Utak-atik Blog, ganti themes dulu ah..

Kalau bro sis perhatikan tampilan blog rekan-rekan blogger lainnya cenderung fix gak berubah-ubah sepanjang jaman, namun beda halnya dengan blog warung ini yang kalau gak salah sudah ketiga kalinya EYD ganti tampilan themesnya. Kenapa sih diganti-ganti tampilannya, bukannya yang kemarin-kemarin sudah lumayan dan OK. Ada aja bro yang membuat EYD memutuskan harus ganti tema, bukan masalah desain yang gak srek atau gimana, tapi lebih ke masalah performa kecepatan akses blog dan compability tampilan diakses dari berbagai browser maupun perangkat device.

Dulu awal buka warung ini, EYD  menggunakan tema Ducati, setelah dicoba berjalan ternyata banyak kekurangan dari themes tersebut, salah satunya karena kolom komentarnya tidak tampil threaded alias menjorok ke dalam bila ada balasan komentar. Lalu tema awal juga belum mobile friendly jika diakses dari handphone seperti Opera Mobile, etc.

Maka munculah keputusan untuk mengganti themes Ducati ke themes bernama Enough, pernah EYD tulis di artikel lalu, lumayan dengan themes yang baru ini kedua point kekurangan di themes sebelumnya bisa ditutupi. Namun setelah direview beberapa bulan menggunakan tema tersebut, kok perasaan akses loadingnya di beberapa browser seperti FireFox dan Opera Mini cenderung lama ya. Ada keanehan juga peringkat Alexa bisa turun secara berturut-turut dari semula ranking 300 ribuan, kini bisa sampai 700 ribuan, padahal rutinitas ngeblog tetap aktif gak pernah bolong.

Dengan berat hati maka EYD putuskan untuk coba cari themes alternatif lain yang bisa menutupi kekurangan tadi. Akhirnya EYD mendapatkan 1 tema yang dirasa cukup mewakili ekspetasi EYD, setelah trial install di subdomain lain, Subuh tadi EYD coba aplikasikan dan tuning beberapa widget serta penempatan kembali coding google adsense dari theme sebelumnya. Hasil akhirnya seperti yang bisa bro sis lihat hari ini, Warung Sejutaumat tampil dengan perubahan wajah dan layout sedikit baru. Ya semoga ini adalah tema yang bisa bertahan lama mempercantik setiap artikel tulisan yang EYD buat di warung sederhana ini.

Monggo dikomentari dan semoga bermanfaat.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Utak-atik Blog, ganti themes dulu ah..

  1. mazhar01 says:

    Klo domain .com yang dipakai sekarang ini per tahunnya tetap bayar ya..
    Beda sama wordpress to mas…

    • EYD says:

      iya, kalau domain ada biaya pertahun (perpanjangan) sekitar Rp. 93.500 di Masterweb. Blog EYD ini menggunakan hosting sendiri bukan yang versi gratis *.wordpress.com, lebih nyaman utak-atik blog yang diinstall dihosting ketimbang blog WP yang gratisan (banyak keterbatasan gak bisa ini itu).

      Kalau yang sudah punya blog di *.wordpress.com seperti tmcblog, iwb, jika ingin menggunakan domain sendiri ada biaya tambahan lain selain biaya domainnya, yakni biaya domain mapping sebesar $18 :D

  2. Ramlan says:

    Lagi musim desain responsive bro :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *