Paket internet apa yang bro sis pakai saat ini?

Well diakui semakin kesini layanan data internet dari berbagai operator semakin murah dan terjangkau untuk berbagai kalangan. Hal itu juga berbanding lurus dengan trend semakin murahnya harga modem usb seperti halnya begitu mudahnya memiliki sebuah flashdisk.

EYD masih ingat beberapa waktu lalu karena masih mahalnya layanan data internet buat modem hingga harus mengeluarkan biaya Rp. 150-250rb per bulan. Ditambah lagi untuk kebutuhan internet di smartphone harus punya alokasi dana kurang lebih 50rb untuk satu bulan.

Sudah lama EYD tidak memantau tarif di situs-situs operator nasional, hingga beberapa minggu lalu EYD coba browsing untuk melihat perkembangan tarif harga layanan data internet dari beberapa operator. Kebetulan untuk saat ini EYD menggunakan kartu IM3 dan modem Smartfren CE682.

Bagi EYD pribadi, untuk menunjang kegiatan blogging perlu merevisi budget untuk biaya internet yang mencakup modem dan handphone yang masih di atas 200rb per bulannya. Kegiatan internet EYD saat ini hanya sebatas pada browsing situs, blogwalking di blog R2, nulis artikel blog, messenger dan email. Yang namanya download, youtube, game online sudah lama EYD tinggalkan. So dengan melihat kebutuhan tersebut EYD harus bijaksana memilih paket-paket internet yang banyak disodorkan oleh para operator.

Sebagai contoh untuk kebutuhan modem di netbook, EYD mengandalkan modem Smartfren. Nah liat-liat info terkini tarif smartfren ternyata ada salah satu paket yang menurut EYD cocok banget dengan kebutuhan EYD. Di situs Smartfren ternyata ada paket internet dengaan quota (bukan unlimited) 2GB seharga 50rb dengan masa aktif 30 hari. Wah ini 3x lebih murah dari layanan modem yang EYD gunakan sebelumnya. Yo wis karena cocok, EYD coba aktivasi paket tersebut dan alhamdulillah cukup puas karena bisa mendapatkan speed up to 3,1Mbps EVDO. Pengalaman EYD yang sudah-sudah, sepertinya paket unlimited cuman buang-buang duit karena dalam praktiknya sebulan EYD cuma memakai quota kurang dari 1,3GB. So 150rb unlimited dengan 50rb quota 2GB menurut EYD ini lebih worthy.

 

Lalu untuk kebutuhan akses internet di smartphone Android (merek Samsung) kebetulan EYD memakai kartu IM3, coba hunting info terkini tarif data internet Indosat Mobile, ternyata ada paket yang cocok dengan kebutuhan EYD. Di situsnya tertera paket internet kuota 500MB dengan tarif 25rb per bulan. Wuih, langsung ambil gan dan aktivasi. Paket ini lebih worthy ketimbang paket unlimited Indosat yang EYD pakai sebelumnya dengan biaya 50rb. Coba bandingkan saja 50rb unlimited tapi dibatasi batas pemakaian wajar hanya sampai 500MB kecepatan 512Kbps dengan paket quota 500MB seharga 25rb dengan speed up to 2Mbps. Berdasarkan pengalaman EYD menggunakan paket unlimited sebelumnya, setiap bulan hanya terpakai quota 200MB-an, karena memang jika akses internet via handphone pasti lebih kecil. So bro sis bisa nilai sendiri paket mana sebenarnya yang worthy.

 

Last baru 2 operator di atas yang sempat EYD hunting, pastinya untuk skema paket internet operator-operator lain  kurang lebihnya sama. Tinggal bro sis yang pintar-pintar pilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan pernah terkecoh ama paket unlimited sedangkan besar quota yang terpakai habis dalam sebulan bro sis tidak besar-besar amat. Saran EYD apapun operatornya lebih baik pilih paket quota; lebih kenceng, lebih stabil dan juga lebih murah. Coba aja dikompare sendiri bro sis. Silahkan dikomentari dan semoga berguna.

Posted from WordPress for Android

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Paket internet apa yang bro sis pakai saat ini?

  1. nur says:

    modemku pake smartfren.
    smartphon pake xl. menurutku sebaiknya bijaksana dalam pemakaian pulsa. sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

  2. Arif says:

    Aku jg pke smartfren, tp yg pket harian, klo lg ada duit ych beli, klo lg kanker y g beli, hehhee

  3. stukov says:

    mas,pake smartfren modem ya? gak buat nelpon khn?

    kenapa gak migrasi ke connex evo aja?
    jadi klo evo,50rb dapet 2gb perbulan+bonus 1gb (jadi 3gb/bulan) serta speed naik ke 14,7mbps (klo modemnya dah EVDO rev B ready)

    kebetulan modem ane udah EVDO rev.B dan gk buat telpon atau sms nomer lain
    jadi connex evo mematikan fitur telp dan sms tapi sms ke subscirber kayak 123,999 dll masi bisa misal utk isi pulsa atau aktifkan internet via sms

    semoga membantu

    • EYD says:

      wew..informasi berguna banget ini mas bro, baca-baca ane belum sampai kesana kemarin, btw modem CE682 sudah rev.B belum ya? layak dicoba tuh, lumayan dapet bonus 50% quotanya jadi 3GB

      • stukov says:

        CE682 sepertinya masi rev A mas,
        ane make huawei ec306-2,bundlingan smartfren waktu pertama kali rev B keluar akhir tahun lalu

        FYI,sekarang modem rev B masi 399ribuan (dulu ane beli 600ribu) #sigh
        tapi rev B blom begitu merata,tapi yg jelas dah menyebar banget di jabotabek,jabar,jateng dan jatim

        ane di solo dah dapet rev B mas,tapi masi speednya masi rev B fase 1 (7mbps),,klo di jogja semarang dag full speed rev b fase 2 yg 14,7mbps

  4. modem pake nokia 3210classic dengan IM3 25ribu untuk 500mb. biasanya habis dalam waktu kurang dari 2 minggu, jadi harus unreg dulu baru bisa beli paket lagi. tapi yang jelas dari dulu saya suka paket yang volume base, nggak suka yang time base apalagi yang unlimited, nggak deh

  5. bron2 says:

    Artikel yang Bagus,
    Aku Pake smartfren

  6. bron2 says:

    Artikel yang Bagus,
    Aku Pake smartfren connex EC 176-2 Jadi Bahan Refrensi.. memilih paket smart.
    Akhirnya Aku pilih Paket evo,50rb dapet 2gb perbulan+bonus 1gb.
    Tapi Masih coba2..
    Mungkin ada Pilihan lain.. yg lebih Pas..hehe

    MAu Tanya smartfren connex EC 176-2 rev A, bisa di Update Ke Rev-B?? mohon sharee

    Thanks

  7. alberth yaputra says:

    bagaimana cara keluar dari smartfren connex evo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *