Modifikasi Pemasangan Side Box New Jupiter MX Strada

Well, akhirnya selesai juga hajatan MX Strada untuk modifikasi terakhir sesuai timeline untuk pemasangan side box sekaligus pengecatan velg hari Minggu ini. Tak banyak ungkapan perasaan setelah semuanya selesai sesuai konsep, selain ungkapan “kepuasan” dan kagum dengan hasil akhir seperti ini.

Adapun spesifikasi side box yang EYD pilih akhirnya mengarah ke side box merek lokal, setelah beberapa hari sebelumnya sempat putus asa mencari-cari tempat modifikasi yang menerima pembuatan side box custom ala polisi. Side box KMI yang EYD pilih lebih dikarenakan faktor kesan bentuk yang lebih singset dari Givi E21, padahal sama-sama memiliki kapasitas 21 liter. Jika Givi E21 memiliki braket yang lebih baik dalam hal kemudahan plug and play side box, maka untuk side box KMI ini jika ingin bongkar pasang kudu repot dikit, karena menggunakan 4 baut yang terkait ke braket bawaannya. Bagi EYD hal ini gak masalah, toh side box ini bakalan permanen gak akan dibongkar pasang terlalu sering kedepannya.

Braket side box EYD request untuk dilas ke braket custom top box sebelumnya. Hasilnya cukup lumayan dimana side box berhasil terpasang kokoh dan tidak melebihi lebar kaca spion, ketika EYD ukur dengan meteran, lebarnya 77cm. Di aksesorisnya KMI menyediakan tambahan plat lumayan banyak, salah satunya untuk dipasang melintang memopang sisi braket bagian kanan dan bagian kiri. Sudah kebayang plat polos yang melintang ini akan EYD buat apa nantinya. Yap mungkin lampu sein aftermarket akan menyusul agar menambah keamanan. Soalnya lampu sein standar sekarang terlihat menjorok kedalam ketutupan side box. Lalu pada sisi braket sebelah kanan EYD request untuk ditambahkan plat untuk menopang beban yang dikaitkan ke baut knalpot.

Setelah side box beres, lanjut EYD hubungi temen EYD yang ahli dalam pilox mem-pilox. Warna hitam pada velg akhirnya EYD lengserkan dan ganti dengan warna silver ala CBR 250R. EYD pilih warna silver agar terlihat lebih elegan tampilan MX Strada. Hasil akhirnya bisa bro sis nilai gimana kira-kira MX hijau menggunakan velg silver, cukup elegan menurut EYD.

Last dengan modifikasi pemasangan side box ini, sangat terasa perbedaan performa motor EYD rasakan. Jika dulu waktu awal menggunakan top box atau awal penggantian ban besar performa tidak begitu terasa kurangnya, tapi dengan adanya side box sekarang, performa terasa banget bedanya, menurun drastis bo. Mungkin menuju 80kpj tidak secepat seperti dulu lagi. Tapi ada 2 hal yang EYD rasakan selama penyesuaian riding 2 hari ini, pertama dengan adanya side box membuat EYD kudu lebih banyak-banyak bersabar dan hati-hati dalam meliak-liuk ditengah kemacetan. Kudu bisa mengukur celah kendaraan di depan dengan lebar side box motor. Yang kedua, style riding EYD menjadi lebih lamban dari sebelumnya, mentok-mentoknya sekarang hanya cukup 80kpj saja. Berbeda banget dengan style EYD yang sesungguhnya, lihat jalan kosong dikit langsung geber 100kpj :D

Sekian dulu sharing pengalaman modifikasi pemasangan side box pada tunggangan MX Strada EYD, monggo dikomentari dan semoga bermanfaat.

[nggallery id=9]

 

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

22 Responses to Modifikasi Pemasangan Side Box New Jupiter MX Strada

  1. th3rotor says:

    wah siap turing ni kayanya….sip

  2. andryizumi says:

    semenjak akang ngomong pingin side box yang terpasang di motor polisi, saya jadi slalu ngeliatin pasti cocok klo diterapkan di NJMX. dengan postingan akang ini bisa tambah inspirasi juga he”
    keren kang, apalagi jakarta lagi musim ujan. so gak takut bawa barang penting kaya laptop dll.

  3. ridertua says:

    Buat boncenger gimana…?? :) kaki gak mentok mas.. ?

    • EYD says:

      menurut testi dari si boncenger katanya motor semakin nyaman Pa RT, karena kedua paha jadi mendapat tumpuan bagian atas side box.

      * waktu memposisikan side box sebelum di-las, memang nyonya ane suruh dudukin jok buat diukur positioningnya :)

  4. Asep says:

    Mas EYD, habis berapa untuk box belakang-samping dan belakang-atas?(detail dengan rangkanya ya Mas :D). Hatur nuhn

    • EYD says:

      kl box atas sudah lebih awal sejak baru keluar dari dealer (2011), kl dihitung-hitung total dengan side box hampir 1.7 jeti sudah termasuk braket box atas.

  5. joko says:

    maaf mas, jadi aneh gitu

  6. Ginda says:

    Good, setelah dipasang side box, MX Strada-nya bro EYD baru kelihatan ok. Sebelumnya, dengan box belakang bikin NJMX mas bro kelihatan aneh, kehilangan estetika-nya. Gak pas banget dengan bodi kecilnya motor bebek kelihatan seolah dipaksakan make box. Kalo boleh saran – dengan tujuan tidak menghilangkan keindahan desain motor – box belakang gak usah dipake deh mas bro. Side box-nya aja :)

  7. maaf om kalo dr kesan “rame” banget he…he….tapi kalo dr segi fungsional….jempol deh…cuma agak repot ya kalo parkir dan lewat gang2 sempit……..

    • EYD says:

      alhamdulillah hari ketiga sudah bisa menyatu dengan MX Strada, laptime hari kedua ke kantor sudah bisa dipangkas jauh selap selip diantara kemacetan :D

      dari awal MX Strada emang gak tipe penyuka jalan tikus, lebih suka jalan protokol biar bisa geber :D

  8. Anderson Andrianus says:

    Apa gak trll rame tph mas?, mang bawa an nya banyak yak?, klo utk SEGI CIRI Khas gooD uda langsung tau 3232 punya SEUMAT saja

  9. NJMX rider bandung says:

    aduuuhh om .. cuma 1 kurangnya … ga sewarna sama top boxx … kan top box warnannya hitam doff sementara side boxnya hitam glow .. .. kurang sreg om …. kalo sama sama pake givi side box nya … ane acungin kalo perlu 10 jempol deh omm …..

    • EYD says:

      Pake merek lokal dulu buat review dan penyesuaian riding dengan side box 6 bulan kedepan. Jika ok upgrade ke Givi E21 sebelum long touring ke Medan

  10. ervi says:

    Salam kenal mas,sama2 area cibubur nih.sy di cikeas :D
    Kbetulan sy br angkat sb kmi jg,2nd.pgn sb givi/kappa,cm mnurut hemat sy kyknya sb kmi msh lmyn mumpuni,well ada harga ada rupa memang,yg penting segi fungsional,hehe.
    Mau nanya,mas las breketnya dimana?kali aja msh seputaran cibubur-cileungsi.sy tau tmpt las breket bagus cm jauh,daerah mekarsari bekasi timur,mau cb cari yg deket2 sini dl tp ngerti las breket box gt.
    Btw mas tgl dimana?kali aja bs papasan dialternatif :)
    Regards :)

    • EYD says:

      kalau braket ngikut braket top box yang lama, dulu bikin di Ratu Cantik Motor Lenteng Agung

      wew..tinggal di Cibubur alternatif ya? EYD gak jauh dari radius Puri Cikeas SBY masuk ke dalam.

  11. ervi says:

    Oh ratu cantik deket UI ya.
    Udh lama gak mlipir ksitu,trkhr ksana pas ownernya br ambil ninja 250,thn 2009 kl gak salah inget.pertama kali sy liat ninja 250 pake box ( waktu itu msh jarang ninja pake box :D )
    Breket topbox udh ada,breket geser,cm batang kanan-kiri lmyn pendek,hibah dr anak thunder.rencana mau tak modif biar bs pasang sb,lmyn drpd beli breket lg,hehe.
    Ok mas,nanti sy cb modif breketnya.

    Weleh,pantes kyknya sy pernah liat motornya mas,1 jalur ini mah :D
    Sy deket area asrama paspampres.
    Insyaallah kl nanti papasan saling klakson mas,biar kenal biker 1 area.
    Pulsar item tua n dekil :D
    Regards :)

  12. ervi says:

    Bukan mas,sy kl pagi anter istri sampe kawasan narogong :)
    Mas blh tau,waktu itu instalasi sb kmi estimasi biaya fitting di ratu cantik skitar brp mas?breketnya kira2 bs dibikin sistem copot pasang sidebox kah?
    Soalnya sb sy cm dpt besi penyangga kanan kiri saja,gak ada besi2 penyangga lainnya.
    Blm paham jg apa pake sb1000/sb2000 lg atau tdk usah :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *