Berkunjung ke Warehouse POD YIMM, Layanan Delivery Part Yamaha Semakin Cepat

Sabtu siang kemarin alhamdulillah EYD bisa menyempatkan diri bersama rekan-rekan lain berkunjung ke pabrik Yamaha khusus untuk Part Operation Division (POD) di Kawasan Industri Cibitung. Pabrik seluas 5 hektar ini adalah pusat penyimpanan dan distribusi semua part sepeda motor Yamaha (Yamaha Genuince Part) ke seluruh Indonesia. Distribusi meliputi ke 3 DDS, 47 main dealer dan stock point di seluruh jaringan dealer Yamaha.

 

Yamaha memperkenalkan layanan barunya yang diberi nama EX-FAST, yang manfaat paling dirasakan bagi konsumen motor Yamaha adalah kecepatan mendapatkan spare part maupun aksesoris asli yang dibutuhkan hanya dalam waktu 1 hari, yang dalam bahasa kerennya one day delivery sistem. Jadi jika konsumen melakukan pemesanan part/aksesoris  di hari kerja (08.00 – 14.00wib) maka besoknya konsumen sudah bisa mendapatkan part/aksesoris yang dibutuhkan, lumayan cepat bukan? Ini adalah kondisi jika part atau aksesoris yang diminta konsumen tidak tersedia di dealer.

Lalu jika part/aksesoris tersedia di dealer, ya konsumen gak perlu nunggu seharian, langsung cash and carry aka sameday delivery kalau di jargon EX-FAST ini.

Lalu yang menarik dan EYD juga baru tau adalah, adanya program bernama POS (Priority Order System) ini diperuntukan bagi konsumen yang mengalami problem dan membutuhkan parts secara cepat untuk kendaraannya (misalnya karena kecelakaan atau problem-problem lain yang sifatnya emergency sehingga sepeda motor tidak dapat beroperasi)  ini bisa langsung melakukan POS order melalui DDS jika di main dealer stock part tidak ada. Sesuai dengan namanya, POS akan lebih diutamakan pengirimannya ketimbang reguler order yang lain. Dalam layanan POS tidak peduli parts yang diorder hanya sebiji atau hanya seharga 3 ribu perak, tetap akan dikirim, wew.. perlu dicoba nih.

Saat kunjungan juga mendapat informasi berharga bahwa POD Yamaha telah memberikan edaran pemberitahuan ke semua dealer 3S Yamaha agar tidak melakukan Upping Price. Apa itu? Yakni tidak  menaikan harga spart part YGP lebih dari harga HET yang dikeluarkan oleh POD Yamaha. Nah disini konsumen dengan teknologi informasi saat ini dapat melihat secara gamblang informasi harga spare part Yamaha melalui web http://www.yamaha-motor.co.id/spare-parts. Artinya jika bro sis mendapatkan harga spare part lebih mahal dari harga eceran tertinggi (HET) Yamaha, monggo Call Center Yamaha sudah siap menerima laporan dari bro sis semua. Duit bro sis akan dikembalikan selisihnya dari harga HET oleh Yamaha setelah proses pengaduan yang kurang lebih memakan waktu 7 harian, seperti di jelaskan Ibu Fitria saat memaparkan program EX-FAST ini di POD Yamaha Cibitung. Dealer-dealer nakal yang kedapatan melakukan upping price tersebut akan dicabut fasilitas-fasilitas kerjasamanya seperti mendapatkan diskon dari POD Yamaha, dll.

Nah sore ini kebetulan EYD jadwal rutin ganti oli, EYD coba iseng sambangi salah satu dealer Yamaha AMIE JAYA MOTOR di daerah Gunung Putri  pengen tau apakah dealer ini sudah menjalankan EX-FAST atau belum. Hasilnya harga oli Yamalube Sport persis sama dengan yang ada di web, yakni Rp. 34.000, good.

Btw dari tadi ngomongin EX-FAST? EX-FAST adalah salah satu ikhtiar POD Yamaha untuk meningkatkan kualitas layanan spare part Yamaha bagi konsumen baik itu dalam kecepatan deliverynya, ketersediaan stok maupun pelayanan di garda terdepan oleh Part Counter di jaringan 3S Yamaha.

EX-FAST sendiri terdiri dari singkatan:

  • (EX) Excellent Parts Services, memberikan pelayanan terbaik, ini tugasnya part counter, misalnya jika konsumen mencari spart part namun tidak tersedia di dealer, bagaimana pencarian solusi bagi konsumen, so tidak ditinggalkan begitu saja suruh cari di dealer lain.
  • (F) Fixed Price, harga yang sesuai (HET)
  • (A) Advance Delivery System, Pengiriman yang cepat
  • (S) Stock Always Available, mudah mendapatkan parts yang diinginkan
  • (T) Technology Information, mudah dalam mendapatkan informasi parts

Last dari knowledge layanan ini, bro sis mulai sekarang bisa lebih kritis dengan aftersales 3S Yamaha khususnya di bagian Parts counter. Jika ditemukan harga tidak sesuai dengan HET, langsung laporkan bro ke Call Center Yamaha. Bathin ini akan puas jika bisa mendapatkan spare part yang kualitas terbaik dengan harga terjangkau yang tidak dimahal-mahalin oleh dealer nakal. Monggo cekidot beberapa foto yang EYD abadikan suasana di warehouse Yamaha Part Center Cibitung kemarin.

This entry was posted in atpm, Dunia Motor and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Berkunjung ke Warehouse POD YIMM, Layanan Delivery Part Yamaha Semakin Cepat

  1. Yanda says:

    Mantab om bro..gk mnt info tentang produk yg bakal dirilis nih..?hehehe

  2. ardi redMX says:

    info yg muanthaap masbro…

    jd kLo k beres trus ada harga part yg Lbh dari harga asLix bsa Lgsung d Laporin yah..
    top dah…

  3. erni says:

    informasi yang bermanfaat,good
    tapi saya punya masalah saat beli motor yamaha V-Ixion warna merah,kok dapat helm nya warna putih,sangat tidak pas bila di pakai,udah tanya ke dealer bisa di ganti ngak,katanya ngak bisa,mohon solusinya

  4. sentot joko sutanto says:

    Apa benar kl service pertama lewat dari bulan tapi kilo meter 800km tetap kena biaya oli dan service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *