Fenomena penampakan distribusi NVL vs CB150R di jalanan

CB150R StreetFire

Well menarik menyimak artikele Ipan ‘Pertamax’ tentang penampakan distribusi motor NVL dan CB150R yang wis seliweran di jalanan Jogja. Dari banyaknya ungkapan para komentator dari berbagai daerah dapat disimpulkan kalau NVL lebih sering terlihat berseliweran ketimbang si CB. Hal ini juga EYD amini dengan penampakan langsung di jalanan ibukota dimana Yamaha New Vixion memang lebih rame terlihat dibanding Honda CB150R.

Komentator blogsphere sudah pasti lebih jeli dalam melihat setiap penampakan motor. Berbeda dengan masyarakat awam yang bisa saja salah menilai atau mungkin gak ngeh kalau itu motor baru :D maksudnya? Bisa jadi di daerah-daerah tertentu distribusi CB150R lebih banyak dan sudah berseliweran di jalanan, tapi karena suatu hal seliwerannya motor CB ini gak diketahui masyarakat umum. Lah opo sebab? Ya mungkin faktor X itu tadi yang membuat motor ini gak dikenal dan gak dianggap sebagai motor baru.

Jujur EYD pribadi yang sensitif mata terhadap penampakan bahkan detail setiap motor di jalanan sering salah tafsir ketika mendapati sosok CB150R ini lewat. Jika dilihat dari belakang CB150R memang mirip Old Vixion, setelah fokuskan pandangan sekali lagi baru ngeh kalau itu CB :D Nah gimana kalau dari arah depan, kesan pertama dikira itu motor New Mega Pro, lah wong headlampnya sekilas terlihat mirip (sama-sama pake konde) :D

yamaha vixion white

Ya inilah imbas dari desain pabrikan kalau mengambil sama plek desain motor-motor yang sudah kadung dikenal duluan (dalam hal ini Old Vixion). Tapi fenomena ini gak ditemukan di kasus bebek New Blade yang secara desain juga 11-12 dengan desain Jupiter Z. Masyarakat awam akan sulit membedakan produk motor baru tersebut, dan akan dianggapnya itu adalah motor lama yang sudah kadung dikenal. Jelas ini akan sedikit memperlambat penetrasi motor di pasar disaat kompetitornya (NVL) sudah semakin dikenal dan diterima oleh pasar dikarenakan penampilan yang baru dan lebih ciamik dari desain lawas. Gak dapat dipungkiri di environment masyarakat daerah tertentu yang belum melek internet alat marketing dari mulut ke mulut itu masih dominan mempengaruhi market penjualan.

So ini bisa jadi pertimbangan untuk pabrikan manapun, kalau mendesain sebuah produk baru jangan ‘mengambil’ sama plek desain motor yang sudah ada, apalagi kalau itu adalah desain motor kompetitor :) Last bagaimana penampakan distribusi NVL dan CB150R di daerah mas bro sekalian, monggo dishare :)

This entry was posted in Dunia Motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Fenomena penampakan distribusi NVL vs CB150R di jalanan

  1. brigade jalan raya says:

    Di samarinda kaltim seimbang :)

    Walau cb mirip old vixion dan nmp, tapi saya cukup tau gimana bentuknya si cb. dari depan bikin silau, dari samping old vixion menggunakan headlamp aneh dan gede, dari belakang new mega pro tapi old vixion juga :D

    Kalau liat nvl saya demen banget. Fresh design :)

  2. vixionmaniac says:

    di Denpasar mgkn masih seimbang. Saya sendiri pake NVL dan sudah memantau kelahirannya sejak agustus 2012. Januari 2013 saya dapatkan dia dg inden hanya seminggu. Mantapzz Broo..!!!

  3. Yanda says:

    Emg enak bgt liat buntut NVL dr blkg ngintilin,cm minus sering liat spatbor blkg gk center,knp tuh ya

  4. Yosha says:

    Saya sudah lihat baik NVL dan CBR Streetfire. Jujur…tanpa memihak salah satu merk: Tampilan desain jauh lebih bagus NVL. Thumbs up buat Yamaha. Untuk performance dan kenyamanan…sori belum nyoba he..he

  5. Yosha says:

    Sori nih bro Endrik…itu gambarnya old Vixion atau new Vixion yah?

  6. manSar says:

    Paling keren lah dua2nya,, cuma kalo CB diliat dari belakang kesannya bosen, udah pernah, udah sering.. Kalo liat NVL keren juga,, cuma spakbor udah kayak spakbor modif yang ditambah karet biar air nga terlalu nyiprat, kurang enak dipandang jadinya..

  7. super red says:

    Dijatim NVL seliweran.
    CB masih jarang

  8. inoelbom says:

    Ane di Solo,
    menang NVL lebih sering saya jumpai… hampir 10 kali ketemu, bahkan sempet test ride pinjem punya teman…
    tapi CB150R baru 3 kali, dan itupun dari arah belakang dan pada ngebut semua…

  9. Asys Fandi says:

    Wajar saja bro……..CBSF ibarat bayi yg baru lahir…masih bo belajar berdiri, berjalan, lalu berlari………lah NVL ibarat balita yg sdh mo lulus TK……maunya lari terus klo bermain…..hehe. Dua2nya oke buat pilihan konsumen….ane sendiri penunggang NVL…jos emang dari segi desain…!! klo tenaga sih 11-12 lah………..

  10. Adhitya Ramadian says:

    xixixixixi

  11. someone says:

    di magetan-madiun ktemu NVL dah 5x tp CB150 bru 1x thok,
    lbih LAKI NVL mnurut ane sih, lebih gagah IMHO :D

  12. mx marun says:

    indramayu barat new viki sdah bnyak d’jalanan…cb 150 bru lihat 2x.

  13. Biru says:

    purwokerto nvl 5x, cb 1x.

  14. sintoGENDENG says:

    Klo saya sih lebih milih CB150 R bos…akselerasinya mantap

  15. raharja says:

    best choice gue akhirnya NVL ,pu…uas abiz , mesinya tahan banting ,bbmnya ya mirip matic lah

  16. faza says:

    klo w sih milih cb150r karna w suka kecepatan dan w udh pnya drmh inden cuma 2 minggu , w akui klo masalh desain nvl boleh lah klo masalh kecepatan atau d’ajak naik gunung turun gunung w brni taruhan nvl gk ada apa2’na sama cb soal’na w dah ngetes , nvl tuh body gede tpi kecepatan kurang gk laki bnget hehehehe

  17. purwokerto says:

    motor cb150r gw uda nongkrong 5 hari di AHAS gara2 mogok…
    blm ada kpastian karna sperpakna susah harus inden 3 minggu

    cod:cikarang,bekasi

  18. ritsvan says:

    Wah mantap meski saya baru merasakan nvl tapi itu dah cukup sekali memenuhi kebutuhan saya..irit bbm Bentuk ok dan mesin ok kecepatan josss..bersyukur sementara ini Keluhannya jg gak ada.. Semoga kedepannya juga gak ada.. Yg gak kalah juga Jadi Makin rapet dengan kekasih juga.. Hehhe..

  19. jurnal barat says:

    Nvl emng kren, tpi aq tetep mlih si cbsf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *