBU nya pertamina kek atau Shell kek (soalnya sering mampir 2 SPBU itu), ya saya reflek isi bensin turun, standarin motor (motor sya vixion)…engga tahu sudah naluri kayanya, soale ngerasa klo ngejogrok di motor, kesannya ko jadi org males amat…plg engga istirahatin pantat yg nempel jok terus…

  2. Prayogo says:

    He he he, kayaknya soal EGO. Orang yang punya motor batangan egonya adalah tidak harus turun saat mengisi BBM, beda dengan yang bebek, metic, dll. Jadi kayaknya agak susah untuk membuat orang2 itu sadar.

    Kalau saya perhatikan saat pengisian BBM, mungkin 1/2 dari 10 orang saja yang turun dari motor batangan saat mengisi BBM.

  3. Rizqibe says:

    Saya selalu turun…. kenapa ? Mau ngeluarin dompet yang ada di kantong agak sulit pas saya lagi duduk(ketahuan bongsor :mrgreen:)

  4. cah solo says:

    siapa menyusul

  5. alim says:

    biar tambah luas info tentang ginian, alangkah baiknya bagi rekan2 semua ikut mensosialisasikan lewat media apapun. kalo ane nambah2 artikel di blog wae lah.. thx infonya mas endrik..

  6. Pingback: Etika di SPBU >> Bagi pengendara motor batangan turun waktu mengisi BBM | Ki Salim Personal Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *