Fenomena Facebook yang hampir mendekati Sistem Operasi

Well, di artikel kali ini EYD ingin membahas tentang fenomena aplikasi Facebook yang semakin kesini terlihat semakin masif pertumbuhannya. EYD melihat Facebook perannya dalam trend gaya hidup sekarang fungsinya hampir mendekati layaknya sebuah operating sistem komputer.  Bagaimana tidak bro sis, banyaknya aplikasi-aplikasi dan games yang dibuat hanya untuk mendukung pengguna Facebook seolah-olah Facebook itu adalah sebuah sistem operasi yang mana para developer aplikasi berlomba-lomba membuat aplikasi pendukungnya.

Tidak berlebihan mungkin jika EYD menggambarkan dunia Social Media sebagai sebuah komputer, maka Facebook adalah sistem operasinya. Hampir semua channel social media tools seperti WordPress, Twitter, Alex, Yahoo membuat APInya masing-masing agar bisa terintegrasi dengan jejaring raksasa bernama Facebook.

 

Coba  EYD compare secara gampangnya, yuk mari lihat fenomena Android sebagai salah satu OS yang saat ini sedang digemari untuk perangkat ponsel. Kian hari EYD melihat pertumbuhan aplikasi-aplikasi untuk Android semakin menjamur, apa sih aplikasi yang gak ada di Android, hampir semuanya ada dan lengkap.

Nah anehnya lagi aplikasi-aplikasi terpopuler di Android market entah kenapa juga pasti tersedia di apps Facebook.  Siapa sih yang tidak kenal games Angry Birds? Aplikasi ini lagi ngetrend di ponsel Android, namun bagi yang tidak menggunakan Android, bisa memainkan games ini melalui akun Facebook bro sis. Ini yang EYD maksud bahwa Facebook bukan hanya sebuah aplikasi web based, melainkan hampir mendekati fungsi sebuah OS.

Lalu bagi penggila games Facebook pasti sudah tau game terkenal bernama poker yang EYD sendiri belum terlalu expert main game satu ini. Game yang terkenal yakni Texas HoldEm Poker bisa anda temukan di apps Facebook bro sis.

Dua contoh aplikasi/games tersebut hanyalah sebagian kecil gambaran fenomena bahwa Facebook hampir menyamai trend sebuah sistem  operasi. Facebook yang semula hanya untuk update status tapi kini fungsinya sudah lebih kompleks bisa berbuat apa saja dan saling terintegrasi dengan channel-channel media lainnya.

Last via artikel ini, EYD coba utarakan sedikit unek-uneknya, adakah dari sekian banyaknya apps di dalam Facebook itu yang bisa dicoba atau dishare kemari yang mungkin punya manfaat lebih. Monggo dishare dimari yang sudah pernah mencobanya.

This entry was posted in Internet, Internet Networking and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *