Kunjungan Pabrik ke Yamaha Motor Manufacturing West Java

YMMWJ

Well, sebelum besok para media dan blogger serta komunitas motor mencoba menjajal New Vixion, hari ini YIMM mengajak berkeliling ke kawasan pabrik yang menjadi base produksi motor-motor entri level Yamaha di Karawang. Pabrik yang memiliki luas 35,6 hektar memproduksi lini motor-motor Yamaha Mio J, Soul GT, Vega ZR dan Jupiter Z. Sedangkan untuk lini motor sport saat ini memang terpusat di pabrik Yamaha Pulogadung, Jakarta.

EYD bersama rekan blogger lain (Eyang Edo, Mitra, Girifumi, Jules Langitan) secara gamblang bisa menyaksikan bagaimana proses mulai dari pencetakan (moulding) rangka, blok mesin, proses afkir penomoran mesin, hingga perakitan tahap demi tahap hingga menjadi sebuah motor utuh untuk kemudian ditest. Jujur bagi EYD ini merupakan pengalaman menarik bisa menyaksikan langsung proses semuanya.

pabrik ymmwj

Ohya pabrik Yamaha yang berada di Kawasan Industri KIIC Karawang ini sudah mengaplikasikan Green Factory sehingga segala bentuk limbah produksi industri diolah kembali secara kimia. Salah satu output dari proses pengolahan limbah ini adalah menjadi air bersih, namun bukan untuk konsumsi air minum bro sis, masih sekedar untuk menyiram tanaman di lingkungan pabrik atau bisa di reuse untuk proses produksi lainnya, bener-bener green factory kalau melihat lingkungan taman pabriknya bro sis.

ymmwj

Saat ini media dan blogger sudah berada di kota Bandung untuk mempersiapkan jadwal yang cukup padat Sabtu esok menjajal lewat acara touring yang dibagi 2 kelompok. Kelompok pertama berjumlah 25 unit New Vixion akan start dari hotel Savoy Homann Bandung dan finish di Green Forest. Durasi jarak tempuh kelompok I diperkirakan akan memakan waktu 3 jam. Sedangkan kelompok II akan lanjut estafet start touring dari Green Forest mengelilingi kota Lembang kemudian ke Tangkupan Perahu, kembali lagi ke Green Forest.

EYD beruntung bisa request single fighter di kelompok I besok menjajal New Vixion, sementara banyak peserta dari media yang ditentukan kudu berboncengan oleh Panitia. Yup semoga EYD bisa melakukan test ride secara maksimal untuk mengetahui secara gamblang performa maupun handling dari New Vixion ini.

This entry was posted in atpm, Dunia Motor, Yamaha and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Kunjungan Pabrik ke Yamaha Motor Manufacturing West Java

  1. Vincent says:

    Pabrik yimm, pernah kesana jg kang, bersih pula, tapi jujur kebih hijau da hi tech punya ahm, btwfoto yg bawah itu mesin mio j apa fino kang?

  2. mazhar says:

    Klo misalkan motor lama semisal F1ZR, mau pesan partnya masih bisa nggak yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *