Kumpul Blogger Otomotif se-Tanah Jawa di plant 3 AHM Cikarang

EYD AHM

Well, Sabtu kemarin EYD bersama rekan-rekan blogger lain berangkat menuju plant 3 PT. Astra Honda Motor di kawasan industri M2100 Cikarang. Ada yang beda di event yang mungkin belum tentu setahun sekali bisa ngumpul seperti ini dimana rekan-rekan Blogger dari daerah bertemu dengan Blogger urban yang tinggal di Ibukota dan sekitarnya kumpul jadi satu. Dulu dan perdana acara yang sama di tempat yang sama pernah dibuat AHM pada tahun 2009. Dan itulah awal kebentuknya Koboys dan juga Indomotoblog (CMIIW), saat itu EYD belum kenal dunia perbloggeran otomotif, masih silent reader itupun baru sebatas kenal blog Kafemotor. Bahkan kenal blog Kang Taufik baru sekitaran Oktober 2010 seingat EYD.

Kembali ke acara, lewat acara yang bertajuk Plant Tour ini AHM memperkenalkan ke para Blogger Plant milik AHM di Cikarang M2100 yang khusus memproduksi motor matic. Disini diajak melihat secara langsung proses perakitan unit motor matic dari A sampai Z dalam satu tempat yang dinamakan Plant One Pack. Disini Blogger diajak muter-muter melihat prosesnya, tampak pekerja yang memiliki job desc keterampilan masing-masing bekerja dengan kecekatan dan ketilitian. Jadi pekerja yang khusus merakit CVT ya kemampuannya hanya cekatan dalam merakit komponen itu saja, one man one skill.

Vario 125 ISS

Di lain unit bisa disaksikan sebagian pekerjaan pencetakan mesin, welding yang dilakukan oleh pekerja robotic. Ya overall karena EYD sudah pernah main juga ke plant tetangga, proses pekerjaannya relatif sama, yang paling menarik bagi EYD ya melihat mekanisme pekerjaan para robot ini dalam mencetak mesin, mengelas, etc. Dalam penjelasan Pak Yudi dari AHM, untuk merakit unit motor lebih cepat dari membuat indomie bro sis, hanya 22 detik, beuh kebayang mas bro kayak apa kecepatan kerjanya.

Di event ini AHM juga menyisipkan knowlegde untuk produk terbarunya Honda Vario 125 ISS ke Blogger. Idling Stop System mungkin bro sis sudah sama-sama tau gimana fungsinya dan cara kerjanya. EYD hanya ingin share impresi menggunakan fitur ini sewaktu test di Plant 3A kemarin. Perbedaan dengan Vario 125 sebelumnya yang terlihat kasat mata hanya pada keberadaan saklar ISS di sebelah kanan. Jika ingin mengaktifkan ISS, tekan saklar bawah berlabel Idling Stop. Jika ingin normal tanpa ISS, tekan saklar atas berlabel Idling.

Impresi yang EYD rasakan dengan fitur ini adalah, coba berjalan dengan kecepatan > 10kpj lalu berhenti sebentar selama 3 detik, maka mesin pun akan mati. Tapi lampu utama tetap nyala bro sis karena menerapkan AHO. Nah coba puntir kembali throtle gas, lah kok alus tenan suara mesin langsung hidup tanpa ada gejala ‘gejedek’ seolah mesin tadi tidak mati, halus bener. Secara konsumsi BBM jelas sistem ini bisa menghemat BBM jika di kondisi rute yang banyak menemukan lampu merah.

Blogger Otomotif

Tapi pertanyaan yang mengganjel di EYD gimana dengan keawetan aki? Bayangkan bro sis berhenti di lampu merah bisa kadang 1-2 menit bahkan ada beberapa lampu merah yang lama bener hingga 3 menit. Apa aki gak tekor digunakan menyalakan lampu utama selama itu. Ternyata pertanyaan ini dijawab oleh Pak Edi menjelaskan bahwa ada perbedaan ECU di Vario 125 ISS ini, dimana untuk pengisian aki mengisi 1,6x lebih besar dari biasanya. Hm..masih penasaran gimana kekuatan aki Vario ISS ini setelah nanti 1 tahun pemakaian, mudah-mudahan ada pemilik yang mereviewnya.

Diluar topic, ternyata Vario 125 ini posisi ridingnya nyaman banget, walau jok tinggi tapi ternyata pas buat ukuran EYD :D yang sempurna menapakan kakinya ke aspal. Calon pendamping MX Strada ini nampaknya :D

Last yang paling penting dari acara kemarin bagi EYD ya ajang silaturahim dengan sesama Blogger otomotif di tanah Jawa. EYD bersyukur bisa mengenal lebih dekat bro-bro yang ane absen dulu ah.

1. Heru Ridertua
2. Bambang Nunggang Jaran
3. Wiro Nyobamoto
4. Aa Ikhwan
dan masih banyak yang gak bisa EYD sebutkan satu per satu.

EYD mengucapkan terima kasih ke AHM yang telah memfasilitasi ajang silaturahim seperti ini. Ada kepikiran pengen bikin group WA buat komunitas blogger ini, siap-siap bro Blogger semua kalau ada invite dari EYD :D Silahkan dikomentari bro sis semoga bermanfaat.

Bambang Nunggang Jaran

Blogger Otomotif

Aa Ikhwan AHM

This entry was posted in atpm, Dunia Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Kumpul Blogger Otomotif se-Tanah Jawa di plant 3 AHM Cikarang

  1. rezka says:

    lebih cepat dari membuat indomie???
    Luar biasa..
    Vario nya makin canggih aj tu.. Kya’y emang ccok tu bwt pndamping MX strada’y mas EYD.. xixixi

  2. nbsusanto says:

    wuss..langsung kepincut pada percobaan pertama.. :lol:
    kemaren pas jalan dari gedung pabrik ke gedung pertemuan aku di belakang njenengan mas, pas itu udah kepikiran itu mas eyd sejuta umat bukan, mau nyapa ragu-ragu.. :oops:

  3. Taufik says:

    yang penting silaturahim . . .betul begitu mas
    itu paling utama

    • EYD says:

      Betul Kang.ternyata baru nyadar kl mas James Bonsai biker tetangga deket EYD selama 8 tahun, tapi tidak saling kenal.sungguh terlalu sekaligus terharu :)

  4. Mbah Kasan says:

    Wah… rame euy…

  5. newsaynow says:

    bosss kapan ada acara kumpul lagi ,,,,,asli kayaknya seru bro jadi pengen ikut

  6. bintangjati says:

    request gp austin nya tolong direkam :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *