Akhirnya Jupiter MX ada temennya di jalanan

Well, tidak bermaksud apa-apa namun hanya sharing aja apa yang EYD temukan di jalanan akhir-akhir ini. Yap seiring semakin banyaknya Honda Vario 125 PGM-FI berseliweran di jalanan, ada yang unik dan mungkin menjadi perhatian utama bagi EYD yang suka memperhatikan lalu lalang motor-motor di jalanan. Bingung? Oke yuk kita telaah apa yang menarik di Vario ini.

Gejala suara mesin ngorok yang ada pada generasi old Jupiter MX dulu, ternyata sekarang ditiru ama Vario 125 :D Lah benar saja sudah berapa kali Vario 125 yang EYD perhatikan dan dengerin suaranya persis ‘ngoroknya’ Jupiter MX lawas (syukur kalau untuk NJMX sudah minim suara ngoroknya). Di alam blogsphere memang sudah santer keluhan pengguna atas suara ngorok Vario 125 ini, tapi bagi EYD yang sudah lama memakai old Jupiter MX, suara raungan mesin yang khas tersebut bukanlah kekurangan, tapi malah bikin aura garang.

Sudah ada yang tau suara ngorok di Vario itu berasal dari komponen apa di dalam mesin? Kalau ada yang tau monggo dishare dan dijelaskan dari segi teknis agar potensial buyer tidak salah menafsirkan suara ‘ngorok’ tersebut menjadi kekurangan Honda Vario 125. Kalau MX masih toleransilah suara ngorok tersebut karena menambah kesan garang, tapi kalau skutik yang di mindset konsumen sebagai kendaraan komuter yang halus tiba-tiba memiliki karakter suara kasar seperti itu, apa tanggapan konsumen? Berkaca ke mesin PCX 125, gak ditemukan gejala suara ngorok, tapi kenapa di mesin Vario malah ada, padahal basis mesin boleh dibilang 11-12 sama.

Silahkan dishare pendapat bro sis.

11 Comments

  1. Yang beli dah kangen setengah mati sama starter alusnya matic Honda. Jadi… mnegabaikan suara ngorok. Anggap saja fitur bonus dari Honda. xi xi xi ….

  2. Saat ini saya mengalaminya, belum lama saya punya vario tsb, tapi sudah merasa tidak nyaman dengan bunyi ngorok pada mesin. Sampai saat ini saya belum tahu apa penyebabnya, tapi yang saya takutkan ini adalah masalah serius pada mesin. mohon di bantu… Share

  3. Kemana pihak HONDA tidak memberikan penjelasan atas keluhan konsumen ?? … Ayo jangan kecewakan Pelanggan HONDA..

    • Honda yang sudah kadung besar, mungkin gak akan mendengar suara-suara masukan dan berbagai keluhan dari blog kecil sederhana ini.

      Namun tetap sebagai konsumen maupun potensial buyer tetap menunggu penjelasan resmi AHM perihal sumber dan gejala suara ngorok itu.

  4. Suara ngorok berasal dari blog mesin yg tipis krn terdapat saluran radiator,terutama dibagian bawah ( dinding crankcase).Krn ada getaran mesin saat hidup membuat resonansi suara (ngorok).Klo diibaratkan spt suling. Semakin besar getaran crankcase maka semakin besar pula ngoroknya. Hal ini sama spt jupe MX gen1. Cuma beda suara. Ngorok tidak mengganggu kinerja mesin,tp sangat mengganggu konsentrasi berkendara(polusi suara). Ngorok tidak bisa dihilangkan,krn klo mo hilang sama sekali, blog mesin harus diganti designnya,yaitu dengan mempertebal dinding crankcase. AHM bersikeras klo ngorok adalah karakter vartech125,krn tdk mau dikatakan cacat bawaan dimulai dari design.Ada cara untuk mengurangi suara ngorok,yaitu dgn mengganti kipas radiator dgn kipas vario110. Penggantian ini setidaknya bisa meredam suara ngorok hingga 70%. Sudah banyak yg coba.Untuk lebih jelasnya bisa ke sini http://pojok.welovehonda.com/showthread.php?110-Suara-ngorok-vario-125-pgm-fi-cbs/page37
    thxs.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.