Membuat Photo Gallery standar WordPress yang cantik

wordpress photo gallery

Salam sejuta umat, mas bro sekalian WordPress walau dari asalnya diperuntukan fungsinya lebih untuk ngeblog, tapi jangan salah engine berbasis WP (wordpress.org) cukup sakti untuk dikembangkan menciptakan website-website yang bernuansa profesional. Tinggal bagaimana kita secara kreatif pintar mengkolaborasi plugin-plugin yang tersedia untuk membangun sebuah website profesional (tidak terlihat seperti blog). Nah kali ini EYD coba sharing bagaimana mempercantik blog standar WP dengan menanamkan fitur gallery photo yang manis.

Syarat sebelum memulai tutorial ini pastikan WP mas bro sekalian sudah terintegrasi atau terinstall plugin Jetpack. Jetpack ini plugin wajib yang kudu mas bro punya jika menggunakan WordPress self-hosted di hostingan. Ibarat makanan Jetpack seperti peran garam yang menambah rasa masakan semakin ada rasanya. Ok mas bro kita mulai step-stepnya, monggo diikuti:

  • pastikan Jetpack plugin sudah terinstall dan terhubung ke WordPress.com, caranya cukup mudah bagian yang ini, cukup sambungkan dengan mengisi username dan password akun Wp.com yang kita miliki, kalau belum punya ya monggo daftar dulu, free.

wordpress photo gallery

  • langkah selanjutnya jika sudah terkoneksi dengan baik, klik menu Jetpack di Dashboard maka akan terlihat banyak modul-modul yang disediakan, kita tinggal klik Activate modul-modul yang diinginkan, maka saat itu juga modul langsung dapat digunakan.
  • nah terkait dengan tutorial ini, ada 2 modul yang kita butuhkan yakni modul ‘Carousel’ dan modul ‘Tiled Galleries’ yo wis langsung klik Activate aja mas bro kedua modul Jetpack tersebut.

wordpress photo gallery

  • sampai disini sebenarnya blog sudah siap untuk memposting gambar untuk dijadikan mode gallery, caranya yuk kita lanjutkan.
  • seperti biasa buat postingan baru, klik menu Post > Add New, pada jendela Editor kerja, klik tombol Add Media untuk memasukkan gambar.

wordpress photo gallery

  • pada kotak dialog klik Create Gallery, lalu klik Upload files > Select files lalu tentukan gambar yang ingin diupload.
  • untuk sementara coba 3 foto dulu, untuk menambah foto seterusnya ke dalam galeri klik lagi Upload files > Select files.

wordpres photo gallery

  • Ok next klik Create a new gallery lalu susul dengan mengklik Insert gallery, maka object gallery kita sudah muncul di postingan.

wordpress photo gallery

  • silahkan di-preview atau langsung publish artikel galeri tersebut untuk melihat hasilnya

wordpress photo gallery

wordpress photo gallery

  • foto-foto tersusun secara tile mosaic, dan jika diklik maka efek carousel secara full screen akan terlihat manis. Gimana hasil akhirnya monggo klik thumbnail gallery seperti di bawah mas bro :) Silahkan dicoba semoga bermanfaat.
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Membuat Photo Gallery standar WordPress yang cantik

  1. walah enake sing iso nganggo plugin

  2. motogokil says:

    terima kasih info nya mas

  3. Dikatama says:

    ane sedot dulu gan . . .
    Thanks gan infonya …

    dicoba dulu . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *