Serba-serbi Yamaha Parts di Booth PRJ

Booth Yamaha PRJ

Well, Sabtu kemarin EYD menyempatkan untuk datang kembali ke arena PRJ. Walau arena PRJ yang luas dan meriah dengan berbagai aneka pameran sudah jadi kebiasaan EYD untuk absen menyambangi kesemuanya kecuali ajang pameran otomotif yang tetap menjadi idola EYD. Kali ini boot yang menjadi fokus perhatian EYD adalah booth Yamaha Motor dengan taglinenya yang begitu jelas terpampang di depan yakni “Semakin di Depan”.

Secara umum booth Yamaha dipenuhi line-line up motor yang ada di pasaran saat ini plus  tambahan icon motor MotoGP yang dipakai Lorenzo dan Ben Spies. Namun tumben kali ini Yamaha tidak menghadirkan moge-moge lain buat penghias seperti di pameran-pameran otomotif sebelumnya. Yang EYD ingat sih, kalau pameran motor Yamaha pasti ada sambal Yamaha FZ8, TMAX 250 atau Majesty, kali ini mereka absen semuanya.

 

Line up yang baru EYD lihat di booth Yamaha kali ini adalah hadirnya warna baru dari Yamaha Vega ZR yakni pilihan warna putih. Yang lainnya biasa-biasa aja gak ada penampakan yang lebih baru. Kalau EYD lihat titik pusat pengunjung banyak tertarik memperhatikan motor MotoGPnya Lorenzo dan pada motor Soul GT yang baru.

Namun kebetulan di hari Sabtu kemarin Yamaha memang lagi mengadakan program bertajuk “Yamaha Parts Photo Contest”. Yup di ajang ini ternyata Yamaha coba memperkenalkan ke pengunjung PRJ khususnya bahwa Yamaha selain fokus dalam menjual unit motor dan layanan aftersalesnya (service), sekarang Yamaha juga getol mensosialisasikan parts-parts Yamaha yang kalau EYD lihat dan tanyakan ke salah satu karyawan disitu, harganya cukup terjangkau.

Yang paling mencolok di acara tersebut adalah EYD melihat Yamaha serius menggarap pasar helm-helm Yamaha dengan mengusung tema Clean, Safety, dan Comfort. Yang artinya adalah mudah dibersihkan, aman sudah SNI, dan nyaman dipakai karena ukurannya pas dengan ukuran orang-orang Indonesia umumnya. EYD menilai keseriusan Yamaha menggarap  pasar helm ini boleh dibilang sudah selangkah di depan dari kompetitor. Artinya kompetitor memang belum ada yang segreget Yamaha dalam hal ini. Kalau Yamaha serius dan berkesinambungan dalam memasarkan helm-helm keren ini, bukan tidak mungkin bisa bersaing ketat menempel penjualan helm-helm lokal lainnya seperti INK, KYT, NHK, dll. Satu kata buat Yamaha, Helm Yamaha keren.

Yamalube Carbon Cleaner

 

Yang kedua EYD mendapat pengenalan produk baru Yamaha bernama Yamalube Carbon Cleaner, menurut Pak Robby yang mengepalai bagian marketing parts, berfungsi untuk membersihkan kerak yang ada di klep dan ruang bakar. Wew..EYD langsung interest dengan produk baru ini, ya maklum bro sis MX Strada sehariannya minum Premium mulu, pastilah timbunan keraknya disinyalir lumayan setelah jarak tempuh 30.000an. Carbon Cleaner ini cukup murah yakni hanya Rp. 21.000 per botol (75ml), 1 botolnya bisa dipakai untuk 3.000km. Takarannya adalah, 1 botol untuk 5 liter bensin. Berarti sudah ada solusi sekarang untuk masalah membersihkan kerak timbal di ruang bakar dengan adanya produk baru ini, tidak perlu bongkar mesin untuk dikikis.

Di bagian Yamaha Genuine Parts di belakang EYD melihat layar LCD besar yang berisi database catalog spare parts Yamaha yang bisa dicari oleh user. Fasilitas ini sebenarnya sudah ada sejak lama di website official Yamaha namun mungkin belum banyak pembaca tau. Kalau belum tau mo akses URL langsungnya coba akses http://parts.yamaha-motor.co.id/ypec_b2c/ disana kita bisa mendapatkan informasi yang sangat jelas berapa harga spare part yang ingin diganti, lalu apakah ada stoknya di gudang. Jika ada konsumen bisa menyambangi dealer terdekat untuk order spare part yang dicari.

Selain itu di ajang PRJ ini Yamaha juga memberikan layanan modifikasi painting yang bekerjasama dengan Cargloss. Terpajang di situ model-model line up motor Yamaha yang sudah mendapat sentuhan painting dari Cargloss, cuman satu kata buat hasilnya, top markotop.

Last dari pengamatan EYD di booth Yamaha secara langsung, Yamaha memang paling siap dan paling lengkap informasinya dalam hal layanan spare parts. Sehingga tidak ada keluhan konsumen kesulitan atau inden dalam mendapatkan spare part. Dengan lengkapnya juga layanan parts Yamaha lainnya seperti helm, painting, dan tetek bengek spare part yang terjangkau EYD sebagai salah satu konsumen Yamaha turut senang karena istilahnya apa yang loe mau gue ada, kalau ibaratnya Yamaha itu kota, maka Yamaha sudah seperti kota kecil yang lengkap, apa aja ada untuk kebutuhan warganya. So maju terus Yamaha Motor Indonesia.

[nggallery id=2]

 

This entry was posted in atpm, Dunia Motor. Bookmark the permalink.

0 Responses to Serba-serbi Yamaha Parts di Booth PRJ

  1. iyan says:

    untuk mas bro2, motor apa nie yg nyaman buat kerja lapangan, ane 2 sampai 3 jam motor hidup trus, walau kadang di selingi break!

    • EYD says:

      untuk kerja di outdoor lapangan, saya kira motor batangan masih recommended ketimbang motor bebek, bisa pilih Vixion atau NMP buat mendukung operasional

  2. alba says:

    Saya ngebet sama Soul-GT, sayang ukuran ban nggak matching sama body, kenapa ya Yamaha “keras kepala” gak mau ganti ukuran ban yang lebih gedhe?

  3. mantri says:

    velg belakang soul gt bisa dganti dg punya xeon bro, u/ 1,85. Ban bisa u/ 100

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *