Gile, saban hari MX Strada diasepin Vario 125

Tidak ada maksud mo bakar-bakaran dalam artikel ini, namun EYD coba share pengalaman sehari-hari berkendara di jalanan bertemu Vario 125 PGM-FI. Dari impresi tampilan semua sepakat kalau Vario 125 adalah desain terbaik skutik AHM yang ada saat ini. Ternyata secara performa pun EYD menilainya gak malu-maluin, sesuailah ama besaran cc yang diusungnya (walau EYD belum pernah mencobanya langsung).

Dan hal ini terbukti dari beberapa kali MX Strada selalu diasepin Vario 125 di jalanan. Loh kok bisa, jadi MX kalah toh ama Vario 125? Bukan bro sis, bukan kalah. Jadi begini kronologis ceritanya :D

Gaya riding EYD terhadap MX Strada memang tidak seperti saat dulu generasi OLD MX Maron (2006-2010) di NJMX kali ini lebih smooth. Smooth disini artinya perpindahan giginya diusahakan halus jangan sampai meraung. Gigi 1 maintain hingga speed 20kpj, lalu pindah ke gigi 2 hingga 40kpj, lalu gigi 3 hingga 50kpj, gigi 4 maintain hingga 70kpj baru deh lepas ke gigi 5.

Nah sejak pertama beli NJMX, EYD sudah bertekad ingin buat motor ini awet dengan merubah gaya riding hanya dibatasi 80kpj, lihat artikel disini. Namun setelah dilakoni kok rasanya di jalanan kosong kecepatan segitu terlalu lamban buat MX. Yo wis akhirnya gaya riding kembali diubah dan ditekadkan hanya dibatasi sampai 100kpj saja tidak lebih.

Nah kembali ke topik, beberapa kali EYD mendapat kesempatan untuk bejek MX hingga 100kpj (dipastikan jalurnya aman, karena kosong dan 1 arah) EYD beberapa kali disalip Vario 125 ini dengan mudahnya. Ya iyalah secara matic, percepatan dari 0-60 aja kalah, begitu juga dari 0-80kpj MX masih kalah akselerasinya ma Vario 125 ini. Sedangkan karakter MX EYD baru mulai beringas di kecepatan 80kpj ke atas di gigi 5.

So setiap EYD balapan ama Vario 125 ini gak pernah menang sebab MX EYD sendiri dikasih limiter (limiternya ada di hati :D ) untuk jangan kepancing, dan cukup maintain hingga speed 100kpj saja. Kalau sudah disalip di kecepatan segitu EYD cuman berguman dalam hati, “Monggo mas lewat duluan, ini motor touring bukan motor balap”. Yap sadar diri ini MX minumnya cuman premium + oli standar pabrik, ogah betot gas sampai 120kpj.

Last catatan terakhir buat artikel ini, EYD menyimpulkan bahwa top speed Vario 125 emang gak malu-maluin, EYD yakin itu pasti menyentuh angka 120kpj on speedo. Lalu di blogsphere banyak yang bilang Vario 125 lemot, itu lemot dari mananya, perlu dibuktikan bro sis. Yang ada EYD selalu menemukan skutik satu ini kencengnya bukan main selalu di atas 100kpj.

Silahkan dikomentari dan semoga gak bakar-bakaran :D

This entry was posted in Dunia Motor and tagged , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Gile, saban hari MX Strada diasepin Vario 125

  1. Pait says:

    Sori masbro klo nggak sependapat. Pertama, dari 3 varian pakrio (cw,cbs,wantufaif) terbaik desainnya menurut saya si cw, dan wantufaif justru the yg the worst. Kedua saya mendukung utk nggak kebut2an di jalan, tp sekali kali adu/tes performa dgn si 125 nggak ada salahnya, selama sikonnya memungkinkan…

  2. matius says:

    cessssssssssssssss ya jelas kalah lah lawan vario tuh mx,,
    mx nya aja kamana mana salalu bawa kotak yang berat
    berisi magic jar ama beras gitu cessssss coba tuh dilepas magic jar
    siapa tahu bisa menang wuisssssssss apa ngak gila tuh bawa magic jar

  3. hazelo says:

    ane yakin tuh Vario 125 emang bisa 120 kpj….tpi sebenarnya NJMX cukup dengan 110 kpj udah bisa libas tuh Vario 125….wong d blog kang haji deviasi speedometernya Vario 125 lebay….

  4. bent says:

    @hazelo – setuju bro, speedonya superlebay tuh. kebetulan pengalaman pribadi sama teman. di mx saya speedo menunjukkan angka 100kpj sedangkan di vario 125 hampir nyentuh angka 110kpj. dan akhirnya teman saya langsung ganti speedometer.

  5. gome'z says:

    Salam kenal Om … sebagai sesama pangguna MX strada ini , jujur saya pun seperti itu Om …. Di Bandung sendiri jangankan Vario 125 , Honda Beat pun di sini maen di 100km/h …. Saya sendiri bukan ga berani meladeni matic matic ini … tapi berhubung motor saya baru dan saya pengen awet selalu , maka ga pernah saya bwa melebihi 90km/h hehehehehehe …
    Sekali lagi salam kenal om …

  6. pertama kali bw njmx,sy “panas” trus om he..he…apalagi diasapi matic……tapi dari segi performa dan stabilitas,mx tetap yg terbaik…..sy pernah ngetes adu cepat dgn V**125..emang kenceng sih…tapi giliran meliuk-liuk….njmx jauh lebih unggul…..mungkin krn v**125 bongsor yah……

    • EYD says:

      hehehe.. sampai sekarang MX Strada masih sering diasepin Vario wantufaiv, tapi karena MX Strada berprofile ban gambot+box+boncenger gak sakit-sakit amat diasepin di 110kpj :D dan EYD yakin Vario yang berhasil ngasepin EYD juga gak akan puas-puas amat bisa nyalip MX Strada :D

  7. kisut says:

    Setuju. Saya pake vario 125 non iss. Tenaga vario besar. Kalo lihat di jalan, vario lambat, itu tergantung pengendaranya. Lebih tepatnya, sebesar apa nyali untuk narik stang gas. :D *saya sih gak berani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *