Motor harian di atas 3 tahun, godaan mulai datang

Well, artikel ini EYD buat untuk memberikan apresiasi secara khusus ke rekan biker yang masih setia bersama tunggangan hariannya walaupun sudah berumur > 5 tahun. Kenapa EYD perlu salut dan mengapresiasinya? Simpel bro sis, EYD sendiri termasuk orang yang gak bertahan lama memiliki motor harian setelah motor tersebut berumur lebih dari 3 tahun.

Seperti cerita motor pertama EYD dulu Suzuki Smash, tepat berumur 3 tahun 2 bulan harus dijual. Alasan butuh duit hanya formalitas yang EYD layangkan ke orang rumah, sejatinya EYD terpaksa menjual Smash karena tertarik dengan sosok penampilan motor Jupiter MX awal-awal keluar (sekitar Januari 2006). Dibilang bosen juga enggak, tapi karena history motor Smash dulu sering kecelakaan makanya semangat untuk mengurus dan merawat sirna sudah.

Berlanjut ke jaman motor kedua EYD, Jupiter MX maron, ini umurnya agak mendingan sedikit  lebih lama bisa bertahan 4 tahunan (Februari 2006 – Juni 2010). Di akhir ceritanya EYD terpaksa jual juga karena virus bosen kembali menyerang. Namun ke orang rumah hanya beralasan butuh dana tambahan buat mudik ke kampung di Medan. Padahal intinya bosen :D

Nah EYD punya tetangga yang memiliki motor Vega R sejak 2005, sampai sekarang (7 tahunan) motornya masih itu-itu saja. EYD sama sekali tidak bermaksud meremehkan kekuatan finansialnya, karena secara kekuatan ekonomi bisa saja dia membeli motor batangan yang baru melihat penghasilannya. Namun kenapa tidak ia lakukan, nah contoh sikap-sikap seperti ini yang EYD pengen tiru. Apa sih resep agar bisa tetap setia dengan tungganan hariannya.

Orang rumah sebenarnya juga sudah mengkritik EYD sejak menjual old Jupiter MX maron terdahulu. Tapi waktu itu sepertinya hidayah belum mampir ke pribadi EYD (halah). EYD bertekad untuk merubah sifat konsumtif terhadap motor dari yang tipe bosenan menjadi tipe yang setia dengan tunggangan hariannya. Prinsip seharusnya selama motor tidak rewel dan tidak merepotkan si pemiliknya kenapa harus dijual aka diganti?

Nah mulai motor ketiga sekarang ini (New Jupiter MX Strada) EYD coba belajar mensyukuri dan pintar-pintar merawat motor secara motorsiawi. Bagaimana menepis rasa bosan terhadap NJMX, EYD sudah punya resepnya. Dengan modifikasi painting maupun penggantian komponen-komponen yang ekslusif adalah salah satunya. Dan Alhamdulillah hidayah itu mulai nampak, EYD sudah memutuskan MX Strada ini untuk menjadi motor harian seterusnya hingga dimuseumkan nantinya jika sudah terlalu tua. Tidak ada kata jual lagi bagi NJMX Strada ini :D

Bagaimana pengalaman bro sis semua, monggo dishare..

This entry was posted in Dunia Motor and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Motor harian di atas 3 tahun, godaan mulai datang

  1. mazhar says:

    Betul mas.. kalo bisa harapannya tetap awet, kalo nanti toh kepengen motor yang baru kalo bisa nambah motor…sehingga kita punya koleksi motor…di samping koleksi prangko…

  2. prayogo says:

    Mantap, ceritanya. Kalau saya sebelum punya NJMX yang skarang, dulu punya Shogun 125. Alasan saya jual adalah motor itu terlalu rewel, dan tidak enak untuk dinaikin. Akhirnya saya jual. Kalau sekrang, mudah2han bisa bertahan lama. Amin.

    • taufiq says:

      Wah menarik juga mas. Tapi kenapa baru sekarang mas dapet hidayahnya..?? He..He..He..
      Klo ane sih kebetulan atau memang sudah mendarah daging gitu dari orang tua klo punya barang harus di eman eman. Saat ini ane punya NJMX biru 2011. Motor pertama yang ane beli hasil dari keringat sndr Jupiter orange thn 2001 smp skrg masih ada dan gak akan ane jual berapapun ato smp kapan pun (bnyk historiesnya soalnya).

  3. Papa Afnhy says:

    saya malah tipe biker tahan lama.. tornado ’96 pemakaian 2002 beli seken baru saya ganti tahun 2010…mungkin soal dompet dan selera juga..

  4. blogmotorcycle says:

    bro sorry kayaknya grammarnya salah dech broooo enjoy diikuti oleh ing jadi enjoy riding hehheeheehhe , ane pakai motor smash ke kampus …heheh niat mau tuker sihhhh ..udah endud2 an…tapi emak gak boleh dulu sampai kuliah selesai baru beli hehehehe…oke dechhhh

    • EYD says:

      wew..betul juga, makasih koreksi grammarnya mas bro :)

      2 motor EYD termasuk yang disiksa cara gebernya sehingga suara mesin cepet kasar, karena itu EYD males ngurusnya, NJMX Strada yang sekarang dibuat sehalus mungkin bejeknya :D

  5. mantri says:

    tuk motor Jepang masa pake’y bs 7 thun. Dg syarat rajin perawatan’y(gnti oli, filter oli, filter bensin, ganti part yg aus ssuai limit). Jangan krn motor ‘rewel’ lantas djual..ane comitment” coba ampe umur brapa motor ane pake(durability’y)”

  6. PuguhP says:

    motor ane udah umur 8 tahunan, tapi baru ane pake 6 bulannan tapi udah bosan :(

  7. Andre says:

    Mas pertama kalau motor kita pingin awet ga di jual ya harus mengenang kembali sejarah motor tsb dan biasanya saat susah , senang bersama motor tsb bahkan juga pada masa-masa sma , masa-masa pacaran bersama motor tsb sehingga kita dapat berpikir lagi apakah kenangan dapat dibeli , begitu kata ayah saya yang kukuh tetap tidak menjual motornya

  8. iyan says:

    lumayan, dr pada ane manyun, hehehehe,,,,,,,,, udh 6 tahun juga ane pake motor SMASH ORANGE….. DI pake brother malah skrg,,,,, masih enak katanya…. wusssshhhh,,,,, si GESIT IRIT…….

  9. ober says:

    beda ane beda ama juragan eyd
    ane pertama kali bisa beli motor ama pake duit sendiri ya Jupiter mx, tahun 2005
    awal 2007 hilang di curi orang, nd abis itu ane beli jupiter mx lagi
    mx ini ane jual nd ane pake mx milik istri
    tahun 2011 ane beli xeon, tapi ga puas sma performa nya, jual lagi nd
    ane balik lagi ke mx setelah coba beberapa motor untuk buat perbandingan.
    sampe sekarang .. MX … terusss ….
    itung2 sih ane punya mx sampe 5 kali
    heheheheh

  10. Ndledek says:

    gue setuju ama masEYD soal motor kalo dah sering kecelakaan,rewel dll yg intinya motor itu nggak barokah buat kita dijual saja.soalnya keberuntungan itu ada dalam 3 hal yaitu kendaraan ,rumah dan perempuan .makanya sebelum kita menggunakan salah satu ketiganya apabila masih baru kita doa in terlebih dahulu biar barokah trus langgeng jadi milik kita

  11. XD says:

    Alhamdulillah si supri 100(2001) masih betah dirumah menemani ane hingga kini…

  12. Timor says:

    Iya mas bro,qt coba utk Setia,hee…
    Biasanya ane 1thn skali ganti motor,ni utk ptama kalinya pke NJMX&spertiny dpt feelingna.,mudah2an tdk lagi mnjadi org yg konsumtif thdp “pengoda2” yang datang,hihihii……
    :D

  13. Nino says:

    wah kalo ane lain lagi gan.. sebelum memiliki NJMX Putih bulan juli kmaren, ane make motor Yamaha F1ZR agustus 2005 ampe akhir juni tahun 2012 ini (Yamaha F1ZR dibeliin nyokap sewaktu kuliah).. ane jual karena udah rewel banget, Alhamdulillah, NJMX Putih motor ane yg merupakan hasil keringat ane sejak menjadi kuli tinta dikantor dari tahun 2010..

  14. Rizqibe says:

    Saya motor yang paling lama pakenya Shogun 125 itu 2.5 tahun, naik kelas ke Ninja 250 second, baru pake 3 bulan langsung jual beralih ke Ninja second juga tapi yang masih low KM. Pas udah setahun pake Ninja yang kedua, bulan lalu saya jual gara-gara Ninja 250 FI keluar.

  15. ardi redMX says:

    Lihat foto vega R orange d atas jd kangen ma motor Vega 2005 yg 5 tahun Lebih menemani ku…
    cma krna muLai reweL BERAT trpaksa ganti ma redMX….
    sma redMX dah 3tahun Lebih….

  16. Jiro says:

    Wah, ane juga punya pengalaman sedikit berbeda.
    Sebelumnya ane pake Jupiter MX merah maron lansiran 2008.
    Namun karena pernah kecelakaan, MX ane terasa gak nyaman lagi.
    Rencana mau jual, eh motor yg udah berusia 4 tahun itu malah diembat maling (Tragiiis).
    Akhirnya bulan mei kmaren beli motor pengganti, pilihan jatuh ke MX lagi, yaitu NJMX putih.

    Forza MX..
    :D

  17. iix says:

    ane dulu dari 2007 setia pake supri fit. karena image dari dulu H paling irit. awal maret 2013 diputuskan tuk jokul tuh motor karena rewel sering sakit2an. akhirnya pilihan jatuh ke NJMX. pas di test kok konsumsi BBM sama ya kyk supri fit ane yg dari dulu nemenin ane selama hampir 6 thn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *