Menambahkan fitur Contact Us pada blog WordPress

Contact Form WordPress

Salam sejuta umat, mas bro sekalian menarik masih membahas seputar sisi ‘powerfull’-nya salah satu plugin WordPress yang bernama Jetpack kemarin. Dalam dunia ngeblog wordpress walau interaksi antara Blogger dengan pengunjung sudah cukup terfasilitasi dengan kolom komentar yang ada, namun kadang pengunjung atau bahasa kerennya di dunia perbloggeran disebut komentator :D ingin channel yang lebih privat untuk dapat berkomunikasi dengan Bloggernya langsung. Berkirim email dirasa kurang efisien karena kadung sudah terjun di web, maunya serba berbasis web kemudahan yang diharapkan. Karena itulah dibutuhkan suatu fitur di blog kita yang memudahkan pengunjung bisa langsung berkirim message ke owner blog.

Ok karena ini artikel ringan langsung saja kita ke TKP gimana sih step by step membuat halaman contact us di blog WordPress hostingan. Cekidot tutorial di bawah ini mas bro, pastikan sebelumnya plugin Jetpack sudah ready terpasang di blog bro sekalian.

Contact Form WordPress

  • jika module ‘Contact Form’ dari Jetpack sudah yakin statusnya Active, mas bro bisa langsung ke menu Pages > Add New untuk membuat halaman baru
  • di jendela editor halaman yang muncul, silahkan bro sis tentukan judul halaman, misal “Kontak” atau “Contact Me”
  • pada toolbar editor klik ‘Add Contact Form’

Contact Form WordPress

  • maka muncul kotak dialog Add Contact Form, secara default sudah tersedia 4 field yang umum yakni Name, Email, Website, Comment. Jika mas bro ingin menambahkan field baru silahkan klik ‘Add a new field’ di bagian bawah kotak dialog.

Contact Form WordPress

  • pengaturan selanjutnya, mas bro bisa aktifkan email notifikasi agar setiap ada pengunjung mengisi form maka mas bro bisa mendapatkan notifikasi di email yang sudah ditentukan. Silahkan klik tab ‘Email notifications’ lalu isi alamat email dan subject yang diinginkan.

Contact Form WordPress

  • kembali ke tab “Form builder” jika dirasa sudah cukup pengaturannya, mas bro klik  tombol “Add this form to my post”. Maka kode tag contact form  kita akan tampil di halaman

Contact Form WordPress

  • selesai, monggo simpan atau langsung klik Publish untuk melihat hasilnya dari halaman depan blog, akan ada menu Pages baru dari halaman Contact Us yang kita buat.

Contact Form WordPress

  • Test kirim maka untuk membaca feedback dari pengunjung owner blog bisa membacanya dari menu Feedback pada halaman Dashboard, pada email notifikasi yang dikirim pun kita bisa melihat isi pesan feedback pengunjung.

Silahkan dicoba semoga bermanfaat mas bro sekalian.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Menambahkan fitur Contact Us pada blog WordPress

  1. mantab mas bro..

    *****************************************************
    Yg lagi nyari jas hujan murah berkualitas silakan mampir:
    http://www.kaskus.co.id/thread/5273c72917cb17d970000006/jas-hujan-gma-adobe-axio-rosida-takachi-dan-jansen-bonus-cendol

  2. wah enak yo lek neg nganggo plug in iso opo2

  3. Adhy says:

    Sudah keliling dunia ternyata di negeri sendiri ada jawaban yang paling pas n simpel

    Kalo template halaman kontak, cara modifnya gimana Gan ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *