Mau mudik? Jangan lupa Zakat Fitrah sebelum berangkat

Well, musim mudik sudah masuk hari H min-min sekian. Jalur Pantura dipantau sudah mulai tampak padat merayap penuh dengan kendaraan roda empat dan juga para biker tentunya. EYD yang tahun ini enggak mudik hanya ingin berpesan bagi bro sis yang hendak mudik terkait salah satu kewajiban kita umat muslim di bulan Ramadhan ini untuk membayar Zakat Fitrah.

Sebelum berangkat menuju kampung halaman, sangat dianjurkan untuk menunaikan zakat fitrahnya terlebih dahulu di tempat kost, kontrakan, perumahan dimana bro sis mencari nafkah selama ini. Jangan membudayakan membayar zakat nanti-nanti saja begitu tiba di kampung halaman.

Perihal betapa pentingnya zakat fitrah ini ditunaikan di awal-awal ada hadits shahih yang EYD agak lupa dalilnya menjelaskan ke kita bahwa segala amalan yang kita lakukan di bulan puasa ini (puasanya, infaqnya, sholat-sholat sunatnya, tadarusnya) pahalanya akan ditangguhkan Allah SWT jika seorang muslim itu belum membayar zakat fitrah.

Nah pesan dari artikel ini EYD coba ingin ajak berfikir sejenak, kalau masih ada yang berniat membayar zakat di kampung halaman, seandainya nih (jangan sampai kalau bisa) di perjalanan mudik baik itu melalui darat, laut maupun udara mengalami kecelakaan yang berakibat fatal meninggalnya kita, maka segala apa-apa amalan yang sudah kita pupuk selama bulan Ramadhan akan menjadi sia-sia karena masih ditangguhkan amalan kita di antara langit dan bumi. Sungguh merugilah kalau sampai demikian adanya. Monggo direnungkan dan yuk segera tunaikan zakat fitrah sekarang.

This entry was posted in Artikel Religi, Mengaji and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *