Pilihan model sarung tangan (Glove) untuk bermotor, pilih yang mana?

Gloves

Mas bro sekalian, lewat artikel ini EYD ingin mengulas tentang pemilihan model sarung tangan untuk berkendara motor. Sarung tangan atau biasa disebut gloves merupakan salah satu aksesoris pendukung untuk meningkatkan keamanan saat terjadi benturan yang diterima oleh pergelangan tangan. Fungsi lain dari gloves mungkin bagi sebagian pengendara digunakan untuk melindungi kulit tangan dari sinar matahari langsung disaat terik. Ada juga yang menggunakannya untuk mengurangi rasa dingin kala berkendara malam hari.

Dari semua model pilihan sarung tangan untuk motor, EYD melihat terbagi 2 jenis yakni model tertutup dan model setengah terbuka (jari-jari terbuka). Kedua jenis model gloves ini untuk yang agak mahalan dikit biasanya sudah dilengkapi dengan protector. Sedangkan untuk model yang murah meriah protectornya hanya mengandalkan busa yang agak tebal pada bagian luar pergelangan.

Gloves

Dari banyak pengalaman EYD bergonta ganti sarung tangan, EYD punya kriteria dan pilihan sendiri terhadap model-model gloves. EYD lebih prefer sarung tangan yang model setengah terbuka dimana jari-jari terbuka bebas. Ada dua alasan kenapa EYD pilih model ini, pertama karena faktor sense of grip menggunakan sarung tangan model ini lebih maksimal. Entah kenapa EYD sudah coba (hanya mencoba) beberapa kali model sarung tangan yang tertutup, sense of grip membejek throtle gas jadi berkurang drastis. Alasan kedua mungkin bro sis juga sama-sama tau, memakai model setengah terbuka tangan menjadi lebih adem gak kepanasan karena sirkulasi udaranya masuk. Coba aja pakai model sarung tangan tertutup saat ditengah kemacetan di siang bolong kebayang dah panasnya gimana.

Kembali ke masalah pilihan, menurut EYD kalau pakai model yang tertutup lebih baik pilih yang mahal sekalian yang punya protector, karena tujuannya jelas untuk melindungi tangan saat terjadi kecelakaan atau benturan. Tapi kalau sarung tangan sekedar buat melindungi kulit tangan dari panas matahari, mengurangi rasa dingin di malam hari nampaknya sarung tangan model setengah terbuka ini lebih pas dan nyaman. Gak perlu mahal-mahal di bawah 50rb juga banyak kalau pilihan sarung tangan model begini. Kalau ada protectornya lebih baik lagi. Gimana opini mas bro perihal pemilihan model sarung tangan yang pas buat riding, monggo dikomentari.

 

This entry was posted in Safety Gear and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Pilihan model sarung tangan (Glove) untuk bermotor, pilih yang mana?

  1. brigade jalan raya says:

    Saya suka yang gak full. Kecuali balapan. Meski gak pernah ikut balap tapi yang full lebih pas buat balap doang. Buat ke pasae atau jalan-jalan gak cocok. Panas juga tuh :(

  2. saya lebih suka yang full tapi yg tipe buat motocross (macam sc*yco atau a*) karena adem, pake yg leather(full juga) cuma pas touring aja.

  3. andhika says:

    setahu saya, untuk model tertutup sudah ada semacam ventilasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *