Test konsumsi BBM New Vixion, lumayan irit

konsumsi bbm new vixion

Setelah beberapa hari NVL mampir di garasi dan dipakai wira wiri harian, baru hari ini EYD menyempatkan melakukan uji test konsumsi bahan bakarnya (maaf kalau kelamaan menunggu) :) Ada sedikit kendala yang membuat susahnya melakukan test konsumsi BBM ini pada New Vixion, loh opo iku?

Kecil tapi sepele, saat diperlukan justru rada nyusahin, apa sih? Ternyata untuk mengisi full tank BBM ke dalam tangki NVL yang memiliki kontur berlekuk-lekuk cenderung lebih lama dari motor batangan yang EYD tau sebelumnya (IMHO). Asal sudah mau luber, eh lah kok turun lagi, begitu seterusnya hingga tak sadar antrian di belakang lumayan panjang. Ya ampun tak elok rasanya EYD egois berlama-lama di pengisian premium sementara antrian di belakang menjadi panjang..wkwkwk Yo wis karena alasan itu pengetesan menggunakan BBM Premium jadi batal.

Uji test konsumsi BBM ini EYD lakukan dengan mengoplos BBM premium dengan Pertamax, alasannya kenapa dioplos sudah EYD terangkan ceritanya di atas :D Bisa bro sis hitung sendiri perbandingannya, dari 12 liter kapasitas tangki NVL, setelah diisi full tank Pertamax hingga luber, tercatat BBM Pertamax yang masuk ke tangki adalah 5,02 liter. Kilometer di speedo menunjukkan angka 5776km. Selanjutnya motor EYD pakai seperti biasa berangkat ke kantor.

Selama perjalanan putaran mesin EYD usahakan tidak lebih dari 6000rpm dan cara buka gasnya juga sedikit diurut, kecepatan maksimal juga dibatasi hanya 80 kph saja di 6000 rpm gigi 5.

Sepulangnya dari kantor EYD kembali mampir ke pom bensin ngantri Pertamax, adegan lama mengisi hingga full tank pun kembali terjadi :( untungnya di antrian pertamax hanya ada 1 motor di belakang, masih toleran lah. Setelah diisi penuh tercatat BBM Pertamax yang masuk ke tangki adalah 0,96 liter sementara jarak kilometer di ODO menunjukkan angka 5826km. So mari kita hitung konsumsi BBM dari test ini.

5826km – 5776km = 50km

FC= 50 / 0,96 = 52,08km

Akhirnya terjawab sudah estimasi EYD sebelumnya yang menebak FC New Vixion ini +/- 50km per liternya. New Vixion 52km per liter, ternyata lumayan irit juga bro sis.

konsumsi bbm new vixion
kilometer awal

konsumsi bbm new vixion
oplos Pertamax 5,02 liter

konsumsi bbm new vixion
kilometer akhir pengisian

konsumsi bbm new vixion
hanya butuh 0,96 liter untuk mencapai 50km

43 thoughts on “Test konsumsi BBM New Vixion, lumayan irit

  1. Iritnya sama kayak vario. Mantap :)

    Untung tenaga new vixion besar. Jadi kalau boncengan tetap irit. Kalau vario tenaga seadanya mesti tambah boros kalau dipakai boncengan. Menerut saya…

    Like

    • ganti shock buat apa mas.?
      gw rasa ukuran shock nupiksen udah lumayan besar walau tdk sebesar byson..
      yg paling penting menurut gw,, gmn caranya merubah tampilan headlamp + plat nomor..

      Like

  2. wuaakkk…bebek ane aja kalah irit, gila tuh vixion bisa 52km/liter, muantappp
    dijamin bakal jadi motor 150cc teririt se Indonesia tuh,,,jauh ama rivalnya cb 150 yg hanya tembus 36km/liter alias hanya setara tiger

    Like

  3. plat depan bisa pake kaki plat satria f. cocok, ud tinggal pasang … n setting dikit.
    bingung ma headlamp nya…….tu mw diapain ==” ngepas banget…

    Like

  4. emang irit ni motor…tetapi masih ada sedikit kekurangannya
    -klakson suara kecil banget
    -tidak ada indikator TOP gear, indikator sen dan netral letaknya berdekatan buat bingung orang yg baru makai
    -kalau libas banjir pasti kaki basah,terlebih footstep kiri (porseneling) suka ngangkat bila kita geser untuk memasukan gear dengan tuas belakang dan footstep sk buat nyangkut celana(mungkin faktor ketinggian motor x ya…:P)

    Like

  5. memang benar irit saya pakai Vixion New 2013 dari Wilayah Pemalang sampai Ke kota klaten dengan jarak tempo 358,7 KM itu pun sudah saya gunakan jalan jalan sampai kejogjakarta dengan BBM PERTAMAX harga Rp. 9.999,- kapasitas 10 liter dengan kecepatan antara 0-110 antara 9000 RPM dengan pembukaan gas yang tidak beraturan tercapai per satu liter adalah 35,87 KM saya anggap ini irit banget…….

    Like

    • Emang asli irit broo, ane juga baru ngetest kmaren konsumsi bahan bakar NVL ane, ane test pake pertamax full tank, trip 1 ane set di 0.0km. jarak tempuh tasik – bandung (gedebage) – buahbatu dan besoknya keliling2 bandung dengan kecepatan tetap antara 60-70km/jam. Sekali sy coba tarik gas 95 – 103km/jam tp cuma sekali coz kondisi jalanan ga memungkinkan..
      Dan Indikator bensin berkurang 1 garis saat menempuh jarak 125.7 km.
      Hitungan ane kyk gni gan (maaf klo salah)
      Total indikator bensin NVL ada 8 garis.
      Full tank = 12liter
      12 liter : 8 garis = 1.5liter
      Kesimpulannya 125.7 km bisa ditempuh dengan bahan bakar pertamax sbanyak 1.5liter. Wow !! Percaya gak percaya sih tadinya tp asli ni motor cocok banget buat ane yg suka touring. Recomended ;)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s