Review 1,5 Tahun Ban Depan IRC NR82 NJMX

Ban IRC NR82 kilometer

Well, setelah pemakaian motor hampir 1 setengah tahun dan kilometer menyentuh angka 39.080 EYD cukup puas dengan keawetan ban depan MX Strada yang menggunakan ban IRC NR82 ukuran 70/90-17. Tercatat selama pemakaian khusus untuk ban depan belum pernah mengalami ban bocor, padahal belakang sudah terlalu sering ke tukang tambal ban setidaknya sudah 3x dan akhirnya sekarang sudah diganti ke ban tubeless.

Speedometer NJMX

Secara handling ban IRC NR82 ini kurang lebihnya relatif samalah dengan ban-ban lokal lainnya, enak diajak manuver di jalanan kering maupun basah. Cuma kestabilan akan mulai berkurang jika melewati jalanan aspal beton bergaris seperti yang ada di Jl. Gatot Subroto Semanggi.

Dalam pengalaman EYD berkendara, memang diakui umur ban depan selalu lebih awet 2x lipat dari pemakaian ban belakang. Teorinya beban tekanan yang diterima ban  depan lebih kecil ketimbang ban belakang. Ban depan hanya mengalami tekanan ekstrim saat dilakukan pengereman yang ekstrim, diluar itu beban untuk ban depan boleh dibilang kecil. Kalau ban belakang umumnya ganti setiap 1 tahun (tergantung pemakaiannya) maka ban depan diganti setiap 2 tahun. EYD masih ingat penggantian ban belakang IRC NR82 kemarin adalah saat kilometer mencapai 24.000-an, so kalau ngikuti teori tadi mestinya ban depan kudu diganti saat 48.000km nanti. Tapi perlu diingat loh, angka tersebut kondisi ban sudah benar-benar habis compoundnya seperti bisa bro sis liat di artikel terdahulu.

Touring MX Strada

 

Last bersamaan dengan menunggu THR besok :D (mungkin kilometer sudah mencapai 45.000km) EYD mo coba melakukan penggantian ban depan MX Strada, pakai ban apa kira-kira, ditunggu aja artikel lanjutan dari ini bro sis :) Yang pasti EYD akan coba ganti ke ukuran yang lebih besar 1 tingkat menjadi 80/90-17 agar makin memperkokoh MX Strada sebagai kendaraan touring yang berat, antep dan ganteng.

Monggo dikomentari..

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Review 1,5 Tahun Ban Depan IRC NR82 NJMX

  1. arwan says:

    walah bro, saya juga pengen ganti ban tubeless, tp juga belum nemu merk dan type ban yang pas buat jupi ane hehehehe

  2. Nichoz Ahmad says:

    waw,,, awet juga yah,,, jupi saya dah 3,5 tahun depan belakang belum pernah ganti,,, mash bgus,, km masih 14.000an hiiihii

    http://chozinahmad.wordpress.com/2012/07/07/seperti-toyota-mobil-listrik-nasional-di-beri-merek-ahmadi/

  3. fresh & fresh says:

    gambar yang terakhir itu di posisi daerah mana ?

  4. raya says:

    ban standar depan berarti 70/90? kecil amat.. ban standar depan beat saja 80/90, punya saya malah saya ganti 90/80.. yang belakang dari 90/90 ke 100/80..

  5. kalo menurut saya ukuran ban lebih bagus kalau yang 80/80 jangan 80/90 yang bentuknya tebal dan kurang enak dilihat. kalo merk ban tubeless lokal yang komponnya punya grip paling bagus tu merk f*r (bukan f*d*r*l), tapi agak cepat gundul

  6. prayogo says:

    Saya belum bisa komentar, karena NJMX saya baru 3,5 bulan, he he he. Oiya, Bang EYD, mau tanya ples minus bagai box utility belakang apa ya? rencana mau pasang, tetapi di jalanan saya lihat tidak ada (atau belum) NJMX yang pakai box belakang.

    • EYD says:

      dengan adanya box utility dirasakan lebih banyak manfaatnya, tas ransel dan berbagai bawaan bisa ditempatkan di box sehingga badan lebih relax berkendara tanpa beban.

      kekurangannya, untuk manuver dan top speed mungkin agak sedikit dikorbankan, namun kalau sudah biasa lama-lama gak akan berasa kalau mas bro lagi bawa box di motor :)

      saran EYD apapun merek boxnya, usahakan braketnya pilih yang kokoh dan kuat sekalian, kepuasannya ada disitu

  7. hadi says:

    enakan power VTX michelin basah/hujan atau kering tetep bagus. ane pakai di depan, tp yg blk pakai IRC NR57 malah suka ngesot kalau basah. padahal umur pakai blm lama dan kembangan msh spt baru.

  8. trishinu says:

    klw untuk ban depan bisa pakai ban IRC RX-01F mas bro ukuran 80/90…hehehe

  9. ipanase says:

    ternyata ban kodenya ban ninja RR

  10. pada saat menikung dengan tajam, ban belakang motor saya agak bergeser, menurut saya karena ukuran standarnya 100/70 yang terlalu ceper. nah saya inginnya mengganti dengan ukuran 100/80 atau 100/90, saya sudah mantep sama ban IRC karena terbukti awet, tapi sayangnya IRC hanya memproduksi ban dengan kembangan yang menurut saya kurang sporty yaitu pada NR25, saran yang tepat bagaimana?

    • arfee says:

      agan agan klo ban belakang nmjx (standar dealer) klo d pindah tuk ban depan pengaruh dengan keselamatan n kenyamanan ga ya? sorry saya newbie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *