Keluhan New Jupiter MX dari Pengunjung Warung

new jupiter mx

Salam sejuta umat, mas bro sekalian, sebagai pengelola blog sederhana ini sekaligus penunggang motor New Jupiter MX, beberapa kali EYD mendapat email dari pengunjung yang mengutarakan keluhannya seputar motornya khususnya NJMX. Jujur EYD greget kalau gak melihat atau merasakan langsung gejala atau feeling di motor yang dikeluhkan, namun berbekal pengalaman dari menggunakan MX Strada yang cukup lama dan pengetahuan dasar mesin NJMX, EYD selalu coba merespon setiap pertanyaan-pertanyaan †yang dilayangkan ke redaksi.

Di kesempatan kali ini EYD coba angkat satu case menjadi artikel di blog supaya bisa dishare buat pembaca lainnya yang mungkin akan dan sudah mengalami keluhan yang sama. Ok cekidot emailnya dari bro kita Dustin penunggang New Jupiter MX

Selamat Pagi Bro EYD.

Perkenalkan, saya Dustin. Sy salah satu penikmat blog sejutaumat bro EYD.
Mohon maaf sebelumnya kalo saya menggangu, saya hanya ada beberapa
pertanyaan, siapa tau bro EYD ada solusi tepat dan pernah mengalami
kejadian yang sama.

Kebetulan MX saya sama persis seperti punya bro EYD, hanya saja sy msh
tahun muda, yaitu Maret 2012.
Sy ada sdkit masalah bro EYD, motor MX sy ada di kilometer 25.000an, kira2
sekitar 2-3 bulan yg lalu, sy service, ganti air radiator, ganti busi,
ganti filter karbu, dan filter oli di beres yamaha.

Setelah selesai semua itu, seperti biasa mekanik test ridding motor sy,
setelah di test, mekanik bilang MX sy koplingnya kependekan, makanya susah
netral. Padahal sy ga prnh stel kopling sy sama sekali dri pertama beli.
Alhasil di stel kopling sy sama mekanik beres, berasa sedikit lbh jauh.
Maklum sy terbiasa dgn settingan kopling pendek.

Tapi entah kenapa, smpe skrng motor sy dirasa bermasalah semenjak kejadian
itu. MX sy klo RPM tinggi di jalan gladakan/jalan tidak rata, itu goyang2,
seperti koplingnya kepencet dan bergetar.
Tapi kalau RPM rendah, tidak ada masalah. Saya cek ban, klaher, pokoknya
jeroan ban belakang, itu stabil semua. Dan kalau jalan bergelombang itu
juga tidak berasa apa2.
Mksdnya jalan bergelombang, jadi jalanannya tidak rusak, hanya tidak rata.
Kalau jalan gladakan, itu jalannya tidak rata plus goncangan besar.
Biasanya jalan gladakan sy rasakan di jalan busway atau jalan dari semen
Cor.

Paling berasa di jalan yang ada garis2 putih tidak rata, seperti jalan tol
kalau mau masuk gerbang tol, itu goyang2nya berasa bangwt bro EYD, tapi
goyang2nya kalau RPM tinggi/sedikit tinggi.
Kalau RPM rendah/motor sy masukkin kopling dlm keadaan berjalan, sy tidak
merasakan goyang2.
Goyang2 yg dirasakan seperti masuk kopling, jadi ndut2n.
Padahal saya sampe sengaja tangan saya dijauhkan dari handle kopling.

Kira2 bro EYD ada solusi untuk masalah ini?
Maklum, budget sy tidak banyak, sy takut asal bongkar malah makan biaya
banyak, kalau bisa bongkar langsung ke titik masalah.
Terhitung jg MX sy blm lama sy pakai.
Mohon pencerahannya bro EYD.

Kiranya Terima Kasih banyak Bro EYD atas waktunya, mohon balasannya bila
sempat.

Jika menganalisa kronologi dan penjelasan dari bro Dustin, EYD kok menyangsikan permasalahan dari sektor mesin khususnya area kopling. Masalah di sektor daleman mesin tidak mungkin merembet bisa menyebabkan kestabilan body motor secara signifikan. Untuk †membuktikannya coba bro Dustin lakukan manuver di jalan yang mulus nan rata, apakah terjadi gejala goyang di body.

Kecurigaan EYD kok cenderung ke sektor umur dan tipe ban yang digunakan. EYD gak sebut merk, tapi EYD punya pengalaman sendiri †saat menggunakan ban tertentu yang alurnya lurus tidak zigzag menghadapi jalanan aspal beton yang ada garis-garisnya itu cenderung goyang di kecepatan 50kpj ke atas. Saat masih baru sih tidak begitu terasa, tapi begitu sudah mulai umur alias mulai menipis compoundnya gejala goyang-goyang setiap melewati jalanan beton kental terasa.

Last kalau memang bro Dustin sebagai pemilik yang †lebih bisa merasakan dan mengenal habit tunggangannya sendiri, stelan kabel kopling cukup mudah diaturnya di blok kiri mesin meggunakan tang dan kunci pas 12. Coba aja dikembalikan settingan spasi tarik kabel koplingnya kembali pendek seperti kebiasaan sebelumnya, apakah gejala goyang masih ditemui? Mungkin ini aja tanggapan dari saya bro Dustin, anyway jika ada pengunjung lainnya yang mau bantu keluhan bro Dustin dan punya masukan lain monggo ditambahken di kolom komentar.

This entry was posted in Dunia Motor, Yamaha and tagged . Bookmark the permalink.

72 Responses to Keluhan New Jupiter MX dari Pengunjung Warung

  1. ipanase says:

    1. pantek kopling
    2. kampas kopling
    3. jenis ban :D

    • EYD says:

      pan emailmu wis tak bales yo, terimo?

      • hari says:

        Mas EYD
        Ane njmx nih
        Ane pke yg kluaran 2008
        Km masih rendah sih
        Ane mau Tanya nih mas
        Kenapa saat kecepatan tinggi terus gas diturunin sebab ngerem kok mesin malah menghentak pengeen kenceng ya..pernah kan saya bawa singgle bekasi jogja
        Tiap kecepatan tinggi terus ngeerem ama gas ditutup menghentak terus
        Apa penyebabnya apa malah bagus begitu
        Yg kedua
        Kan kemarin sok dpaan ane ganti olinya. Kok malah jd gak ngesok ya mass..apa kurang olinya apa pirny padahal ori semua
        Itu saja saya tanyanya
        Mohon infonya
        Njmx jos gandos@EYD

    • ijo royo royo says:

      saya juga goyang mulu kalo lg speed tinggi …namun saya rasa dariban yg saya pakai yaitu corsa yg kembangnya melintang…

  2. angga says:

    Salam NJMX strada..

    wah keaadaan nya sama kaya ane tuh gan,,
    ane jg kya gtu clu nemu jln beton yg gk rata(grindil≤) trus jln cet kya gtu, sma jln berglombang, pasti ke stabilan itu kurang..
    tp clu di jln aspal rata stabil≤ aja, kcptan braoa pun.

    bnyak msukan ke ane sih malah ban Yg krang ngegrip ke jln.

    mknya ane jg lg coba ngumpulin budget buat beli ban tubeless yg ktanya, ada yg enak di segala medan,
    yg budget nya lmayan, ma’lum bnyak kbtuhan,

  3. rasyiid says:

    Kalau masalah muncul setelah dari beres, sebaiknya kembalikan ke beres dan minta dicek oleh mekanik yg lain sebagai second opinion….biasanya di pendaftaran kita bisa tanya siapa mekanik yg paling care..

  4. Heru Kresnanto says:

    buat bro dustin sebaiknya komplain kembali ke beres yamaha tsb,pengalaman ane mirip dgn bro dustin..coba cek bannya dan kondisi laher,kalo motor ane kebetulan pas ada keluhan spt diatas,langsung ganti ban..syukurnya masalah teratasi…just saran aja kalo bisa minta mekaniknya kembalikan stelan kopling sesuai pemilik…..maaf kepanjangan….
    heheheh

  5. Dustin says:

    wah terima kasih buat teman2 atas sarannya.
    kebetulan saya menggunakan Ban Dunlop uk.90/90.
    kenapa saya pilih dunlop? karena yang saya rasakan, dunlop memiliki soft compond yg cukup tebal.
    memang ulirnya lurus, tidak zigzag.

    boleh juga masukannya kawan2, mungkin dari sektor ban. Tapi kalau ganti ban, saya baru pakai ban ini kurang lebih 4 Bulan, ulirnya masih cukup tebal.
    kalau jalan rata/mulus, semuanya tetap stabil. Hanya di jalan gladakan saja(jalan busway/jalan semen cor)

    Kalau untuk stelan kopling, saya sudah stel kopling sendiri sesuai yang saya nyaman.

  6. Dustin says:

    Tapi bro-bro sekalian, untuk goyang2nya saya hanya rasakan ketika motor RPM tinggi, tapi kalau kecepatan tinggi sy masukkin kopling, itu tidak berasa goyang2nya bro-bro sekalian.

    kira2 ada yg pernah mengalami seperti itu?
    Kecendrungan saya, mungkin masalah per kopling, atau kabel koplingnya ada masalah.

    Tapi nanti kalau sempat saya akan balik lagi ke beres tsb untuk menanyakan hal tsb.

  7. ki Salim says:

    itu goyangnya gimana bro dustin? goyang kayak ban bocor atau ndut2an kayak kopling di mainkan?

  8. Brother Racing says:

    Motor Yamaha memang terkenal banyak sekali masalah kualitasnya. Jadi buat bro Dustin, coba jual dulu MX nya, trus beli Honda Supra X 125 Fuel Injection, dijamin semua masalah diatas hilang plus gak perlu narik2 kopling lagi, bensin super irit, bagasi luas, tangki besar, kurang apa lagi?

    • Dustin says:

      Wah terima kasih bro atas sarannya.
      Kebetulan, saya tidak cocok dengan Honda.
      sempat terpikir seperti itu, tapi saya dari dulu lebih cocok dengan Yamaha, ga tau perasaan ajh atau bagaimana tp sperti itu bro.
      Saya sudah nyaman dengan MX saya, kan gaya berkendara beda2. kebetulan sy cocoknya dgn Yamaha.

      Tapi mksh bro untuk sarannya.

      • melati says:

        Supra X PGM-FI ? pernah punya th 2008 gw kapok makainya, lampu sering mati ganti2, rantai ringkih banget juga boros gak seperti promonya

  9. Jupiter MX produk gagal, dulu punya Jupiter MX, air radiatornya sempet berkurang dikit, akhirnya overheat trus ngebul dah padahal oli rutin ganti tiap 2000 km, di benerin habis 1jt lebih tp apa hasilnya? motor jadi super getar, cepet panas,kecewa saya sama kualitas yamaha, akhirnya saya jual deh Jupiter MXnya, sekarang pake shogun 110 cuma modal ganti paking blok atas sama oli = 140rb udah bisa di pake harian

    • Doni says:

      itu yang di seri jupiter lama 4 speed keluaran 2005-2007 gan, mx anda seri dan tahun itu?
      penyakitnya dulu itu eamng bener2,, banyak terjadi milky oil, radiator bercampur oli dan ada penyakit satu lagi yaitu kampas kopling gampang gosong, tapi udah direvisi yg 2007 keatas

  10. zpsd says:

    hati hati di artikel begini biasanya sales suka keliaran :mrgreen:

    • kadalKamPoeng says:

      Bettul bgt tu bro… banyak maniak sales menyusup hanpir di setiap artikel seperti ini.. haddehh..
      Mas-mas sales,, mangaf yak; solusi yang kita mau itu perbaikan bukan jualan. pisss yo mas-mas sales.. ^_^

  11. click! says:

    Coba aja balikin lagi posisi koplingnya gan.
    Jangan-jangan karena terlalu jauh posisi koplingnya jadi guncangan jalan bisa membuat masuk kopling (terjadi kondisi setengah kopling), apalagi yang ane pernah rasain koplingnya MX empuk bgt, bisa dikopling pake sedikit tenaga.
    Guncangan – nggak – guncangan – nggak = 1/2 kopling – nggak – 1/2 kopling – nggak. Akhirnya terasa ndut-ndutan deh.
    CMIIW

  12. Visco Dutha Parawangsa S says:

    Kayaknya tekanan angin ban terlalu keras

  13. Dustin says:

    Buat rekan-rekan Bikers sekalian, sekali lagi Terima Kasih atas info2nya dan saran2nya.
    Disini saya mau info, kemarin saya sudah bawa MX saya ke Beres, setelah sekian lama akhirnya tepat Senin kemarin (04-11-2013) sy bawa kuda besi sy ke beres untuk mengecek kerusakan yang dirasakan. Mumpung Hari Kejepit dan mumpung awal bulan, gaji masih ada.
    Hehehe…

    Setelah di tes oleh salah satu mekanik Terbaik di Beres tsb, trnyata MX saya kerusakan sudah komplikasi.

    Dimulai dari depan, yaitu Komstir saya sudah tidak beres, karena dulu saya pernah tabrakan. Alhasil ganti Komstir, harga 144.000 + Ongkos Pasang 30.000.

    Lalu lari ke sektir tengah, dimulai dari bagian Karbu. Ternyata stelan angin karbu saya sudah gundul bautnya, alhasil di bubut dan ganti Baut Angin, namun Yamaha sendiri tidak menyediakan(tidak Ready) untuk Baut Anginnya saja. Saya beli yang imitasi, namun mirip dengan baut angin yg asli. Bubut baut 20.000, baut angin 1set 20.000.

    Setelah karbu, dibongkarlah jeroan kopling saya. Ternyata Plat Kopling saya sudah tipis setengah, tipisnya ga rata. Diganti Plat Kopling semua (5pcs), totalnya 185.000 + Ongkos Bongkar 30.000.

    Setelah semua itu dilakukan, tinggal pengecekkan bagian belakang. Hasilnya cukup mengejutkan buat saya, ternyata Sockbreaker saya sudah rusak. Sudah keluar Oli dan Assnya bengkok serta karet2 sealnya sudah pada terkelupas.
    Saya cukup kaget, karena ternyata Sockbreakernya sudah kena, padahal terhitung motor saya belum lama2 banget. Mungkin cara mengendara saya yang kurang baik.
    Akhirnya Ganti SockBreaker Ori, namun brgnya tidak Ready di Yamaha, akhrnya sy beli di bengkel langganan dengan harga 315.000(Ori). Dan Klaher Gear pun sudah diganti (20.000), serta Klaher velg 2pcs masing2 @20.000.

    Untuk rekan2 sekalian bisa dihitung sendiri untuk biayanya, plus biaya Service(35.000), Ganti Oli Yamalube(+- 35.000), Ganti Filter oli(+-25.000), dan Uang Rokok untuk Mekaniknya saya kasih 70.000, karena mekaniknya bongkar motor saya 1,5 Hari, hampir 2 Hari.

    Mudah2n Info ini bisa membantu rekan2 sekalian, mohon maaf bila ada salah2 kata/kalimat.
    Sekali lagi Terima Kasih untuk semuanya yg sudah memberikan saran, Terutama untuk Bro EYD yang sudah membantu mengangkat case saya.
    Hehehehe..

    Salam Bikers,

  14. Dustin says:

    @ki Salim – Bro, boleh baca comment terakhir saya.
    trnayata masalahnya di sektor tsb.
    Mksh ya Bro atas Infonya kemarin.

  15. sahid says:

    saya ada pemikiran lain….
    motor saya satria FU 2010…puny saya gejalanya sama…setiap jlan tidak rata sedikit seperti agak oleng…setelah saya telusuri sampai cukup lama…ternyata kendalanya karena ban motor yang saya gunakan itu tidak merata aus nya…jdi,bagian samping ban itu ada yang aus ada juga yang gak aus alias tepos alias menipis ban nya…tidak merata…makannya klo di jlan yg kurang rata tuh jd kyak oleng…itu krena ban…

  16. spectrum says:

    Mas Bro EYD, mohon dengan SANGAT bantuannya. Saya sudah lama pakai NJMX (warna persis seperti milik mas bro EYD, thn 2011). Sejak awal pemakaian tidak ada masalah. Namun 3 bulan terakhir ini, sepertinya motor mulai rewel. Jika BBM terisi full, agaknya masalah tidak terjadi, tetapi jika hanya terisa 2 liter atau kurang, disini masalah mulai timbul. Sewaktu RPM tinggi dan speed tinggi, kemudian tiba – tiba jalan rusak atau bagaimana sehingga menyebabkan pengereman, otomatis RPM dan Transmisi dikurangi juga mas (ke gigi 2 biasanya). Nah setelah itu, mau tancap lagi kok ini ya, apa namanya.. kaya kehilangan power gt mas, kaya kehabisan bensin. kalau dipaksakan ke gas tinggi, engine langsung mati. Pernah saya konsultasi ke dealer (kebetulan saya kenal mekaniknya), katanya itu masalah MX yg blm ada penyelesainnya. Apa benar begitu mas? disarankan pula oleh teman teman bengkel untuk cuci karbu, sudah dicuci tpi masalah belum selesai mas. gejala timbul kalau sudah menempuh jarak sekitar 20 km, dgn kecepatan 80kpj. itu baru terasa gejalanya mas. Pernah suatu ketika saya hampir saja celaka. Sehabis nyelip truck, tiba2 ada jalan rusak, otomatis saya kurangi kecepatan. namun setelah mau dipacu kembali, itu tdi mas, lost power, engine mati.Untung saja pengemudi truck mau bersabar dan mengunggu saya untuk mendorong motor kepinggir jalan. Setelah engine mati, bisa dihidupkan lg mas. Kalau tidak dipaksakan digas, sebenarnya ga mati juga, hanya kehilangan tenaga saja. Untuk mengembalikan powernya, biasanya itu mas, saya mainkan cooknya. itu biasanya butuk waktu 10 – 15 detik baru datang lagi powernya. Kalau sampai mati mah butuh waktu lama lagi mas. bisa setengah menitan lebih, itupun cooknya dibuka. kalo ngga ya bisa sampai 1 menit lebih baru mau jalan. putaran langsam / stationery juga udah diatur, tp ngga ngaruh e mas. Kejadian itu berulang terus mas, terjadi saat Bahan bakar tidak full, jarak tempuh 10-20 km, kecepatan 80 kpj, trus dikurangi sampai 40 atau 20 kpj, dipacu lagi, kumat dah penyakitnya. Engine mati kalau dipaksakan digas mas EYD. Engine kalau idle (netral) mau nyala mas. Hanya powernya yang hilang. Mohon dengan sangat mas, kalau post ini terbaca, tolong direspon ya, dishare pengalaman mas bro eYD selama ini. Buat agan2 yang baca juga minta bantuannya ya. Siapa tau pernah punya case yg sama dengan saya, dan udah ketemu akar permasalahan dan penyelesaiannya. Terima kasih. salam kompak selalu dari pecinta MX Kalimantan.

    • EYD says:

      EYD tampung dulu disini

    • Dustin says:

      Bro saya cuma mau kasih saran, saya juga pernah begitu dulu, pas 80 kpj di gigi 3, trus saya naik ke gigi 4, bukannya malah nambah speed, malah turun spedd sampai akhirnya mesin saya mati.
      waktu itu saya hanya bermasalah di businya saja.

      COba bro cek bagian pengapiannya, entah itu busi atau apapun, kemungkinan bisa di bagian pengapiannya.
      jadi dalam keadaan kencang, tiba2 turun kecepatan secara drastis, lalu begitu mau narik gas, mesin malah seperti gas kosong/tidak bertenaga.
      Kemungkinan pengapiannya tidak stabil.

    • cipta harapan says:

      mungkin agan gas nya terlalu dalam, jadi mesin belum siap dikagetin gan. biasanya itu karena stelan angin terlalu dalem, alias irit bensin gan. diborosin dikit biar maknyus.
      #pengalaman wktu servis di beres yamaha cikampek

  17. adit says:

    Itumah shock nya bro dah ?š™? beres sama kayak punya ane

  18. ijo royo royo says:

    Originally Posted By spectrumMas Bro EYD, mohon dengan SANGAT bantuannya. Saya sudah lama pakai NJMX (warna persis seperti milik mas bro EYD, thn 2011). Sejak awal pemakaian tidak ada masalah. Namun 3 bulan terakhir ini, sepertinya motor mulai rewel. Jika BBM terisi full, agaknya masalah tidak terjadi, tetapi jika hanya terisa 2 liter atau kurang, disini masalah mulai timbul. Sewaktu RPM tinggi dan speed tinggi, kemudian tiba – tiba jalan rusak atau bagaimana sehingga menyebabkan pengereman, otomatis RPM dan Transmisi dikurangi juga mas (ke gigi 2 biasanya). Nah setelah itu, mau tancap lagi kok ini ya, apa namanya.. kaya kehilangan power gt mas, kaya kehabisan bensin. kalau dipaksakan ke gas tinggi, engine langsung mati. Pernah saya konsultasi ke dealer (kebetulan saya kenal mekaniknya), katanya itu masalah MX yg blm ada penyelesainnya. Apa benar begitu mas? disarankan pula oleh teman teman bengkel untuk cuci karbu, sudah dicuci tpi masalah belum selesai mas. gejala timbul kalau sudah menempuh jarak sekitar 20 km, dgn kecepatan 80kpj. itu baru terasa gejalanya mas. Pernah suatu ketika saya hampir saja celaka. Sehabis nyelip truck, tiba2 ada jalan rusak, otomatis saya kurangi kecepatan. namun setelah mau dipacu kembali, itu tdi mas, lost power, engine mati.Untung saja pengemudi truck mau bersabar dan mengunggu saya untuk mendorong motor kepinggir jalan. Setelah engine mati, bisa dihidupkan lg mas. Kalau tidak dipaksakan digas, sebenarnya ga mati juga, hanya kehilangan tenaga saja. Untuk mengembalikan powernya, biasanya itu mas, saya mainkan cooknya. itu biasanya butuk waktu 10 – 15 detik baru datang lagi powernya. Kalau sampai mati mah butuh waktu lama lagi mas. bisa setengah menitan lebih, itupun cooknya dibuka. kalo ngga ya bisa sampai 1 menit lebih baru mau jalan. putaran langsam / stationery juga udah diatur, tp ngga ngaruh e mas. Kejadian itu berulang terus mas, terjadi saat Bahan bakar tidak full, jarak tempuh 10-20 km, kecepatan 80 kpj, trus dikurangi sampai 40 atau 20 kpj, dipacu lagi, kumat dah penyakitnya. Engine mati kalau dipaksakan digas mas EYD. Engine kalau idle (netral) mau nyala mas. Hanya powernya yang hilang. Mohon dengan sangat mas, kalau post ini terbaca, tolong direspon ya, dishare pengalaman mas bro eYD selama ini. Buat agan2 yang baca juga minta bantuannya ya. Siapa tau pernah punya case yg sama dengan saya, dan udah ketemu akar permasalahan dan penyelesaiannya. Terima kasih. salam kompak selalu dari pecinta MX Kalimantan.

    ___________________________________________________________
    coba cek selang bensin siapa tau ada kotoran yg menyumbat aliran bensin….bisa jg cek tutup tangki bensin ada lubang kecil untuk udara mampet jadi didalam tangki terjadi kevakuman dan bensin gak mau turun…bersihin za pake jarum….pengalaman teman saya yg serupa dgn mas bro.

  19. Tori says:

    Haii kawan,,

    Tolong kasih solusi kenapamotor Jupiter mx saya mudah ngadat kalau waktuhujan,, trus sering mati dalam kecepatan tinggi pada saat turun gas,,, trimakasih,,

    • Dustin says:

      Stelan Angin mungkin Bro, atau ada masalah di Karbulator.
      Saya juga termasuk bikers yang sering hujan-hujanan, memang kalau hujan deras motor terasa agak berat, itu dikarenakan kita harus melawan angin / arus air dari banjir, tapi kalau hujan gerimis ga ada masalah bro.

      Dulu juga motor saya suka mati sendiri mesinnya, ternyata baut setelan angin motor saya sudah gundul, jadi tidak bisa stel angin. jadinya saya ganti baut setelan anginnya.

      Dicoba ajh bro. hehehe…

  20. miko says:

    gan ada yang tahu , kenapa jupiter MX kalo distater menyala, tp di gas malah mati?tlng dibantu mksh

  21. numpang ketik ketik says:

    numpang nimbrung nigh… ane pny pengalaman sm… tp mtr laen merk… pul**r200.. sebenerny simpel bro… ukuran ban depan ketimpang sm ban blkng… kan ban dpn 70/90 blkng 100/70 cb ban dpn gnti pk yg agak gd. yg 90/80 dijamin tuh motor minta lempeng aja… slmt mencb…

  22. calon mengguna mx says:

    numpang tanya. kalau ganti kopling jupiter mx 2011 ke kopling manual bisa g?
    butuh modal berapa?
    satu lagi, kalau ganti ke kopling manual pengaruh ke mesin g?

  23. ddeeen says:

    Originally Posted By spectrumMas Bro EYD, mohon dengan SANGAT bantuannya. Saya sudah lama pakai NJMX (warna persis seperti milik mas bro EYD, thn 2011). Sejak awal pemakaian tidak ada masalah. Namun 3 bulan terakhir ini, sepertinya motor mulai rewel. Jika BBM terisi full, agaknya masalah tidak terjadi, tetapi jika hanya terisa 2 liter atau kurang, disini masalah mulai timbul. Sewaktu RPM tinggi dan speed tinggi, kemudian tiba – tiba jalan rusak atau bagaimana sehingga menyebabkan pengereman, otomatis RPM dan Transmisi dikurangi juga mas (ke gigi 2 biasanya). Nah setelah itu, mau tancap lagi kok ini ya, apa namanya.. kaya kehilangan power gt mas, kaya kehabisan bensin. kalau dipaksakan ke gas tinggi, engine langsung mati. Pernah saya konsultasi ke dealer (kebetulan saya kenal mekaniknya), katanya itu masalah MX yg blm ada penyelesainnya. Apa benar begitu mas? disarankan pula oleh teman teman bengkel untuk cuci karbu, sudah dicuci tpi masalah belum selesai mas. gejala timbul kalau sudah menempuh jarak sekitar 20 km, dgn kecepatan 80kpj. itu baru terasa gejalanya mas. Pernah suatu ketika saya hampir saja celaka. Sehabis nyelip truck, tiba2 ada jalan rusak, otomatis saya kurangi kecepatan. namun setelah mau dipacu kembali, itu tdi mas, lost power, engine mati.Untung saja pengemudi truck mau bersabar dan mengunggu saya untuk mendorong motor kepinggir jalan. Setelah engine mati, bisa dihidupkan lg mas. Kalau tidak dipaksakan digas, sebenarnya ga mati juga, hanya kehilangan tenaga saja. Untuk mengembalikan powernya, biasanya itu mas, saya mainkan cooknya. itu biasanya butuk waktu 10 – 15 detik baru datang lagi powernya. Kalau sampai mati mah butuh waktu lama lagi mas. bisa setengah menitan lebih, itupun cooknya dibuka. kalo ngga ya bisa sampai 1 menit lebih baru mau jalan. putaran langsam / stationery juga udah diatur, tp ngga ngaruh e mas. Kejadian itu berulang terus mas, terjadi saat Bahan bakar tidak full, jarak tempuh 10-20 km, kecepatan 80 kpj, trus dikurangi sampai 40 atau 20 kpj, dipacu lagi, kumat dah penyakitnya. Engine mati kalau dipaksakan digas mas EYD. Engine kalau idle (netral) mau nyala mas. Hanya powernya yang hilang. Mohon dengan sangat mas, kalau post ini terbaca, tolong direspon ya, dishare pengalaman mas bro eYD selama ini. Buat agan2 yang baca juga minta bantuannya ya. Siapa tau pernah punya case yg sama dengan saya, dan udah ketemu akar permasalahan dan penyelesaiannya. Terima kasih. salam kompak selalu dari pecinta MX Kalimantan.

    Rencana mau beli jupi MX gan,kepengin…
    Motor legenda saya pernh juga seperti tu, digas kenceng gak mau mbengok malah mati, tapi kalo gak digas normal nyala biasa.
    Itu sebenarnya ada di sektor pengapian dan karburator…
    Yng paling condong ke sektor karbu..
    -lubang2 kapiler di karbu ada yg tersumbat
    -komposisi pencampuran udara dan bensin tidak seimbang, kalo rpm tinggi kdng mrebet, en bahkan loyo..
    -lubang kapiler yg ada ditutup tangki perlu dicek, kalo tersumbat pasti bensin gak mau turun en mengganggu pasokan bensin ke ruang bakar..

  24. ddeeen says:

    Originally Posted By mikogan ada yang tahu , kenapa jupiter MX kalo distater menyala, tp di gas malah mati?tlng dibantu mksh

    Itu mesin pasti baru bangun pagi ya gan??
    Kalo pagi en baru dinyalain emg seperti tu, karena kerapatan seker dan liner kalo dingin sangat rapat, dan kalo ud pnas dkit baru deh…
    Bisa juga campuran angin gak pas gan…

  25. ddeeen says:

    Originally Posted By ddeeen

    Originally Posted By spectrumMas Bro EYD, mohon dengan SANGAT bantuannya. Saya sudah lama pakai NJMX (warna persis seperti milik mas bro EYD, thn 2011). Sejak awal pemakaian tidak ada masalah. Namun 3 bulan terakhir ini, sepertinya motor mulai rewel. Jika BBM terisi full, agaknya masalah tidak terjadi, tetapi jika hanya terisa 2 liter atau kurang, disini masalah mulai timbul. Sewaktu RPM tinggi dan speed tinggi, kemudian tiba – tiba jalan rusak atau bagaimana sehingga menyebabkan pengereman, otomatis RPM dan Transmisi dikurangi juga mas (ke gigi 2 biasanya). Nah setelah itu, mau tancap lagi kok ini ya, apa namanya.. kaya kehilangan power gt mas, kaya kehabisan bensin. kalau dipaksakan ke gas tinggi, engine langsung mati. Pernah saya konsultasi ke dealer (kebetulan saya kenal mekaniknya), katanya itu masalah MX yg blm ada penyelesainnya. Apa benar begitu mas? disarankan pula oleh teman teman bengkel untuk cuci karbu, sudah dicuci tpi masalah belum selesai mas. gejala timbul kalau sudah menempuh jarak sekitar 20 km, dgn kecepatan 80kpj. itu baru terasa gejalanya mas. Pernah suatu ketika saya hampir saja celaka. Sehabis nyelip truck, tiba2 ada jalan rusak, otomatis saya kurangi kecepatan. namun setelah mau dipacu kembali, itu tdi mas, lost power, engine mati.Untung saja pengemudi truck mau bersabar dan mengunggu saya untuk mendorong motor kepinggir jalan. Setelah engine mati, bisa dihidupkan lg mas. Kalau tidak dipaksakan digas, sebenarnya ga mati juga, hanya kehilangan tenaga saja. Untuk mengembalikan powernya, biasanya itu mas, saya mainkan cooknya. itu biasanya butuk waktu 10 – 15 detik baru datang lagi powernya. Kalau sampai mati mah butuh waktu lama lagi mas. bisa setengah menitan lebih, itupun cooknya dibuka. kalo ngga ya bisa sampai 1 menit lebih baru mau jalan. putaran langsam / stationery juga udah diatur, tp ngga ngaruh e mas. Kejadian itu berulang terus mas, terjadi saat Bahan bakar tidak full, jarak tempuh 10-20 km, kecepatan 80 kpj, trus dikurangi sampai 40 atau 20 kpj, dipacu lagi, kumat dah penyakitnya. Engine mati kalau dipaksakan digas mas EYD. Engine kalau idle (netral) mau nyala mas. Hanya powernya yang hilang. Mohon dengan sangat mas, kalau post ini terbaca, tolong direspon ya, dishare pengalaman mas bro eYD selama ini. Buat agan2 yang baca juga minta bantuannya ya. Siapa tau pernah punya case yg sama dengan saya, dan udah ketemu akar permasalahan dan penyelesaiannya. Terima kasih. salam kompak selalu dari pecinta MX Kalimantan.

    Rencana mau beli jupi MX gan,kepengin…
    Motor legenda saya pernh juga seperti tu, digas kenceng gak mau mbengok malah mati, tapi kalo gak digas normal nyala biasa.
    Itu sebenarnya ada di sektor pengapian dan karburator…
    Yng paling condong ke sektor karbu..
    -lubang2 kapiler di karbu ada yg tersumbat
    -komposisi pencampuran udara dan bensin tidak seimbang, kalo rpm tinggi kdng mrebet, en bahkan loyo..
    -lubang kapiler yg ada ditutup tangki perlu dicek, kalo tersumbat pasti bensin gak mau turun en mengganggu pasokan bensin ke ruang bakar..

    saya tambahi gan…
    Ternayta permasalahannya ada di sistem pengapian.
    CDI ori mx limiternya sangat rendah 9000rpm, jika mesin dipaksakan diatas rpm 9000,mesin otomatis gak akan bisa mencapai diatas rpm limit itu.Ini emg udh didesain pabrikan seperti ini..
    Jadi solusinya ganti cdi mx yg tanpa limiter..
    So, ente mau naikin rpm motor ampe jebol bisa gan…
    Ganti cdi mx merk “brt”

  26. Denny says:

    salam kenal mas bro..
    saya mau tanya nih,motor saya MX tahun 2006..
    kebetulan motor saya sudah mulai ngebul,setelah di bongkar blok mesin n seher nya sudah baret,terpaksa harus beli baru..setelah saya beli n pasang msh ga ada perubahan (msh ngebul jg)..setelah dibongkar lagi blok dan seher yg baru saya beli langsung baret…blok mesin Mx lama saya type 5YP dan saya beli yg baru 5OC karena blok keluaran lama sudah ga ada yg baru…saya pasang blok n seher type 5OC dengan ring seher 5YP,apakh ada pengaruhnya dengan perbedaan type ring yg berbeda type?mohon pencerahaan..
    terima kasih

  27. irfani says:

    mas EYD, mohon bantuannya dengan sangat… ane lumayan panik ini

    seperti kasus bro @dustin di atas, njmx ane bermasalah kurang lebih sama

    dan masalahnya pun sama, bermula saat di service di beres yamaha.

    waktu saya bawa pulang belum begitu terasa karena bengkel ada di area sekitaran rumah saya. gejala mulai terasa ketika saya kerja keesokan harinya. gejalanya kurang lebih sama, seperti :
    – goyang hanya di rmp tinggi
    – jika kopling di tekan tidak goyang sama sekali

    dan tambahan gejala :
    – pada beberapa saat, ketika mesin mulai mau mengail rpm tinggi, putaran mesin ndut-ndutan seperti kopling-nggak-kopling-nggak
    – ketika baru melepas kopling, motor terhentak maju dengan kasar, seperti gejala karet diantara gear dan teromol belakang habis, padahal karet tersebut sudah saya cek dan kondisinya masih sehat wal afiat
    – ban belakang benar benar terasa melayang, seperti tidak menapak ke tanah, ketika dipakai cornering di jalan mulus kering maupun basah. dan gampang sekali ter lock hanya dengan mengerem sedikit

    yang lumayan aneh menurut saya adalah, motor saya ini baru saya ambil dari dealer bulan 09 tahun 2013, service baru 2 kali bulan 10 dan bulan 02 (service semestinya di bulan 01, tapi saya ditolak bengkel waktu mau service karena dia kepenuhan antrian) dan service di bulan 02 inilah yang menyebabkan masalah,

    untuk bro dustin di atas, apakah setelah mengganti komponen komponen tersebut motor kembali sehat ataukah masih ada gejala gejala tersebut?
    thx

  28. niki says:

    Bro EYD
    Klo pke tubles merk bridgestone gmn?
    Yg ccok type ap?
    Corsa S123 itu ccok ban dpn & blkg mx ?

  29. M_TOP says:

    slm sjuta umat.
    msi bro EYD’ ane mo tmbhin sdikit nih.
    trsa goyng memang bs trsa krna ban… tp itu tdk bgtu brpngatuh untuk goyng ban.tp mmng mnurut sya hmpir smua mtor bs trsa goyng jk lwat gladagn…. bs krna sox brekery yg trllu lmbut…. bs jg krna klakher swit army yg dh mull jlek. cob aj di cek.
    trimakasih n maf sblumnya.

    • EYD says:

      Sebenernya EYD jg ngalami masalah yang sama dengan kaki-kaki, shockbreaker gak terlihat gejala bocor tapi shock udah terasa lemah sehingga ngayun terus. Setelah EYD ganti shockbreaker lumayan kestabilan motor udah kembali

  30. Irfan says:

    kk mau tanya, NJMX saya tahun 2012 warna merah sudah 20567 km. ceritanya begini, dari awal pembelian sampai saat ini motor tidak pernah jatuh. Tetapi permasalahannya ketika di kendarai, saat pengereman depan motor terasa berat dikanan, apa lagi kl saat ada orang yang bonceng miring, makin terasa kekanan saat ngerem, dan telapak ban depan lebih besar sebelah kiri. dulu pernah dibawa ke service yamaha, tidak pernah beres. sampai pernah tanya temen mungkin stabiliser stangnya, sudah ganti karetnya juga ga beres juga. dan kemarin terakhir saya bawa ke press body, masih sama saja. dan sekarang kl untuk perjalanan luar kota malah makin berat di kanan. dan bikin tangan kanan pegel2. mohon pencerahannya kk…

    terima kasih sebelumnya

    • M_TOP says:

      salam sjuta umat
      sblmy permisi bwt yg pnya lpak n smuanya.
      prkenankan sya ikut kongko dan berswara.
      sya juga prnh mrasakan hal yg sperti itu,n sya rsakan ban yg bsar mmberikan evek itu tp buat sya itu tidak brpengaruh bsar. dan mnurut sya hal trsebut bisa di sebabkan oleh piringan yg bsar n bsa juga di sebbkan oleh per sok breker yg mull lemah.apalagi jika sokbrekery sudah di pendeki….. hal itu bsa mmberikan evek belok ke knan lbih trasa pda saat mlakukan pengereman depan.
      untuk skarang hnya itu dlu yg sya tw….. !!
      kurang & Lbihnya sya mhon maf.
      trimakasih

  31. Oondah bodynya gampang pecah-suka meres dompet pelanggan says:

    @Brother Racing – Motor OOndah lebih banyak lg masalah kualitas n pelayanan purnajualnya..
    Motor baru 1 tahun, body dah gemeretak dimana”. Ganti body baru, catnya gampang kusam, baru 9 bulan dah gemeretak di bagian depan. Montir di bengkel sembarangan ganti sparepart. Masa gearser baru ganti bulan sebelumnya, dah main di ganti aja. Begitu mau bayar, ditanya kenapa di ganti, balikin ke yg lama, dah di buang katanya. Seharusnya biaya cuma 30rb(masih pake voucher servis n voucher oli), membengkak sampe 130rb. Itu kejadian di A*ass di Kapten tendean jakarta selatan.
    Di pajajaran bogor, baut body hilang 1-2 tiap x servis. Di waha*a pusat, mau pasang lampu senja aja, disuruh beli kabel body 1 set yg harganya 1,5jt. Gak sedia kabel meteran/sisa gt. Padahal mah dr kabel senja lama, cuma perlu nambah 10 cm doank.

  32. Ims says:

    Njmx saya kok tiap di mandiin slalu brebet2 ya bung EYD,ada apa gerangan.?
    Trims..salam MX RIDER

  33. noval says:

    kalo ane punya keluhan begitu dari monoshock nya bro, serasa kalo dijalan renjul terus dipake belok serasa mendal mendal, terpaksa deh ane ganti monoshock

  34. daswan says:

    sya minta saran gmn cra mengatasi karet as mono
    scok pecah trz,maklum mtr ane mx 2006 . Trz
    lengan ayun sma ban belakang
    kurang sejajar padahal karet scok sudah d ganti.
    Keadaan mesin kalo panas g stabil, terlalu pnas padahal air radiator slAlu ada,

  35. hari says:

    Mas EYD
    Ane njmx nih
    Ane pke yg kluaran 2008
    Km masih rendah sih
    Ane mau Tanya nih mas
    Kenapa saat kecepatan tinggi terus gas diturunin sebab ngerem kok mesin malah menghentak pengeen kenceng ya..pernah kan saya bawa singgle bekasi jogja
    Tiap kecepatan tinggi terus ngeerem ama gas ditutup menghentak terus
    Apa penyebabnya apa malah bagus begitu
    Yg kedua
    Kan kemarin sok dpaan ane ganti olinya. Kok malah jd gak ngesok ya mass..apa kurang olinya apa pirny padahal ori semua
    Itu saja saya tanyanya
    Mohon infonya
    Njmx jos gandos

  36. hari says:

    Mas EYD
    Ane njmx nih
    Ane pke yg kluaran 2008
    Km masih rendah sih
    Ane mau Tanya nih mas
    Kenapa saat kecepatan tinggi terus gas diturunin sebab ngerem kok mesin malah menghentak pengeen kenceng ya..pernah kan saya bawa singgle bekasi jogja
    Tiap kecepatan tinggi terus ngeerem ama gas ditutup menghentak terus
    Apa penyebabnya apa malah bagus begitu
    Yg kedua
    Kan kemarin sok dpaan ane ganti olinya. Kok malah jd gak ngesok ya mass..apa kurang olinya apa pirny padahal ori semua
    Itu saja saya tanyanya
    Mohon infonya
    Njmx jos gandos@EYD –

  37. ali says:

    assalamu’alaikum bang EYD….Yamaha lg mengajak konsumen untuk memperlihatkan DiAsil Cylinder motor Yamaha mereka tipe V-Ixion dan Jupiter MX yang telah menempuh jarak lebih dari 80.000 km tuh d PRJ…ikutan ga?

  38. michael says:

    haha, emang kaya gitu mas bro, mx saya masih baru juga kaya gitu.

    logikanya putaran roda saat rpm tinggi begitu cepat, kalo kena garis kaget atau jalan bergelombang, ban belakang terayun keatas-bawah yg menyebabkan ga nyentuh jalan beberapa saat, dan saat ban melayang trus nyentuh tanah lagi putarannya jelas beda jadi rasanya kaya kopling ketarik krn mulai rpm yg ga stabil krn faktor jalan tersebut

  39. viky says:

    Permisi agan2, mau minta pendapat nih. Njmx new striping 2014 yg bagus warna apa yah?

  40. rengge says:

    Klo suara kasar pada mesin saat Standby pemanasan mesin pd pagi hari…apa ya penyebab nya

  41. dhenys says:

    mo tanya ne mas bro…brapa ukuran gir standr new jupiter mw…

  42. Mas Nur says:

    agan EYD ane pengguna new mx
    ane minta saran nih, kualitas bagusan mana blok cylinder mx lawas apa yg baru & ring seher.
    denger2 seal klep satriaFU bisa dipakai ke mx new & jadi lebih awet apa bener?

  43. Dedda Sutanto says:

    Originally Posted By Irfankk mau tanya, NJMX saya tahun 2012 warna merah sudah 20567 km. ceritanya begini, dari awal pembelian sampai saat ini motor tidak pernah jatuh. Tetapi permasalahannya ketika di kendarai, saat pengereman depan motor terasa berat dikanan, apa lagi kl saat ada orang yang bonceng miring, makin terasa kekanan saat ngerem, dan telapak ban depan lebih besar sebelah kiri. dulu pernah dibawa ke service yamaha, tidak pernah beres. sampai pernah tanya temen mungkin stabiliser stangnya, sudah ganti karetnya juga ga beres juga. dan kemarin terakhir saya bawa ke press body, masih sama saja. dan sekarang kl untuk perjalanan luar kota malah makin berat di kanan. dan bikin tangan kanan pegel2. mohon pencerahannya kk…

    terima kasih sebelumnya

    @Irfan – sy pernah ngalamin stang seperti berat ke kiri, sebelumnya shock depan kiri diganti baru di beres yamaha karena ada bocor, shock ada baret, kalo diganti karet sama saja nanti bocor, ada oli rembes di shock kiri depan, ya udah diganti shock depan kiri + ganti oli shock. setelah diganti sy rasakan stang seperti mau belok sendiri/berat ke sebelah kiri, sy bw ke bengkel bisa, cerita keluhan dan kronologisnya… kata montirnya itu karena oli shock kurang, tidak sama ukuran takaran dengan yg kanan waktu diganti oli nya, sy disaranin ganti oli shock lagi di isi oli baru dengan takaran (ml) yg sama (sy gk tau berapa ml ukurannya) sy ganti oli shock yg bagus saja, lupa merknya hehehehe. setelah diganti oli shock menurut takaran yg pas, mx sy enak lagi tuh, ternyata tidak semua montir beres yamaha benar2 menguasai benar2 ttg motor yamaha, motor sy ini salahsatunya, masa isi oli shock sj gk pas sesuai dengan takaran seharusnya, motor sy jd oleng2..

  44. amed says:

    pengen nanya ni agan2..baut stelan angin mx new sama ama motor apa ya? kalo nyari yg ori susah banget,,,makasih sebelumnya

  45. Pingback: Catatan Blog Sejutaumat di 2014 oleh Jetpack | Blog Sejutaumat

  46. ubayz says:

    ?Ganti per kopling pke racing
    ?Stel ulng klep
    ?njmx ane pake produk gajah tunggal

  47. Angga says:

    bang EYD, saya pake njmx th 2013 awal,mau nanya klw ganti karbu pake rx-king sama ganti cdi brt dual band,itu bisa bikin suhu motor/sensor suhu ngaco gk

  48. Syamsuri says:

    Kanapa motor sya kalau pelan mati-mati..dan susah hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *