Sudah Tubeless, kena paku 2 inci KO juga

Well, kemarin sewaktu mau berangkat kerja begitu menggeser MX kok agak berat, ternyata ban belakang 110/70-17 kempes. Hm..pasti kena paku nih pikir EYD, dan ternyata betul setelah dicek dan diraba-raba ternyata ada tonjolan paku. Yo wis EYD tuntun hingga ketemu aspal bagus lalu EYD kendarai dengan gaya berdiri ala supermoto sampai ketemu tempat tambal ban.

Di tempat tambal ban EYD cuma minta angin saja karena kebetulan lagi mengejar waktu pengen tambal nanti agak siangan aja kalau sudah di kantor. Akhirnya dari Cibinong EYD pun melanjutkan riding dengan gaya kadang berdiri kalau ketemu tikungan kiri ala supermoto karena takut terlalu menekan ban. Cuek deh dianggap pengguna jalan lain kenapa ridingnya berdiri ya terpaksa :D

 

Namun sesampainya di Bambu Apus Cipayung kok kondisi ban gak sesuai harapan ya. Tetep kempes juga, hm ya udah EYD menyerah terpaksa putuskan tambal saja di tambal ban terdekat, paling sebentar ini karena sudah tubeless, pikir EYD.

Lagi-lagi ternyata tidak sesuai harapan, yang tadinya dikira 15 menit beres habis dilem, setelah dipompa kok angin keluar dari sela-sela velg dan ban. Bah ini mah bagian samping bannya kena nih, alamak pinter banget sih pakunya mencari celah kesitu. Kata abang tukang tambal kalau kena samping tidak bisa ditambal untuk ban tubeless. Oalah yo wis deh pasrah, tapi karena pengen buru-buru EYD putuskan minta diisi angin aja biar ntar siang diakali.

EYD pun melanjutkan perjalanan dengan kenyamanan riding yang tercederai gara-gara sedikit-sedikit berdiri, dan duduk pun tidak sepenuhnya bisa pewe karena gak tega memberi tekanan lebih ke ban. Akhir cerita EYD pun tiba di kantor dengan sukses walau kondisi ban sudah mulai kempes.

Sorenya EYD putuskan untuk ke tambal ban dekat sekitar gedung. Tukang tambal ini pun meyakinkan ke EYD kalau ban yang sudah bocor samping tidak bisa ditambal. Nyesek rasanya padahal usia ban baru 7 bulan dan masih bagus. Akhirnya mau gak mau harus dipasang ban dalem. Hm..terasa aneh jadinya ban tubeless kok pake ban dalem.

Pelajaran yang dapat diambil dari kejadian ini. Kalau ban tubeless kena paku saat waktu tidak terlalu gaswat misal malam hari mending paku dicabut saja dan tidak masalah dituntun menuju bengkel tambal terdekat. Daripada karena hal gak diduga, si paku pinter menusuk bagian samping ban. Alamat kudu pake ban dalem atau ganti ban sekalian.

Silahkan dikomentari dan semoga bermanfaat.

This entry was posted in Dunia Motor and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Sudah Tubeless, kena paku 2 inci KO juga

  1. rasyiid says:

    kejam….kejam…..

  2. Yanda says:

    baru tau klo paku kena bibir ban gk bisa ditambel. nice info mas bro

  3. abdi mx says:

    mas ikut prihatin ya si strada lg sakit…hehe
    oh ia mas saya mau tanya. ko new mx saya baru umur 3 minggu setang terasa ga nyaman atau agak oleng..padahal ga pernah kejeglong…mohon pencerahannya

  4. joko says:

    di lem alteco atau lem G beres tuh, coba aja. ane dulu nambal ban pake lem itu bisa kok, dan gak bocor lagi

  5. joni says:

    bok ya, dah tau kena paku kok masih dinaikan. akhirnya dinding samping ban jadi ketusuk lagi dari dalam saat ban kempes. gua bingung sama orang indo, ban tubles itu kan bisa tambal sendiri, tinggal bawa toolsnya di ace hardware juga jual. gua pernah nambel ban mobil 31 inchi ga perlu ganti serep, langsung ditempat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *