Akhir Pekan Bersama Honda Bikers Days 2013, satu hati cinta Indonesia

Honda Bikers Day 2013

Salam sejuta umat, weekend ini EYD bersama rekan blogger lain menghadiri event Honda Bikers Day kelima yang diadakan di Banten, bertempat di pantai Anyer. Beranjak dari AHM Sunter rombongan Blogger menuju titik kumpul pertama di main dealer Honda wilayah Banten PT. Mitra Sendang Kemakmuran. Di lokasi main dealer ini sudah berkumpul para bikers enthusiast dari Jawa dan Indonesia bagian Timur dan berjalan proses reregistrasi peserta biker yang menggunakan RFID. Loh apa itu RFID?

RFID ini boleh dibilang sebagai langkah trial dari AHM untuk mulai memperkenalkan era digital kepada bikers.  RFID (Radio Frequency Identification) berupa gelang yang dibagikan kepada peserta yang telah melakukan daftar ulang. Alat ini dibagikan sebagai salah satu identitas peserta HBD 2013 pada saat melakukan registrasi ulang di 2 lokasi yakni di MSK Serang sendiri dan main dealer Bima Sakti di Anyer. Foto yang diambil dapat langsung diupload ke media sosial yang digunakan dan telah didaftarkan peserta. Demikian papar Ibu Lilis Pranoto selaku tuan rumah dari MSK Banten, kedepannya RFID bisa digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi bagi bikers Honda.

HBD (Honda Bikers Day) boleh dibilang acara rutin tahunan yang digelar PT. Astra Honda Motor untuk komunitas dan bikers Honda tujuannya menyatukan para bikers yang datang dari segenap penjuru tanah air dengan membawa satu semangat yang sama, yakni Satu Hati mewujudkan kebersamaan. Tercatat lebih dari 12.500 bikers dari perwakilan klub dan komunitas Honda Indonesia menghadiri puncak rangkaian kegiatan HBD 2013. Tak lebih dari 7% peserta HBD kali ini adalah bikers wanita, luar biasa kalau bro sis melihat semangat mereka untuk bisa hadir di acara ini.

Honda Bikers Day 2013

Dari pengamatan di lokasi HBD 2013 yang berlangsung di Tanjung Tum, Anyer, acara ini memberikan nuansa kekeluargaan dan persaudaraan yang terasa kental dengan diselenggarakannya beragam kegiatan kebersamaan maupun individu seperti permainan Tarik Tambang, Enggrang, Lomba Bakiak Massal dan berbagai permainan tradisional lainnya.

Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung nampaknya cukup tepat menggambarkan tema acara yang penuh diisi dengan kesenian khas daerah banten yang mengisi acara HBD, yakni atraksi debus, Rampak Bedug dan tarian di tengah lingkaran api (fire dance). Atraksi-atraksi ini diperkenalkan kepada bikers Honda sebagai bagian dari upaya penguatan rasa cinta bikers terhadap keanekaragaman seni dan budaya Tanah Air. Kesenian daerah ini berpadu dengan beragam hiburan lain yang bernuansa modern, seperti penampilan musisi lokal dan nasional yang menghibur dengan beragam lagu Top40, Regge dan daerah.

Honda Bikers Day 2013

Masih senada dengan pepatah dimana bumi dipijak, kegiatan HBD kali ini para HBD pun turut melestarikan lingkungan sekitar dengan melakukan penanaman 2.000 pohon Mangrove di wilayah cagar alam pulau Dua (pulau Burung) – Kasemen. Tak hanya aksi penghijauan,  para peserta pun melakukan bakti sosial di masjid Banten Lama dengan bersama-sama membersihkan beberapa lokasi dari salah satu ikon provinsi Banten ini.  Kegiatan semacam ini selaras dengan nuansa ke-Islaman yang kental di provinsi Banten. Dalam rangka menghargai masyarakat adat setempat, para bikers juga memperkenalkan ada dan kehidupan suku Baduy serta membantu menjual souvenir dari hasil kerajinan masyarakat Baduy selama HBD berlangsung. Hasilnya diserahkan penuh kepada komunitas masyarakat Baduy.

Puncak acara pada malam harinya adalah penyerahan plakat kepada beberapa insan baik dari komunitas, main dealer yang mendukung acara dan khususnya kepada peserta Honda Road Adventure yang sebelumnya telah berhasil menaklukan 11.000km touring dari Sangihe Sulawesi hingga titik 0 Sabang ujung Sumatera. Last pesan dari EYD selaku sesama bikers, dengan HBD ini yuk mari lepaskan atribute di kendaraan yang bukan menjadi haknya di motor kita, lepaskan lampu strobo dan TOA yang haram. Saling tegur sapa sesama bikers di jalanan dan buang sifat arogansi berkendara

Selamat buat Honda Bikers Day 2013. (foto-foto menyusul)

Honda Bikers Day 2013

This entry was posted in atpm, Dunia Motor, Komunitas, Ngeblog and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Akhir Pekan Bersama Honda Bikers Days 2013, satu hati cinta Indonesia

  1. 46@sukses.com says:

    Mantab!

  2. Haroem says:

    seru banget sih honda kumpul2 terus… hehe

  3. hendriawan says:

    Very like buat last messagenya bro endrik. Dan satu lagi selalu jd pelopor safety riding bagi para bikers di jalanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *